Beranda > Karier Sukses > 9 Pekerjaan yang Dijamin Tak Akan Tergerus Laju Teknologi

9 Pekerjaan yang Dijamin Tak Akan Tergerus Laju Teknologi

9 Pekerjaan yang Dijamin Tak Akan Tergerus Laju Teknologiwatermark

TUNAIKU.COM – Beberapa dekade terakhir, otomatisasi pekerjaan kian menjadi pilihan pelaku industri. Bahkan, sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari berbagai bidang akan tergantikan oleh robot pada 2020 kelak.  

Alasannya? Tentu saja karena sistem ini memungkinkan peningkatan produktivitas sekaligus mengungari cost. Tapi, hal ini tentu saja memberikan efek samping mengkhawatirkan, yaitu, pengurangan jumlah tenaga kerja manusia.

Beberapa waktu lalu, Tunaiku pernah membahas beberapa bidang pekerjaan yang terancam hilang karena tergantikan dengan teknologi dan di antaranya adalah industri buku cetak dan perbankan.

Tapi, jangan khawatir Kawan Tunaiku, masih ada banyak pekerjaan yang tak akan tergantikan dengan mesin dan internet. Alias, pekerjaan yang mutlak membutuhkan tangan manusia. Apa saja ya pekerjaan itu?

Berikut adalah  9 pekerjaan yang dijamin tak akan tergerus laju teknologi.  

 

1. Juru Masak

Kalau untuk sekadar bikin telor ceplok, mungkin robot bisa sih. Tapi, tentu tak ada program komputer yang bisa menawarkan keseluruhan pengalaman menikmati sajian kuliner dengan rasa yang inovatif.

Secanggih apapun si robot, tak bisa menyamai kreativitas, kepekaan, dan bumbu cinta yang datang dari tangan sang chef!

 

2. Marketing, Desain, dan Industri Kreatif

Mesin dan teknologi dirancang untuk memecahkan masalah teknis, tapi enggak bisa menemukan solusi kreatif dan imajinatif. Jadi, jika pilihan karirmu ada di bidang seni, industri kreatif seperti periklanan dan film, tenang saja. Karena robot tak memiliki otak manusiamu.

 

Artikel terkait: Memprediksi Tren Pekerjaan Masa Kini

  1. Ini Dia 5 Sektor Industri yang Diprediksi Bakal Populer di Tahun 2017 Menurut Para Jobseeker!
  2. 5 Tren Sektor Industri Startup di Tahun 2017
  3. Pilih Mana Setelah Lulus? Bekerja di Perusahaan Ternama atau Startup?

 

3. Penulis

Sebagaimana halnya mereka yang bergelut di bidang seni, penulis pun dijamin aman dari ancaman otomatisasi. Karena, nggak mungkin kan robot bisa mengolah kata-kata, menciptakan plot dan karakter, dan menghidupkan cerita seperti JK Rowling?

 

4. Bidang kesehatan

Robot seperti karakter Baymax di Hero 9 mungkin bisa mendeteksi sakit yang dirasakan manusia. Tapi kenyataannya, berkecimpung di dunia perawatan dan kesehatan membutuhkan interaksi dan komunikasi yang jauh lebih intens. Kebutuhan akan tenaga perawat dan suster terbilang tinggi, baik di Indonesia maupun luar negeri.

 

5. Pendidikan dan pelatihan

Ini dia pekerjaan yang mutlak membutuhkan manusia! Tenaga pendidik. Kamu pun pasti setuju kan, bahwa ada rasa dan ikatan emosi yang berbeda antara belajar dengan seorang guru dengan belajar dari situs-situs internet. Komunikasi dua arah dan waktu berdiskusi itu yang mahal harganya.

 

6. Human Resource alias manajemen sumber daya manusia

Untuk mencari kandidat pekerja, ada kalanya menggunakan sistem sensor otomatis dengan membaca CV yang dikirimkan. Tapi, sekadar CV saja bukan jaminan bahwa si kandidat memang berkualitas. Di sinilah peran emotional intelligence dan membaca psikologi manusia diperlukan. Manusialah yang bisa melakukannya.

 

7. Keamanan cyber

Semakin pesat teknologi, semakin pintar manusia di baliknya. Semakin rentan pula keamanan suatu sistem teknologi dari serangan hacker. Untuk mengatasi isu ini, robot enggak bisa menggantikan peran manusia sebagai operator. Makanya, bidang cyber security bisa dipastikan aman bagi para penggelutnya.

 

Artikel Terkait: Meningkatkan Kualitas Diri

  1. Inilah Pentingnya Personal Branding Bagi Kesuksesan Kariermu!
  2. QUIZ: Cek Apa Kelebihanmu Dilihat dari Kebiasaan di Kantor
  3. Untuk Jadi Sukses, Haruskah Kita Mengganti Nama?

 

8. Manajemen logistik dan kurir

Memang sih sekarang ada berbagai teknologi yang memudahkan delivery barang, seperti Drone misalnya. tapi, campur tangan manusia tetap diperlukan dalam hal pengaturan dan supervisi. Kebutuhan akan driver dan kurir masih cukup tinggi.

 

9. Event organizing

Di balik suksesnya suatu event, ada manusia-manusia super tangguh dan cekatan di baliknya. Keahlian mengonsep, merancang, dan eksekusi di hari H dengan segala kerepotannya, tentu nggak bisa mengandalkan robot atau program komputer manapun, kan? Justru dibutuhkan manusia yang bisa memanfaatkan teknologi pendukung agar event berlangsung makin sempurna.

Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan hidup manusia. Tapi, bukan berarti teknologi akan mengambil alih peran manusia sebagai pelaku. Contohnya dari 9 pekerjaan di atas.

 

Nah, kira-kira kamu cocok di bidang apa nih? Apapun pilihannya, latih terus skill-mu dan jadilah tenaga kerja yang berkompeten, ya!  

 

Butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett