Beranda > Karier Sukses > 5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Pindah Jurusan Kuliah

5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Pindah Jurusan Kuliah

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
5 Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Pindah Jurusan Kuliahwatermark

TUNAIKU.COM – Pindah jurusan kuliah merupakan sebuah keputusan yang cukup besar. Segudang pertanyaan pun akan kamu dapatkan dari orang-orang terdekatmu. Bukan hanya orang tua, teman-teman, juga dosen pastinya akan membujukmu untuk mempertimbangkan keputusan itu lebih lanjut.

 

Jika kamu memiliki rencana pindah jurusan, nggak ada salahnya, kok, mendengarkan saran mereka. Berikut ini ada 5 hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum pindah jurusan kuliah.

 

Artikel Terkait: Tips Memilih Jurusan Kuliah

  1. Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!
  2. 5 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Cewek Pemalu
  3. Duh, Ternyata 5 Jurusan Kuliah Ini Dikenal Paling Sulit di Dunia

 

1. Alasan

Jangan pindah jurusan hanya karena merasa lelah dan putus asa dengan mata kuliah yang kamu ambil. Ingat kembali alasan kamu memilih jurusan tersebut. Apakah karena itu memang passion-mu atau hanya karena ikut-ikutan teman? Jika karena passion, kamu harus lebih berjuang lagi. Namun, jika karena teman, nggak ada salahnya kamu pindah ke jurusan yang diminati.

 

2. Kelulusanmu akan semakin lama

Jika pindah jurusan, kamu akan menambah waktu lagi untuk kuliah. Apalagi kalau kamu sudah berada di semester akhir dan hampir lulus. Nah, kalau itu yang terjadi, akan lebih baik kamu selesaikan kuliah lebih dulu dan mengambil kursus yang sesuai dengan minat. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan minat tanpa perlu menunda kelulusan. Nggak rugi umur, deh.

 

3. Jurusan yang ingin kamu pilih dan pastikan itu adalah pilihan yang terbaik

Lakukan riset terlebih dulu tentang jurusan yang menjadi tujuanmu. Pastikan pilihan yang kamu buat, benar-benar berdasarkan minat, ya. Selain itu, kamu juga harus pikirkan tentang prospek kerja ke depannya. Jangan sampai kamu berubah pikiran dan salah memilih lagi.

 

4. Keberhasilan dan prestasi yang bisa kamu capai di jurusan baru

Pindah ke jurusan yang baru akan membuat orang tua lebih mengawasi pendidikanmu, lho. Karena itu, lakukan usaha terbaikmu di jurusan yang baru ini. Rajin-rajinlah mencari peluang untuk berprestasi dan pastikan agar orangtuamu tidak mengkhawatirkanmu lagi.

 

Artikel Terkait: Prospek Kerja dari Jurusan Kuliah

  1. 7 Tips Sukses Kerja meski Profesimu Tidak Sesuai dengan Jurusan Kuliah
  2. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat
  3. 9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja

 

5. Kegiatan lain yang kamu lakukan di luar kuliah

Kegagalan yang kamu alami selama kuliah, bisa disebabkan oleh banyak hal. Bukan hanya karena salah jurusan, tapi juga karena banyaknya kegiatan yang kamu lakukan di dalam atau luar kampus.  Oleh karena itu, coba, deh, periksa dan cari tahu lagi penyebab utama kegagalanmu. Jika bisa diatasi tanpa pindah jurusan, mengapa tidak?

 

Semua keputusan, baik yang kecil maupun yang besar, pasti memiliki resikonya masing-masing. Meski sangat beresiko, tapi jika memang jalan itu yang terbaik, mengapa nggak dilakukan? Namun, jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan, ya. Pertimbangkan dengan benar agar hasilnya pun baik untuk hidup ke depanmu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

4

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett