Beranda > Gaya Hidup > Terbaik, 10 Novel Romantis Indonesia yang Seru Dibaca Saat Waktu Luang

Terbaik, 10 Novel Romantis Indonesia yang Seru Dibaca Saat Waktu Luang

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Terbaik, 10 Novel Romantis Indonesia yang Seru Dibaca Saat Waktu Luangwatermark

TUNAIKU.COM – Membaca novel adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan ketika bersantai. Rasanya semakin asyik jika memilih novel bergenre romantis. Selain bisa terbawa dalam suasana alur cerita dan bisa membayangkan tengah terlibat dalam kisah cinta sebagai pemeran utama, novel romantis bisa menambah mood. Berikut ini saya akan rekomendasi 10 novel romantis Indonesia yang bisa bikin kamu galau semalam suntuk.

 

Artikel Terkait: Simak Artikel Berikut Agar Percintaanmu Lancar

  1. Kenali 5 Tanda Gaya Pacaran yang Bikin Boros Berikut!
  2. Siapa yang Bayar? Ini Cara Atur Bujet Pacaran dari 3 Pasangan Ini
  3. 7 Kiat Tepat Mengumpulkan Uang Bareng Pacar Agar Bisa Nikah Tahun Depan!

 

1. The Architecture of Love – Ika Natassa

Sebagai penulis, Ika Natassa memang punya background yang cukup jauh dari dunia sastra. Ia adalah seorang bankir sukses di sebuah bank besar di Indonesia. Namun, hal itu nggak lantas menghalangi passion dalam dunia sastra. The Architecture of Love, salah satu karyanya sangat dicintai para penyuka novel roman Indonesia.

Kalau kamu belum punya dan belum sempat baca, rugi banget. Novel ini direkomendasikan buat pecinta novel romantis. Nah, layaknya cerita romantis, novel ini bercerita tentang kisah sepasang manusia yang sama-sama tenggelam kala memandang romantisme kota New York—by the way, setting cerita novel ini ada di New York—dengan cara yang berbeda. Raia (tokoh utama wanita) memandang dan menerjemahkan romantisme lewat inspirasi penggalan cerita dari orang-orang dan cerita yang ia dengar di sepanjang ia menyusuri jalanan, sedangkan River (tokoh pria) memandang dan menerjemahkan romantisme dari setiap bangunan yang bercerita.

Yang paling menarik dari cara Ika menulis adalah bagaimana ia menceritakan secara detil sudut pandang masing-masing dari setiap tokohnya, serta detil setting yang berhasil ia gambarkan dalam-dalam, yang dipadukan secara apik dengan sisipan-sisipan kehidupan khas masyarakat New York tanpa mengganggu alur cerita yang ia bawakan. Hal ini membuat setiap pembaca dari novel The Architecture of Love benar benar ia bawa untuk menyelami tiap adegan.

 

2. Antologi Rasa – Ika Natassa

Rekomendasi novel berikutnya masih dari Ika Natassa yang bercerita tentang roman kehidupan. Hanya saja kali ini mengupas soal romantisme persahabatan 4 orang bankir bernama Harris, Keara, Ruly, dan Denise. Kabarnya, karena novel semakin populer  akan segera dibuat versi layar lebarnya oleh satu rumah produksi besar di Indonesia.

Dalam novel ini ciri khas Ika yang memberikan detil pada setiap unsur dalam novel berhasil menarik perhatian pembaca. Mulai dari adegan-adegan sederhana sampai penokohan setiap tokohnya. Sudut pandang dari tiap tokoh yang ada dalam novel berhasil Ika ceritakan dalam-dalam sehingga tanpa sada kamu pun merasa sebagai tokoh dalam cerita. Menariknya, potret detil kaum urban begitu apik digambarkan tanpa terkesan berlebihan atau mengganggu alur ceritanya. Selain itu, setiap pick up line yang Ika bawakan pada novel ini sangat instagram-able untuk kamu jadikan bahan referensi bikin caption. Nggak percaya? Coba kamu baca deh, dijamin nggak nyesel.

 

3. Perahu Kertas – Dewi Lestari

Pilihan novel karya Dewi Dee Lestari ini akan membuatmu jatuh cinta karena mengisahkan asmara yang begitu dalam. Kisah asmara yang Dee bawakan menggambarkan hubungan asmara menggunakan “formula lama”, perihal cinta pada kedalaman dialog dan monolog yang sama sekali nggak terkesan vulgar. Kalau kamu ingin mengenal tipikal cinta dengan kedalaman a la Dee Lestari, novel Perahu Kertas cocok sebagai awalan.

Sebuah novel krispi yang bercerita tentang hubungan cinta antara 2 mahasiswa yang memiliki hasrat untuk menjadi dirinya sendiri. Klasik, tapi, memang di sinilah keunggulan dari novel besutan Dee. Bukan terletak pada “konsepsi baru” perihal cinta. Novel ini memang sudah difilmkan, tapi kalau kamu ingin merasa terlibat langsung dalam alur cerita, sebaiknya membaca alih-alih menonton. Lewat novel ini, kedalam konsepsi cinta dengan “formula lama” akan benar-benar kamu rasakan.

 

4. Aroma Karsa – Dewi Lestari

Novel berikutnya sifatnya bocoran nih guys! Belum rilis, dijadwalkan untuk segera terbit pada Maret 2018. Judulnya Aroma Karsa. Pecinta karya-karya Dewi Lestari tentu sudah nggak sabar untuk kembali merasa dibawa masuk dalam kisah-kisah romantisme a la Dewi Lestari. Kabarnya novel ini akan dirilis secara bersambung sebanyak 18 kali dalam versi digitalnya, setiap dua minggu pada hari Senin dan Kamis. Kalau kamu sudah nggak sabar, kamu bisa lho intip kan seperti apa cerita-cerita dalam novel tersebut di aplikasi penerbit buku Bookslife sekitar pertengahan Januari, lho.

 

5. Refrain – Winna Efendi

Salah satu karya Winna yang jadi favorit saya adalah novel berjudul Refrain. Novel ini memang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca bagi pecinta novel romantis Indonesia. Berkisah mengenai persahabatan dan cinta sederhana namun cukup pelik. Jatuh cinta pada sahabat sendiri. Sekilas memang tema cukup sederhana, namun yang paling menarik dari kisah ini adalah, novel ini sangat representatif dengan realitas kehidupan asmara. Kamu tentu pernah mengalami hal senada.

Mengambil setting masa-masa SMA yang menggambarkan bagaimana kehidupan remaja usia anak sekolahan. Mulai dari permusuhan, selalu terlihat ingin menonjol, sibuk mencari gebetan, hingga akhirnya berpacaran, suka pada pacar sahabat, sampai berebutan cowo, semuanya dialami sewaktu masa SMA, masa yang nggak akan terlupakan.

 

6. Unforgetable – Winna Efendi

Novel berikutnya dari Winna Efendi datang dari karya berjudul Unforgetable. Novel ini menceritakan tentang bagaimana romantisme percakapan yang tejadi di sudut wine cellar bernama Muse.

Pertemuan antara seorang lelaki penderita insomnia dengan salah satu pemilik wine cellar yang lebih tertarik dengan dunia fiksi dalam tulisan-tulisannya, keduanya mulai berbagi kisah tentang kehidupan, masa lalu, bahkan cinta. Percakapan dalam dan seakan nggak berkesudahan membawa pembaca nggak hanya tinggelam pada kisah cinta saja, tetapi juga menyelami kehidupan penuturnya. Misalnya tentang bagaimana cara merawat wine dan jenis-jenisnya.

 

7. Lukisan Hujan – Sitta Karina

Sitta Karina merupakan novelis yang sebagian besar karyanya bertemakan tentang kehidupan remaja dan masyarakat urban. Menggambarkan kehidupan urban dan remaja tentu kisah percintaan akan berbicara banyak. Salah satu novel romantis dari Sitta yang harus kamu baca adalah Lukisan Hujan. Sekilas di cover belakang novel, kamu akan menemukan satu kalimat berbahasa asing Amor es mentira, “Cinta itu Bohong”. Cerita keseluruhan dalam novel ini sangat romantis. Selain itu, kemampuan Sitta untuk menghilangkan sisi klise dari kisah romantis sangat kentara dalam novel ini. kesan klise berhasil Sitta hilangkan dengan menggantinya dengan kesan fun dan urban.

 

8. Putri Hujan dan Ksatria Malam – Sitta Karina

Novel ini adalah sekuel lanjutan dari Lukisan Hujan. Jadi kalau bicara rekomendasi novel romantis dari Sitta Karina, Lukisan Hujan dan Putri Hujan dan Ksatria Malam nggak boleh dipisahkan. Di novel ini menyuguhkan kisah romantis yang lebih kompleks dibanding pendahulunya. Yang menjadi keunggulan dari novel ini adalah Sitta berhasil menyuguhkan gambaran kreatif dan mendalam pada stiap penokohan karakternya. Selain itu, ilustrasi pada setiap setting lokasi yang imajinatif membuat novel ini nggak akan bikin kamu cepat bosan.

 

9. Last Forever – Windry Ramadhina

Novel romantis recommended berikutnya datang dari cerita besutan Windry Ramadhina berjudul Last Forever. Diterbitkan pada tahun 2015 oleh penerbit Gagasmedia, novel ini akan membawa kamu pada dimensi yang berbeda dari sebuah kisah romantis dari apa yang selama ini sudah diperkenalkan pada para pejuang cinta. Mengisahkan tentang sosok Lana (perempuan usia 30 tahunan yang sedang berada di puncak karier, memiliki pandangan “nggak ingin menikah, karena komitmen hanya akan merugikan dirinya), dan Samuel (lelaki mapan yang sering bergonta-ganti pasangan, nggak ingin terikat pada pernikahan sebab komitmen mengekang kebebasan).

Hidup yang dilandasi oleh pandangan tersebut soal “komitmen”, keduanya dipertemukan dan menjalin hubungan tanpa ikatan selama 6 tahun. Hingga, pada suatu titik Lana dan Samuel harus dihadapkan pada cinta yang menuntut sebuah konsekuensi. Novel ini wajib banget kamu baca kalau kamu ingin melihat wajah “cinta dan komitmen” dengan kemasan kisah yang nggak biasa.

 

10. Montase – Windry Ramadhina

Novel berikutnya dari Windry Ramadhina berjudul Montase yang menceritakan bagaimana Rayyi, seorang anak produser film yang tengah berkuliah di jurusan perfilman dipertemukan dengan seorang mahasiswi perfilman asal Jepang bernama Haru pada sebuah ajang kompetisi Festival Film Greenpeace. Roman dalam novel ini berangkat dari rasa kesal Rayyi pada Haru, yang mengalahkannya pada Festival Film Greenpeace hingga menjadi seorang laki-laki yang nggak henti-henti menerka-nerka setiap jejak tingkah laku Haru.

Selain mengisahkan tentang bagaimana Rayyi dan Haru dalam sebuah kontestasi hingga menghasilkan sebuah roman kehidupan yang apik, Montase juga mengisahkan bagaimana konflik psikologis antara Rayyi yang bermimpi menjadi sineas film dokumenter hebat, dengan sang ayah yang justru menginginkan Rayyi menjadi seorang produser laris.

 

Menurut saya novel ini sangat menarik, penggambaran konflik serta detail penokohan yang dibawa membuatnya bisa dicetak ulang, bahkan hingga 4 kali. Penasaran? Langsung aja dibungkus!

 

Artikel Terkait: Tips Jitu Wujudkan Hubungan yang Ideal

  1. Ini Dia Zodiak yang Paling Bisa Diajak Nongkrong Murah Meriah saat Kencan!
  2. Keuntungan Tak Terduga Kalau Pacaran dengan Orang yang Nggak Masuk Tipe Ideal
  3. Pentingkah Punya Tabungan Bersama Sebelum Menikah? Perhatikan 7 Hal Ini!

 

Setelah membaca 10 rekomendasi novel romantis Indonesia kira-kira kamu akan pilih yang mana?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, pertanyaan soal keuangan


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett