Beranda > Karier Sukses > Gaji Naik, Lakukan Hal Ini Biar Uangmu Nggak Cepat Ludes!

Gaji Naik, Lakukan Hal Ini Biar Uangmu Nggak Cepat Ludes!

Gaji Naik, Lakukan Hal Ini Biar Uangmu Nggak Cepat Ludes!watermark

TUNAIKU.COMKetika memperoleh kenaikan gaji, apa yang bakal kamu lakukan?

 

Saya sendiri kerap tergoda untuk membeli barang-barang yang belum kesampaian untuk dimiliki. Untungnya, saya masih bisa mengerem keinginan semacam ini.  Soalnya, kalau pemikiran macam ini terus-terusan dituruti, nggak akan ada habisnya, deh. Kamu sendiri mungkin punya teman yang tetap nggak bisa nabung meski gajinya di atas rata-rata.

 

Nah, biar gaji saya nggak cepat ludes, biasanya saya berusaha melakukan beberapa hal ini saat menerima kenaikan gaji atau bonus. Siapa tahu kamu juga bisa menerapkannya.

 

Artikel terkait: Tips Mengatur Keuangan yang Perlu Kamu Terapkan Mulai Sekarang

  1. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekara…
  2. Terapkan 5 Tantangan Atur Uang Berikut Ini Agar Kamu Lebih Fokus Menabung!
  3. 7 Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari Kalau Nggak Mau Gaji Sudah Ludes di Awal Bul…

 

1. Jangan mengubah gaya hidup

 

Umumnya, kalau gaji naik, gaya hidup juga ikutan naik. Justru hal inilah yang harus dihindari. Jangan mentang-mentang naik gaji, terus kamu nggak level lagi makan di warteg. Sesekali membeli barang yang sudah lama kamu inginkan itu sah-sah aja, tapi nggak perlu sampai mengubah gaya hidup sampai bikin anggaran bulanan jebol.

 

Sebisa mungkin, pertahankan gaya hidup dan pengeluaran bulanan sebelum naik gaji. Nggak perlu nyicil mobil baru kalau yang lama masih layak pakai. Nggak perlu tiap hari makan steak kalau sebelumnya biasa makan rendang. Masih ada banyak cara untuk memanfaatkan uang tambahan ini.

2. Segera melunasi utang

 

Poin yang ini mungkin agak kontradiktif. Kalau buat bayar utang, bukankah gajinya justru cepat habis? Memang. Namun, melunasi utang lebih cepat akan membantu mengamankan uangmu di masa mendatang. Semakin cepat utang dilunasi, jumlah bunga yang kamu bayarkan juga akan semakin kecil.

 

Kalau kamu memiliki beberapa utang, prioritaskan membayar utang yang bunganya paling besar. Jangan lupakan juga uang yang kamu pinjam dari saudara, sahabat, atau rekan kerja. Kalau memang ada uang, lunasilah segera. Kamu tentu nggak hubungan dengan mereka merenggang cuma gara-gara utang, kan?

 

 

4

 

 

3. Simpan sebagian uangmu untuk dana darurat

 

Kita biasanya nggak kepikiran buat pos yang satu ini, terutama kalau kamu masih bujangan. Padahal, dana darurat itu penting, lho. Bukannya saya mau nakut-nakutin, tapi kita memang nggak pernah tahu kapan musibah datang menghampiri.

 

Misalnya, tiba-tiba kendaraan kamu butuh biaya untuk perbaikan. Lain waktu, bisa saja ponselmu yang rusak dan harus ganti baru. Kemungkinan lain yang lebih buruk, jika tiba-tiba kamu di-PHK dari pekerjaan. Daripada kelabakan cari tempat berutang, bukankah lebih baik menyiapkan dana darurat mulai dari sekarang?

 

4. Sisihkan uangmu untuk pos-pos lain (dana pensiun dan pendidikan anak)

 

Pos yang ini menurut saya juga nggak kalah penting. Kalau gajimu naik, mulailah menabung dana pensiun. Misalnya, lewat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang kini tersedia di bank-bank maupun perusahaan asuransi jiwa. Dana pendidikan anak juga harus disiapkan, lho. Soalnya, biaya sekolah dan kuliah itu terus naik setiap tahunnya.

Artikel terkait: Berbagai Jenis Investasi yang Cocok Untukmu

  1. 5 Alasan Ini Bikin Nggak Ragu untuk Investasi atau Reksadana
  2. 5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula
  3. Bagaimana Cara Berinvestasi Valuta Asing untuk Pemula? Ini Kiatnya!

5. Berinvestasi

 

Kayaknya setiap orang ingin uangnya bisa beranak-pinak. Namun, hal ini tentu nggak mungkin terjadi kalau kamu cuma menggunakan uang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Nah, kalau ingin uang bertambah banyak, mulailah mencari investasi yang sesuai buatmu. Bingung mau investasi apa? Nih ada beberapa contoh yang bisa kamu simak.

 

Itu dia beberapa tips yang saya terapkan ketika menerima kenaikan gaji. Apakah kamu punya tips lain yang belum saya tahu? Langsung aja bagikan di kolom komentar, siapa tahu berguna juga bagi yang lain.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 


RISANG PRATAMA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett