Beranda > Gaya Hidup > Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!

Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!watermark

TUNAIKU.COM – Kalau sedang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, meskipun hanya untuk cuci mata dan nggak niat belanja, ada kalanya saya tergiur saat melihat diskon. Apalagi kalau ada tulisan diskon 50% + 30% untuk sebuah flat shoes cantik seharga Rp350 ribu. Pasti udah gatal banget pengin mampir dan beli.

 

Sebenarnya bagaimana perhitungan diskon, sih? Apa arti diskon 60% itu? Apakah jika diskon 50%+30% kita akan dapat 80% potongan? Nggak gitu, dong. Ada beberapa perhitungan diskon yang mesti kamu tahu termasuk perhitungan diskon dan promo yang ada di swalayan ataupun toko online. Berikut beberapa jenis diskon yang sering dipakai para seller dan promotor. Simak ulasannya, ya.

 

Artikel Terkait: Tips Berbelanja Agar Nggak Boros

  1. 7 Tips Belanja yang Harus Kita Pahami Agar Nggak Boros
  2. 2.    Tips Cerdas dan Bijak dalam Berbelanja Online Jelang Raya
  3. 9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tangga

 

1. Diskon ….% atau …..% off

Kamu pasti sering banget lihat penanda diskon 50% atau 50% Off. Nah, singkatnya, kalau flatshoes cantik itu seharga Rp300 ribu dan kamu mendapat diskon 60%, cara menghitungnya adalah 60% x harga.

 

Jadi, kamu hanya perlu membayar Rp300 ribu – Rp180 ribu (hasil diskon), Rp120 ribu. Wah mantap sekali bisa bawa pulang flatshoes cantik hanya dengan Rp120 ribu dari harga asli Rp300 ribu.

 

2. Diskon …..% + ….%

Banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon sekian persen plus sekian persen. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya jika ada diskon 50% + 30%, bukan berarti kamu akan mendapatkan diskon sebesar 80%, ya. Perhitungannya, harga barang yang sudah didiskon tersebut akan didiskon kembali sejumlah tambahan diskon.

 

Contohnya jika sebuah flatshoes cantik seharga Rp300 ribu mendapat diskon 50% + 30%. Pertama-tama, kamu bisa menghitung Rp300 ribu didiskon 50%, yakni Rp150 ribu. Setelahnya, harga Rp150 ribu tadi didiskon lagi 30%. Jadi, jumlah total yang kamu bayarkan adalah Rp105 ribu.

 

3. Buy….get ….free

Selain jenis diskon yang sudah disebutkan diatas, diskon buy..get…free ini juga sering dipakai seller untuk menambah volume penjualan. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan harga satu barang dengan jumlah seluruh barang lalu dikurangi dengan barang yang wajib kamu bayarkan.

 

Sebagai contoh jika flatshoes cantik tadi seharga Rp300 ribu dan mendapat promo buy 3 get 2 free, artinya kamu hanya perlu membayar Rp300 ribu dikali 3 yaitu Rp900 ribu dan bisa mendapatkan 5 pasang flatshoes cantik yang seharusnya seharga Rp1,5 juta. Namun, Buat apa kamu beli sepatu banyak dalam sekali belanja?

 

4. Cashback

Banyak orang salah mengira promo cashback. Beberapa orang menyangka jika membeli baju seharga Rp180 ribu dengan promo cashback Rp200 ribu akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp200 ribu. Padahal, cashback tersebut bukan berupa uang tunai yang akan kamu dapatkan, melainkan berbentuk voucher, poin untuk akun online shop atau kredit yang bisa kamu masukkan ke dalam cashback kartu kredit. Namun, promo seperti ini menurut saya kurang bermanfaat dan nggak banyak mendapat keuntungan mengingat nggak semua cashback bisa langsung digunakan untuk kebutuhan kamu. Jadi jangan mudah tergiur, ya.

 

5. Diskon …..% untuk pembelian berikutnya

Jenis promo diskon lainnya yaitu mendapatkan diskon sekian persen untuk pembelian berikutnya. Untuk jenis promo ini kamu bisa menghitung keuntungan dengan cara berikut ini:

 

Jika flatshoes cantik tadi seharga Rp300 ribu dengan diskon 50% untuk pembelian berikutnya, sebenarnya kamu membayar Rp300 ribu dan jika membeli lagi akan mendapatkan diskon 50% dari harga Rp300 ribu yaitu Rp150 ribu. Nah, untuk 2 flatshoes kamu hanya perlu membayar sebesar Rp450 ribu yang harga normal 2 flasthoes tersebut adalah Rp600 ribu. Namun, jika dihitung secara teliti kamu hanya menghemat Rp150 ribu dan Rp150 ribu dibagi Rp600 ribu dikali 100 persen yaitu 25%. Jadi, diskon yang kamu dapatkan hanya sebesar 25% untuk 2 flatshoes yang akan kamu beli.

 

Artikel Terkait: Tips Menghadapi Atasan

  1. 8 Hal yang Bisa Dilakukan ketika Teman jadi Atasan di Kantor
  2. 6 Tips agar Sukses Adaptasi dengan Atasan Lebih Muda
  3. Ini 5 Kiat Mengajak Ngobrol Atasan Soal Promosi Jabatan

 

6. Diskon up to …. % all item

Siapa yang nggak tergiur saat melewati pusat perbelanjaan yang menawarkan discount up to 70% all item? Saya saja sering kali ingin langsung mampir dan menyiapkan uang di dompet untuk membeli barang-barang yang disangka murah banget. Padahal, sebenarnya nggak semua item dapat diskon 70%, lho. Di kalimatnya ada kata up to yang artinya adalah diskon maksimal yang didapat 70% dan pastinya banyak barang-barang lainnya yang hanya mendapat diskon 10%, 20%, atau 50%.

 

Nah, itu dia beberapa jenis diskon dan perhitungannya yang wajib kamu tahu. Dengan tahu cara perhitungannya, kamu jadi bisa mawas diri dan nggak khilaf belanja yang ternyata salah perkiraan harga. Jadi, teliti sebelum berbelanja barang diskon, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett