Beranda > Karier Sukses > Sebelum Memilih Pekerjaan Baru, Penting untuk Mempertimbangkan Hal Berikut

Sebelum Memilih Pekerjaan Baru, Penting untuk Mempertimbangkan Hal Berikut

PAULUS RISANGPaulus Risang
Sebelum Memilih Pekerjaan Baru, Penting untuk Mempertimbangkan Hal Berikutwatermark

TUNAIKU.COM – Ada beberapa alasan yang membuat kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari yang pekerjaan lama. Bisa karena bos atau rekan kerja yang menyebalkan, jenjang karier yang kurang menjanjikan, hingga pekerjaan yang memang enggak sesuai dengan passion-mu.

 

Nah, sebelum memutuskan untuk mengambil pekerjaan baru, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dulu agar situasi di kantor lama enggak perlu terulang kembali. Yuk, disimak!

 

1. Pilih karier yang sesuai minatmu

Salah satu faktor yang membuat kamu enggak betah bekerja adalah pekerjaan itu enggak sesuai dengan minat dan passion-mu. Ada kenalan saya, seorang lulusan akuntansi yang enggak terlalu suka menghitung uang dan enggak suka berdiam diri di kantor dengan ritme yang tetap selama bertahun-tahun. Ternyata, setelah ditelusuri minatnya ada pada menulis dan traveling. Tentu saja pekerjaannya sebagai akuntan enggak membuatnya bahagia, akhirnya dia mengundurkan diri dan bekerja sebagai penulis.

 

Sebelum lebih jauh mengikuti tes kerja, ketahui bidang apa yang kamu minati, bidang apa yang ingin kamu tekuni? Karena bekerja sesuai minat akan terus membuatmu bahagia. Kalau sudah bahagia, melakoni pekerjaan apapun terasa lebih mudah. Dan kalau kamu memang berbakat di bidang itu, tentu kamu akan lebih mudah menjadi ahli/profesional pada pekerjaan yang kamu tekuni.

 

Artikel terkait: Tips mengejar karier impian

  1. Empat Langkah Resign dengan Baik, Ikuti, Yuk!
  2. 5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan
  3. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif

 

2. Ketahui job desc pekerjaan yang kamu pilih

Saat wawancara kerja, tanyakan dengan detail tugas dan beban pekerjaanmu. Seringkali perusahaan menginginkan orang yang pandai multitasking. Nah, multitasking seperti apa yang perusahaan inginkan?

 

Tanyakan juga tugas tambahan yang biasa diberikan apa saja, serta seberapa sering karyawan harus lembur. Jangan sampai hari pertama masuk kantor baru kamu syok karena setiap hari lembur dan beban pekerjaanmu sangat banyak, enggak sesuai dengan gaji yang kamu peroleh. Hal ini masih bisa dihindari kalau kamu bisa negosiasi sejak awal wawancara.

 

3. Cari tahu bagaimana sistem gajinya

Beda perusahaan tentu akan memiliki perbedaan kebijakan, termasuk kebijakan soal gaji. Ada perusahaan yang memberikan gaji pokok sedikit, tapi tunjangan dan bonusnya besar. Ada juga perusahaan yang memberikan gaji pokok besar, tapi ternyata sudah termasuk uang lembur di dalamnya.

 

Enggak perlu takut untuk menanyakan detail gaji yang perusahaan tawarkan, karena membicarakan gaji bukan hal tabu di masyarakat. Dan kamu pun bisa memperhitungkan apakah gaji yang kamu dapatkan sesuai dengan beban pekerjaanmu.

 

4. Tanyakan apa saja fasilitas yang kamu dapatkan

Enggak sedikit perusahaan yang cukup royal dalam memberikan fasilitas kepada karyawannya, misalnya rumah dinas, mobil, tiket pesawat, dan sebagainya. Kalau posisimu sudah tinggi, kamu bisa saja mendapatkan fasilitas itu, lumayan nggak perlu sewa rumah atau beli mobil.

 

Kalau posisimu masih sedang-sedang saja, setidaknya perusahaan memberikan asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan. Meskipun terdengar sepele, biaya rumah sakit yang mahal bisa menganggu keuanganmu, lho. Jadi, tanyakan dulu fasilitas apa yang akan kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan baru.

 

Artikel terkait: Kiat mencari kerja di job fair

  1. 5 Kiat Jitu agar Mudah Mendapatkan Kerja dari Job Fair
  2. 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Cari Kerja dari Job Fair
  3. Wajib Catat, Ini 5 Jadwal Job Fair Tahun 2018 di Indonesia

 

5. Tentukan pilihan untuk lanjut berkarier atau berbisnis

Saya yakin banyak di antara kamu yang diam-diam bercita-cita menjadi pengusaha. Memiliki bisnis dengan pendapatan yang jauh lebih besar dan memiliki waktu yang fleksibel tentu jadi alasan utama orang ingin berwirausaha.

 

Bisa saja kamu enggak cocok bekerja di perusahaan lama karena kamu memang berjiwa pengusaha. Kamu punya ide-ide baru yang unik, mampu memimpin orang dengan baik, serta memiliki keberanian untuk mengambil resiko. Alih-alih mencari pekerjaan baru, enggak ada salahnya kamu mencari ide bisnis baru. Tentu lebih menarik, bukan?

 

Sebelum memulai karier baru usai berhenti bekerja, sebaiknya kamu berpikir kembali, jangan sampai mengalami kegagalan untuk kedua kalinya. Lalu, apa keputusanmu?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett