Beranda > Karier Sukses > 10 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia, Cetak Chef Profesional dan Pengusaha

10 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia, Cetak Chef Profesional dan Pengusaha

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
10 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia, Cetak Chef Profesional dan Pengusahawatermark

TUNAIKU.COM – Saat ini, memasak bukan lagi identik dengan pekerjaan perempuan. Keahlian memasak kini juga dimiliki oleh laki-laki dari segala macam usia. Jadi yang bisa memasak nggak hanya ibu saja. Bapak-bapak usia 40an tahun bahkan belasan tahun pun kini menggeluti bidang yang berkaitan dengan dapur ini.

Keahlian memasak saat ini memang nggak bisa dipandang sebelah mata. Ada banyak kesempatan terbuka lebar bagi orang yang ahli bidang ini. Nggak heran kalau sampai ada program televisi yang mencari chef-chef muda. Seperti mereka-mereka inilah yang nantinya bisa terjun di dunia entertainment bahkan menjadi pengusaha.

 

Artikel terkait: Karir seputar dunia kuliner

  1. 9 Pekerjaan yang Dijamin Tak Akan Tergerus Laju Teknologi
  2. Jurusan Kuliah yang Ditempuh 5 Tokoh Sukses di Indonesia
  3. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?

 

Meningkatnya popularitas masak-memasak ini tentu diikuti oleh bertambahnya peminat. Alhasil mulai banyak yang tertarik untuk melanjutkan sekolah di bidang perkulineran. Berikut 10 sekolah kuliner terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba.

 

1. Monas Pacific Culinary Academy (Surabaya)

Sekolah kuliner tertua di Indonesia ini memiliki kurikulum dan sistem pembelajaran seperti Johnson dan Wales Universiy serta California Culinary Academy Amerika Serikat. Jika kamu ingin menjadi chef atau pengusaha bakery, di sinilah tempatnya.

Salah satu alumninya adalah finalis Reality Show Nasional Hell’s Kitchen Indonesia bernama Benny yang akrab dipanggil Ben. Jika kamu berminat menjadi the next Benny, kamu bisa melakukan pembayaran dengan biaya pendaftaran Rp 250ribu.

 

2. The Sages Institute Internasional (Surabaya)

Sekolah yang berbasis kurikulum internasional ini memiliki spesialisasi Culinary Art, Gastronomic Science, danHospitality Management. Jika kamu tertarik melanjutkan sekolah di sini, siapkan biaya SPP sebesar Rp 36juta, ya. Tapi kamu nggak akan rugi karena di sini kamu akan dilatik menjadi chef handal.

 

3. Tristar Culinary Institute (Surabaya)

Kurikulum di sekolah ini bermacam-macam. Ada struktur kurikulum dari tata boga, patiseri., dan perhotelan. Biaya yang dikeluarkan untuk tahun pertama adalah SPP yang mencapai Rp 8juta tiap triwulan. Lalu ada biaya prasarana dan praktikum sebesar Rp 17juta. Salah satu aumninya adaah Chef Brian Cardion, seorang chef Resto di Hanoi Thailand.

 

4. De Access Hotel & Culinary Training Centre (Solo)

Sekolah ini termasuk cukup peka terhadap perkembangan zaman. Hal ini dibuktikan dengan kurikulumnya yang selalu menyesuaikan perkembangan industri hotel dan culinary. Berminat bekerja sebagai pengusaha atau chef di hotel? Sekolah ini jawabannya.

 

5. Imperial Cooking School Tokyo (Jakarta)

Di sekolah ini kamu akan dilatih membuat roti dan kue di mana pengajarnya merupakan chef langsung dari Jepang. Biaya yang dibutuhkan bermacam-macam. Untuk program dimsum course dengan 18 pertemuan dan 19 resep sendiri membutuhkan Rp 10juta.

Tunaiku, KTA

Mobile Site CTA

6. Bogasari Baking Centre (Terdapat 19 cabang tersebar diberbagai kota di Indonesia)

Spesialisasi sekolah kuliner ini adalah membuat aneka makanan dengan bahan dasar terigu. Sebelum kursus dilaksanakan kamu diwajibkan membayar Rp 270ribu. Salah satu alumni dari program ini adalah pemilik Aroma Bakery, Hendri Kapour.    

 

7. Creative Culinaire The School Indonesia (Jakarta)

Kurikulum yang diajarkan di sekolah ini antara lain cake baking, recipes and techniques. Jika kamu ingin mempelajari ilmu tersebut, kamu bisa bersekolah di sini dengan kisaran biaya untuk dua kali pertemuan adalah Rp 3juta.

 

Artikel terkait: Mempersiapkan biaya pendidikan

  1. 3 Tipe Orang Tua dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak, Kamu yang Mana?
  2. Ini Dia 5 Jenis Investasi yang Tepat Untuk Biaya Pendidikan Anak
  3. 4 Tips Merencanakan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

 

8. Ions Culinary College (Yogyakarta)

Belajar di sini kamu akan diajari bagaimana cara mengolah makanan sehat dengan benar. Nggak hanya itu, kamu juga akan dikenalkan dengan cara mengolah masakan modern dnegan cara memasak yang benar dan sehat. Adapun salah satu alumninya adalah Melati Yusmarelda , top ten master chef 3 RCTI.

 

9. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua (Yogyakarta)

Kurikulum di sekolah ini mengacu pada SKKNI, SKL, dan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Adapun komposisi pengajarannya adalah 70% praktik dan 30% teori. Menu khusus yang dimodifikasi dan menjadi andalan di sini antara lain ayam kremes, beef black pepper, kopi, roti toping, dan kue ulang tahun. Salah satu alumninya bernama Amanda Clarisa yang saat ini menjadi seorang pebisnis.

 

10. Bali Culinary Pastry School (Bali)

Sekolah yang terletak di Bali ini bisa dikatakan berstandar internasional. Hal ini karena kurikulum sekolah ini disesuaikan dengan ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional (ACCSTP). Di sini kamu akan belajar hal-hal seputar pastry dan bakery.

 

Itu dia 10 sekolah kuliner terbaik di Indonesia. Mana yang paling kamu minati?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett