Beranda > Karier Sukses > Kerja Paruh Waktu? Ini 7 Pekerjaan yang Pas untuk Anak Kuliahan

Kerja Paruh Waktu? Ini 7 Pekerjaan yang Pas untuk Anak Kuliahan

TimotiusTimotius
Kerja Paruh Waktu? Ini 7 Pekerjaan yang Pas untuk Anak Kuliahanwatermark

TUNAIKU.COM – Lagi pusing mencari uang tambahan untuk jajan atau liburan?Apalagi kamu anak kuliahan yang masih mendapat jatah bulanan dari orang tua. Banyak loh yang bisa kamu lakukan untuk mengisi jeda waktu libur semester atau di waktu sela kuliah. Lebih-lebih kamu memiliki banyak kompetensi di berbagai bidang, nggak perlu khawatir hanya perlu niat dan kerja keras!Berikut ini adalah ide-ide kerja part time untuk kamu yang masih duduk di bangku perkuliahan!

 

1. Penulis lepas

Apakah kamu memiliki bakat menulis yang baik? Jika iya, janganlah kamu sia-siakan. Meskipun terkesan sepele, nggak semua orang memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun kata-kata, lho! Kamu bisa mencoba menjadi seorang penulis lepas. Sekarang ini banyak sekali lowongan kerja untuk menulis lepas di internet, mulai dari yang bahasa Indonesia sampai bahasa Inggris. Untuk penulisan dalam bahasa Indonesia kamu bisa dibayar mulai Rp 20.000,-  hingga Rp 50.000,- per artikel, kalau kamu mampu menulis dalam bahasa Inggris kamu bahkan bisa dibayar lima sampai sepuluh dolar per artikel. Lumayan kan untuk menambah penghasilan dan mengumpulkan portofolio?

 

2. Pemandu wisata

Jika kamu menjalani perkuliahan pada perguruan tinggi yang letaknya di dekat daerah wisata, mengapa  kamu tidak mencoba untuk menjadi pemandu wisata? Biasanya banyak biro jasa yang membutuhkan pemandu wisata, tapi karena kamu masih menjalani perkuliahan, cobalah melamar sebagai pemandu wisata paruh waktu, yang berarti kamu dapat menjadi pemandu wisata pada saat weekend tiba supaya tidak mengganggu kuliahmu. Pekerjaan ini sangat menjanjikan apalagi jika musim liburan tiba, lho! Apa kamu tertarik?

 

Artikel terkait: Ingin sukses bekerja freelance?

  1. Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancer
  2. Lakukan 10 Hal Ini Saat Memutuskan Berhenti Kerja dan Jadi Freelancer
  3. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja

 

3. Guru privat

Jika kamu mempunyai kemampuan akademik yang bagus atau kemampuan berbahasa asing yang bagus, kamu dapat menawarkan jasamu sebagai guru privat, baik untuk anak sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Orang tua murid sekarang rela mengeluarkan uang lebih supaya anak-anak mereka mendapat nilai akademik yang bagus, makanya mereka akan senang jika kamu bersedia menjadi guru privat karena biaya yang dikeluarkan untuk pelajaran tambahan lebih murah dibandingkan mengikuti les pelajaran tambahan dari instansi lainnya. Dengan bermodalkan kesabaran ekstra dan sikap mengayomi murid, kamu bisa menjadi guru privat yang baik, lho!

 

4. Penerjemah

Mengajar bahasa asing secara privat bisa jadi sangat menyita waktumu, maka untuk kamu yang memiliki keterampilan dan kemampuan pada bahasa asing, mengapa kamu tidak mencoba jadi penerjemah lepas? Banyak sekali lowongan kerja paruh waktu untuk menerjemahkan dokumen atau artikel mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Thailand, Jepang, Spanyol, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mendapatkan uang saku yang lumayan banyak, lho! Karena biasanya kamu akan dibayar menggunakan kurs mata uang dolar. Rata-rata per artikel atau dokumen kamu dapat dibayar sekitar delapan atau sepuluh dolar. Tertarik mencobanya?

 

5. Service Laptop dan Smartphone

Jikalau kamu memiliki pengetahuan yang mumpuni pada bidang piranti lunak (software) maupun piranti keras (hardware) pada computer, kamu bisa membuka jasa kecil-kecilan untuk membetulkan computer atau smartphone teman-temanmu yang rusak. Tahukah kamu? Dengan membuka jasa ini, meskipun kamu tidak mematok harga terlalu mahal, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan. Karena, jika mereka membawa barang elektronik mereka ke pusat servis elektronik, mereka bahkan mesti mengeluarkan bujet sampai jutaan rupiah, sementara kamu bisa membetulkannya dengan bujet yang kurang dari setengahnya. Jangan takut, promosi dari mulut ke mulut dapat membuat jasamu terkenal dengan cepat.

 

6. Penyiar radio

Nggak semua orang memiliki suara yang enak didengarkan dan mampu untuk bercakap-cakap dengan baik di radio. Maka, jika kamu memiliki keterampilan di bidang tersebut, nggak ada salahnya kamu mencoba melamar menjadi penyiar radio paruh waktu. Alangkah baiknya jika kamu melamar pada radio yang memiliki segmentasi dan target pendengar sesuai dengan umurmu, jadi kamu tidak mengalami kesulitan dalam mencocokan gaya siaranmu. Dengan menjadi penyiar radio, kamu bahkan bisa dengan mudah mendapat pekerjaan sebagai MC acara-acara menarik di hari mendatang, lho!

 

Artikel terkait: Serba serbi generasi millennials

  1. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?
  2. Dalam Mencari Pekerjaan, Ini Lho yang Diimpikan Generasi Millennials
  3. Buat Para Millennial, Ini 7 Kiat Atasi Stres Akibat Pekerjaan!

 

7. Fotografer lepas

Meskipun membutuhkan modal yang agak besar, apabila kamu memiliki keterampilan dalam mengambil foto, mengedit foto, serta kamera yang mumpuni, kamu bisa menawarkan diri menjadi fotografer pada acara-acara penting di sekitar kampusmu. Contohnya adalah fotografer pada saat wisuda atau jasa photobooth pada acara kampusmu. Bisa juga kamu melamar pekerjaan sebagai fotografer paruh waktu di studio foto tertentu. Bekerja sebagai fotografer bayarannya lumayan besar, lho!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

3

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett