Beranda > Gaya Hidup > Meski Hobi Belanja, Ini Tips Supaya Tetap Punya Uang di Akhir Bulan

Meski Hobi Belanja, Ini Tips Supaya Tetap Punya Uang di Akhir Bulan

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Meski Hobi Belanja, Ini Tips Supaya Tetap Punya Uang di Akhir Bulanwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang memiliki hobi. Hobi memberikan kesenangan dan rasa puas terhadap individu yang melakukannya. Tak jarang, saat melakukan hobi, kamu harus mengeluarkan uang. Nah, selama masih dalam batas wajar, sebenarnya itu sah-sah saja. Lalu bagaimana dengan yang hobi belanja?

 

Hobi belanja bulanan butuh pengelolaan keuangan yang tepat supaya kamu nggak lapar mata, lalu bangkrut di akhir bulan. Berikut adalah caranya.

 

Artikel Terkait: Mengatur Keuangan di Usia 30-an

  1. 5 Fakta dan Kondisi Keuangan yang Baik Saat Usia 30an, Kamu Sudah Tepat?
  2. Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an
  3. 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an

 

1. Bikin alokasi belanja

Membuat anggaran bulanan sangat penting untuk mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Kamu bisa mengalokasikan anggaran khusus belanja setiap gajian atau terima uang saku dari orang tua. Pastikan jumlah yang kamu anggarkan untuk belanja sama setiap bulannya. Selain itu, jumlahnya pun kamu sesuaikan dengan keseluruhan anggaran dan pemasukan. Misalnya, Rp500 ribu. Jumlah ini harus kamu patuhi. Dengan begini, kamu bisa menghindari pengeluaran berlebihan.

 

2. Belanja spesifik dan terjadwal

Saat belanja bulanan, jangan memborong semua barang yang menarik hatimu. Belilah barang spesifik setiap bulannya. Misalnya, bulan ini kamu membeli khusus atasan saja. Bulan berikutnya barulah kamu membeli sepatu dan kaos kaki baru. Cara ini bisa mengontrol pengeluaran dan kamu pun bisa tetap mendapatkan barang yang kamu inginkan. Kuncinya kamu harus sabar dan nggak mengikuti dorongan hati.

 

3. Manfaatkan promo atau diskon

Banyak toko, online maupun fisik, yang menawarkan berbagai promo dan diskon pada saat-saat tertentu. Diskonnya pun beragam, dari 10 hingga 50 persen. Ada juga promo seperti beli dua dapat tiga. Saat belanja, kamu bisa mencari terlebih dulu toko mana yang sedang diskon atau promo. Akan tetapi, kamu harus tetap selektif ya. Tetap belanja sesuai dengan apa yang paling kamu inginkan atau butuhkan bulan itu.

 

4. Menjadi anggota toko tertentu

Ada beberapa keuntungan saat menjadi anggota toko tertentu. Kamu bisa mendapatkan diskon tambahan atau penawaran terbatas dari toko tersebut. Selain itu, anggota toko atau butik biasanya mendapatkan diskon minimal 10% walaupun sedang nggak ada promo. Cara ini tentu bisa mengurangi pengeluaranmu saat belanja. Oh ya, pastikan juga kamu memahami syarat dan ketentuan menjadi anggota toko, ya.

 

5. Pilih barang preloved

Saat ini orang-orang bukan cuma mengejar barang baru saja. Barang preloved ikutan menjual dan membeli. Bahkan artis seperti Eva Celia dan Sophia Latjuba punya lapak preloved, lho. Ada yang seperti baru, bahkan. Nah, kamu bisa belanja barang preloved. Cuma memang harus pintar memilih. Manfaatnya, kamu bisa mendapat harga yang lebih murah.

 

6. Hindari membayar pakai kartu kredit

Ketika belanja di toko fisik, hindari menggesek kartu kredit atau kartu debit. Membayar dengan kartu cenderung bikin kamu boros karena seolah-olah nggak mengeluarkan uang. Padahal, dengan kartu kredit, kamu sedang berutang. Sebaiknya kamu menggunakan uang tunai. Dengan demikian pengeluaranmu lebih terkendali. Uang tunai yang kamu tarik pun harus sesuai alokasi anggaran.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Finansial Usia 20an

  1. Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya
  2. Sukses di Usia 20an, 8 Tantangan Ini Wajib Dikalahkan
  3. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas

 

7. Nggak belanja sendiri

Saat belanja, usahakan membawa teman/kakak/pacar untuk menjaga gawang agar tabunganmu nggak jebol. Biasanya orang yang doyan belanja itu suka impulsif ketika sudah berada di dalam toko. Karena itu, kamu butuh seseorang yang bertugas mengingatkanmu untuk belanja sesuai anggaran saja.

 

Tantangan justru hadir saat belanja online. Terkadang belanja lewat desktop atau handphone itu nggak terasa. Tinggal klik dan transfer. Untuk menghindari hal ini, maka kamu perlu selektif saat memilih barang. Selalu ingat anggaran dan berusaha mengendalikan diri dari godaan.

 

Sebenarnya nggak ada yang salah dengan hobi belanja. Selama kamu bisa mengendalikan diri, sah-sah saja. Paling penting, jangan sampai hobi bikin kamu berutang di akhir bulan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett