Beranda > Gaya Hidup > 7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel

7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novelwatermark

TUNAIKU.COM – Bagi banyak orang, menulis bisa mendatangkan keseruan tersendiri. Dengan menulis, kamu jadi banyak memainkan perspektif dan imajinasimu yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Jenis tulisan ada bermacam-macam, salah satu yang membutuhkan kreativitas tinggi adalah novel. Salah satu resep mahir menulis adalah produktif dalam menghasilkan karya agar kepekaan dan skill menulis mu bertambah.

 

Hasil tulisanmu bisa dipublikasikan di beberapa media, misalnya saja di blog, Stellar, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa situs khusus yang memiliki fitur pendukung untuk jenis tulisan novel.
Nah, kini kamu bisa mengisi waktu luangmu untuk menulis novel di beberapa situs dibawah ini!

 

Artikel terkait: Film-film inspiratif yang wajib ditonton!

  1. 10 Film Kisah Wartawan yang Bikin Tercengang, Wajib Tonton!
  2. 7 Film Tentang Perempuan Tangguh yang Bisa Jadi Inspirasi!
  3. Film dengan Nilai Harmonis yang Wajib Ditonton Keluarga

1. Wattpad

Media ini sudah cukup populer di kalangan penulis. Berdiri sejak enam tahun lalu, media ini terkenal sebagai media untuk menulis cerita pendek hingga buku. Saat ini Wattpad sudah memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca. Situs ini memberikan kemudahan para penggunanya untuk menulis tulisan per bab dan menyediakan sarana respon para pembaca. Supaya lebih mudah diakses, kini sudah tersedia aplikasi di Android dan iOS. Untuk membuat akun, kamu harus registrasi terlebih dahulu. Kamu bisa koneksikan akunmu dengan Facebook atau Google+, kemudian ikuti petunjuk yang tersedia.

2

Swara Tunaiku Pinjaman Tanpa Agunan

 

2. Storial

Storial.co merupakan situs menulis online pertama di Indonesia. Tujuannya agar bisa lebih banyak melahirkan penulis baru. Baru beberapa bulan di buka, Storial sudah memiliki 500 judul cerita. Storial.co memfasilitasi para penulis untuk menulis dengan cara baru, di mana pun dan kapan pun. Tersedia juga komunitas menulis Storial.co. Kamu bisa bergabung pada komunitas ini untuk berdiskusi seputar dunia tulis-menulis dengan sesama anggota Storial. Untuk mengunggah tulisan dan berdiskusi, kamu harus membuat akun terlebih dahulu kemudian. Terdapat juga fitur khusus yang bisa menghubungkanmu dengan para pembaca.

 

3. Penana

Aplikasi ini tergolong anyar di antara aplikasi menulis online lainnya. Selain menyediakan fitur-fitur menulis cerita pendek dan buku seperti aplikasi lain yang sudah saya sebutkan di atas, Penana menyediakan fitur yang berbeda, yaitu lomba menulis rutin yang disebut NaNoWrimo (camp khusus penulis). Cara menggunakan Penana nggak sulit, sama seperti aplikasi lainnya: cukup mengunduh aplikasi dan membuat akun. Selain menulis, kamu bisa mendapatkan notifikasi dari pembaca yang berkomentar, melihat tulisan-tulisan yang sedang menjadi trending topic, dan masih banyak lagi.
Artikel terkait: Pilih dan rawat laptopmu dengan menyimak aneka tips berikut!

  1. Top 5 Free Anti-Virus Untuk PC Kamu
  2. Keren! Ini Rekomendasi 5 Mouse Terbaik di Awal Tahun 2018!
  3. Rekomendasi Laptop Untuk Anak Kuliahan Sesuai Dengan Jurusan Kuliah

 

4. Figment

Berdiri sejak tahun 2012, media online yang ditujukan bagi orang yang hobi menulis dan ingin memopulerkan tulisannya ini sudah memiliki 440 ribu cerita. Selain fitur untuk menulis cerita, ada beberapa fitur menarik yang bisa kamu coba, di antaranya blog, forum dan review. Sama seperti situs yang lain, tulisan yang sudah kamu tulis bisa kamu masukkan ke dalam salah satu genre tulisan, misalnya romance, horror, crime, dan masih banyak lagi.

5. FictionPress

Dibandingkan dengan situs lain, tampilan FictionPress terlihat lebih sederhana. Tetapi, situs yang sudah berdiri sejak tahun 1998 ini merupakan salah satu situs online menulis terbesar, lho. Sudah lebih dari dua juta anggota yang aktif menulis di situs ini. Berbeda dengan situs lain, melalui FictionPress kamu nggak hanya bisa menulis novel, tetapi juga puisi.

 

Dewasa ini menyalurkan hobi semakin mudah dengan media-media online tersebut. Kamu bisa memopulerkan karyamu sendiri, bahkan ini bisa kamu jadikan pekerjaan yang menyenangkan. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk berhenti berkarya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett