Beranda > Karier Sukses > 5 Pekerjaan di Industri Tambang, Minyak, dan Gas dengan Gaji Besar

5 Pekerjaan di Industri Tambang, Minyak, dan Gas dengan Gaji Besar

SWARA TUNAIKUSwara
5 Pekerjaan di Industri Tambang, Minyak, dan Gas dengan Gaji Besarwatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini saya bekerja di bagian engineer atau yang berhubungan dengan mesin-mesin. Sama seperti rekan saya lainnya, gaji di industri tambang, minyak & gas ini lebih dari cukup kalau dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian. Memang apa saja, sih, pekerjaan di industri pertambangan migas yang memiliki gaji besar? Simak perkiraan saya ini.

 

Artikel Terkait: Berbagai Pekerjaan Baru yang Dapat Dijadikan Pilihan

  1. Ini 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Apa Pekerjaan Idamanmu?
  2. 9 Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan yang Bisa Kamu Coba
  3. 5 Pekerjaan yang Dikuasai Pria, Kini Perempuan Juga Menggelutinya, Lho!

 

1. Petroleum Engineer

Pekerjaan sebagai petroleum engineer saat ini banyak sekali peminatnya. Maklum, gajinya saja lebih dari Rp10 juta per bulannya. Nilai gaji tersebut tentu sepadan dengan beban kerja yang diemban. Seorang petroleum engineer harus memenuhi kewajiban untuk mengembangkan metode demi keperluan produksi minyak atau bahan bakar.

 

Jadi, seorang petroleum engineer itu harus sering-sering turun ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang valid. Sejak bahan bakar bensin pamornya meredup, petroleum naik peringkat. Meskipun harganya agak mahal, tapi setiap kendaraan butuh bahan bakar. Di sinilah pentingnya posisi petroleum engineer untuk menjaga stabilitas finansial perusahaan.

 

2. Reservoir Engineer

Seorang yang bekerja sebagai reservoir engineer bertugas untuk memperkirakan cadangan minyak. Tujuannya agar proses pemulihannya tidak terburu-buru dan melebihi kapasitas. Jadi, kesannya tidak sembarangan asal sedot. Soalnya cadangan minyak dalam perut bumi sangat terbatas. Harus dikelola dengan sebaik-baiknya.

 

Kalau kamu bekerja sebagai reservoir engineer, kamu wajib menguasai analisis data komputer. Tidak heran kalau orang yang bekerja di posisi ini mayoritas lulusan jurusan statistika. Soalnya memang selalu berhubungan dengan angka-angka, kayak grafik, tabel, dan lain-lain. Alhasil, gaji per bulannya cukup besar, yakni Rp20 jutaan.

 

3. Completion Driller

Peran seorang completion driller sangat besar untuk memastikan apakah pengeboran akan dilanjutkan atau tidak. Jadi, seorang completion driller biasanya berasal dari orang-orang teknik yang sudah diseleksi. Maklum saja, seorang completion driller punya gaji besar di industri tabang, minyak & gas. Kira-kira Rp20 juta sampai Rp25 juta per bulannya.

 

Gaji sebesar itu bukan isapan jempol belaka. Harus memenuhi kualifikasi sebagai seorang completion driller jempolan. Soalnya beban kerja yang diemban sangat kompleks. Proses pengeboran itu memerlukan waktu yang tidak sedikit. Keputusan mau lanjut atau tidak, kalau tepat, maka biaya yang dikeluarkan jadi lebih ringan.

 

4. Rig Manager

Seorang rig manager dulunya karyawan di bagian teknisi juga. Setelah bertahun-tahun mengabdi dan menguasai teknik mesin dan komputer lainnya, naiklah jabatan jadi manajer. Tugas seorang manajer rig adalah memantau perkembangan di lapangan saat terjadi pengeboran dan berbagai macam tindakan selama pengambilan minyak dari Bumi.

 

Tanggung jawab atas kegagalan maupun keberhasilan penambangan berada di pundak rig manager. Jadi, tugas membentuk tim yang solid juga dilimpahkan pada rig manager. Kalau diibaratkan, rig manager itu seperti bos. Bukan sekadar mandor. Soalnya juga mengawasi hal-hal di luar pengeboran. Tak heran kalau gaji per bulannya bisa sampai Rp30 juta.

 

Artikel Terkait: Mau Kerja Part Time Atau Kerja Tanpa Harus ke Kantor? Ini Referensinya!

  1. Kerja Paruh Waktu? Ini 7 Pekerjaan yang Pas untuk Anak Kuliahan
  2. Merasa Nggak Cocok Kerja Back Office? Nih Pekerjaan yang Ngantornya Bisa di Mana Saja
  3. 7 Hal Positif yang Dapat Diambil dari Pekerjaan Part-time

 

5. Konsultan Pengeboran

Seorang konsultan pengeboran bisa mengantongi gaji sampai Rp35 juta per bulannya. Konsultan di sini bukan bermakna freelance, tapi bekerja dalam satu industri. Berbagai isu pengeboran, temuan minyak & gas Bumi, dan bagaimana cara operasi produksi yang efektif telah jadi bahan kajian seorang konsultan pengeboran. Jadi jangan anggap remeh, ya.

 

Gaji di industri tambang, minyak & gas memang rata-rata besar. Risikonya juga besar. Coba kalau setiap kali pengeboran tidak menemukan migas yang dibidik. Sudah rugi waktu, rugi tenaga, dan rugi pasar. Oleh karena itu, para pekerja di industri ini memang harus memiliki kompetensi terbaik untuk mengurangi potensi kesalahan yang ada.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett