Beranda > Karier Sukses > 5 Pekerjaan yang Dikuasai Pria, Kini Perempuan Juga Menggelutinya, Lho!

5 Pekerjaan yang Dikuasai Pria, Kini Perempuan Juga Menggelutinya, Lho!

TimotiusTimotius
5 Pekerjaan yang Dikuasai Pria, Kini Perempuan Juga Menggelutinya, Lho!watermark

TUNAIKU.COM – Kesadaran setara gender yang kini terus meningkat membuat berbagai perubahan. Khususnya dalam dunia kerja. Beberapa pekerjaan yang dulu didominasi oleh kaum adam sudah mulai dilirik dan diminati oleh kaum hawa. Persaingan menjadi lebih kompetitif karena para perempuan ini pun nggak mau kalah dan bisa menunjukkan kemampuannya.

 

Artikel terkait: Inspirasi untuk menjadi wanita sukses

  1. Intip Kesuksesan Selena Gomez, Perempuan yang Mampu Pengaruhi Dunia Versi TIME Magazine
  2. Ini Dia 5 Perempuan Hebat Pejuang Pendidikan Indonesia
  3. Kenalan Yuk dengan 5 Kartini Muda Ini

 

Nah, kalau kamu perhatikan di sekitarmu pasti ada beberapa pekerjaan yang dulu dianggap tabu dan tidak lazim untuk dikerjakan oleh seorang perempuan, sekarang dilakukan. Kira-kira apa saja sih pekerjaan yang didominasi oleh pria tapi juga dilirik oleh perempuan?

 

1. Supir

 

Kehadiran bus transjakarta yang kini jadi pilihan transportasi umum memang sudah mengubah image dari angkutan umum rawan kriminal menjadi angkutan yang aman dan nyaman. Bukan hanya itu, profesi supir bus yang dulunya sangat tidak memungkinkan bagi perempuan, sekarang malah mulai dijajaki. Masih inget, nggak, berita tentang supir perempuan bus transjakarta yang pernah menegur petugas polisi yang melanggar aturan dengan masuk ke dalam jalur busway.

 

Belum lagi transportasi online yang juga kini marak dan digeluti oleh perempuan. Sering kan, kamu mendapati ojek motor dan mobil online yang dikendarai oleh perempuan.

 

2. Bartender

 

Pekerjaan ini dulu hanya digeluti oleh kaum adam tapi banyaknya workshop dan pendidikan singkat barista membuat para perempuan pun tertarik menjajalnya. Jangan heran apabila kamu masuk dalam coffee shop dan melihat para barista cantik yang lihai membuat kopi enak.

 

Artikel terkait: Butuh pemasukan tambahan?

  1. Cari Tambahan Saat Weekend? Ini Beberapa Pilihan Untukmu
  2. 5 Hal yang Patut Kamu Ketahui Tentang Program Referral Tunaiku
  3. Program Referral Bisa Jadi Solusi Kamu Membantu Orang Tua

3. Petugas Keamanan

 

Mengingat masih tingginya tingkat kejahatan dan kriminalitas di Indonesia, profesi petugas keamanan sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada suatu wilayah. Nggak hanya untuk kaum pria saja, tetapi mulai banyak juga kaum wanita tertarik untuk menjadi petugas keamanan. Sekadar informasi, mereka mendapatkan pelatihan fisik dan pelajaran bela diri yang keras dan sama seperti laki-laki, lho. Jadi, profesi petugas keamanan wanita tidak bisa lagi kamu pandang sebelah mata.

 

4. Insinyur

 

Sekarang, profesi insinyur tidak melulu identik dengan laki-laki. Banyak lho mahasiswi yang mengambil teknik sebagai program studinya. Mulai dari teknik mesin, teknik industri, teknik pangan, dan teknik elektro. Banyak lho insinyur perempuan Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia melalui karya-karya mereka yang gemilang. Apakah kamu tertarik menjadi insinyur perempuan?

 

5. CEO

 

Pada negara-negara yang memiliki tingkat budaya patriarki tinggi, posisi CEO atau pemimpin selalu identik dengan sosok pria. Namun, seiring berjalannya waktu pemahaman ini tidak relevan lagi untuk diterapkan, karena yang menjadi tolok ukur dalam menjadi pemimpin yang baik adalah mampu untuk membina dan membawa pengikutnya mencapai tujuan tertentu tanpa melupakan hal-hal mendetil dalam kepemimpinannya.

 

Bahkan, stigma dalam masyarakat yang mengatakan pria cocok menjadi pemimpin karena kaum pria menggunakan logika dan wanita menggunakan perasaan dalam pengambilan keputusannya itu tidaklah benar. Melalui proses pembelajaran berkariernya, pemimpin pria dan wanita sama-sama belajar untuk mengambil keputusan dan memimpin bawahannya dengan menggunakan logika sebagai dasar pemikirannya, namun juga tidak lupa untuk menggunakan perasaannya untuk memahami hal-hal mendetil dalam pekerjaannya. Jadi, jangan lagi dikatakan kalau menjadi CEO hanyalah profesi untuk laki-laki saja ya!

 

6. Pembalap

 

Menekuni pekerjaan sebagai pembalap bukanlah hal yang mudah bagi perempuan. Berpacu dengan adrenalin dan memiliki risiko yang tinggi bahkan nyawa pun jadi taruhannya.Hebatnya, kini malah semakin banyak pembalap perempuan yang bermunculan bahkan mencetak prestasi yang mumpuni. Keren, yah!

 

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

cta2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett