Beranda > Gaya Hidup > Gaji 7 Juta Perbulan, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatur Keuangan Bagi Si Lajang

Gaji 7 Juta Perbulan, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatur Keuangan Bagi Si Lajang

PAULUS RISANGPaulus Risang
Gaji 7 Juta Perbulan, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatur Keuangan Bagi Si Lajangwatermark

TUNAIKU.COM – Saya pernah membaca diskusi di sebuah forum tentang lulusan S2 yang gaji awalnya rata-rata Rp7 jutaan di Jakarta. Gaji Rp7 juta bukanlah angka yang wah, terutama jika kamu tinggal di kota metropolitan sekelas Jakarta. Kalau masih melajang, gaji segitu masih cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Tapi, lain cerita jika kamu sudah berkeluarga, tanggung jawab lebih besar untuk menghidupi anggota keluarga.

Makanya, kamu mesti bijak mengelola gaji selagi masih single. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan saat berkeluarga kelak, seperti rumah, biaya nikah, kebutuhan rumah tangga, serta pendidikan anak. Jangan sampai deh seluruh uangmu menguap tanpa bekas hanya demi memenuhi gaya hidup.

 

Nah, berikut ini cara tepat mengatur keuangan dengan gaji Rp7 juta buat kamu yang lajang.

 

1. Usahakan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari nggak melebihi 40%

Normalnya, bujet untuk kebutuhan sehari-hari berada di kisaran 40-60% dari gaji. Kebutuhan bulanan ini meliputi uang makan, transportasi, bayar kos, listrik, internet, dan lain-lain. Tapi mumpung kamu masih single, saya optimistis kamu mampu menekan pengeluaran ini agar nggak melebihi 40%. Di awal bulan, anggarkan dana maksimal Rp2.800.000 untuk memenuhi kebutuhan esensialmu.

 

Artikel terkait: Tips mengelola keuangan.

  1. Nggak Mau Ribet? Ini Cara Sederhana Buat Mengatur Keuangan Kamu
  2. Ini 6 Kesalahan Pekerja Pemula dalam Mengelola Keuangan
  3. Begini Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Rp3 Jutaan Agar Tetap Bisa Nabung!

 

2. Sisihkan minimal 10% sebagai tabungan

Begitu terima gaji, langsung sisihkan minimal 10% untuk ditabung di rekening terpisah. Kalau kamu hemat dan nggak sedang mengambil kredit, saya yakin kamu mampu menabung setidaknya 40% dari gaji.

 

Anggaplah kamu menabung sebesar Rp2,5 juta per bulan. Dalam 2 tahum, sudah terkumpul dana Rp60 juta yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya DP kendaraan, rumah, maupun biaya nikah. Kalau ingin beli sepeda motor baru, kamu bahkan nggak perlu kredit.

 

3. Mengambil pinjaman tidak melebihi 35% gaji

Pos ini meliputi tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, KPR, maupun kredit lainnya. Total cicilan yang kamu bayarkan tiap bulan sebaiknya nggak melebihi 35% atau setara Rp 2.450.000. Bank juga biasanya hanya menyetujui pinjaman jika rasio utangmu di bawah 30%.

 

Anggaplah kamu ingin meminjam di Tunaiku karena ada keperluan mendesak; Tambahan biaya nikah, misalnya. Nah, jika kamu mengambil tenor cicilan selama 12 bulan, kamu masih bisa mengajukan pinjaman hingga Rp20 juta, lho. Soalnya, cicilan per bulannya cuma Rp2.290.000.

 

Tapi, bila kamu tengah memiliki cicilan lain, nominal pinjaman atau tenornya tentu harus disesuaikan agar total cicilan kredit tersebut nggak membebani keuanganmu. Pinjaman KTA Tunaiku sendiri sangat fleksibel, karena kamu dapat meminjam dana antara Rp2-20 juta dengan tenor antara 6-20 bulan.

 

4. Prioritaskan cicilan rumah

Rumah adalah kebutuhan yang perlu diprioritaskan, bahkan sejak sebelum kamu berumah tangga. Kenapa? Soalnya, harga properti bakal naik terus. Kalau memang mampu, sebaiknya kamu nggak menunda-nunda untuk membelinya.

 

Ada banyak cara untuk membeli rumah; nggak mesti lewat KPR kok. Misalnya, beli tanahnya saja, lalu bangun rumahnya sendiri agar desainnya bisa kamu tentukan sendiri. Harganya juga bakal lebih murah.

 

Artikel terkait: Tips membeli rumah.

  1. Mana yang Lebih Untung, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?
  2. Dapat Tambahan Pinjaman Online dari Tunaiku, Ini Dia Tips Membeli Rumah di Bekasi!
  3. Pilih Beli Rumah Sebelum atau Setelah Menikah?

 

5. Anggarkan 10% gaji untuk investasi

Setelah berumah tangga kelak, biaya hidupmu tentu bakal bertambah. Seringkali kenaikan gaji kita nggak sebanding dengan peningkatan kebutuhan. Hal ini wajib diantisipasi dari sekarang.

 

Sisihkan minimal 10% gajimu untuk diinvestasikan. Dana Rp700 ribuan per bulan bisa kamu manfaatkan untuk investasi emas batangan, reksa dana, hingga modal usaha. Dengan begitu, ada pendapatan tambahan di luar gaji yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu di kemudian hari.

 

Selagi muda, kita harus cerdas dalam mengelola penghasilan yang kita peroleh. Saya sendiri menikmati gaya hidup yang sederhana saja. Misalnya, masak sendiri serta membeli barang sesuai kebutuhan. Yang penting, kebutuhan anak istri saya kelak nggak pernah kekurangan.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett