Beranda > Karier Sukses > Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, Sih?

Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, Sih?

Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, Sih?watermark

TUNAIKU.COM – Program Studi Bahasa dan Sastra merupakan salah satu program studi yang cukup diminati di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Namun ironisnya kalian yang adalah lulusan dari Program Studi ini pasti sering dikatakan tidak punya prospek untuk ke depannya.

Lulusan sastra bukan berarti kamu harus selalu jadi seorang sastrawan. Masih banyak peluang pekerjaan bagi kalian yang seorang lulusan Bahasa atau Sastra, berikut diantaranya.

 

1. Editor

Bisnis penerbitan buku yang kian berkembang kini membuat para penulis beramai-ramai mengajukan karyanya agar dibukukan. Pun begitu dengan perkembangan media seperti koran, majalah, percetakan, buku, pertelevisian, dan lain-lain. Hal ini membuat penerbitan maupun media membutuhkan banyak editor bahasa.

Kebanyakan dari mereka mematok syarat khusus untuk jabatan ini, yakni lulusan sastra karena  lulusan Fakultas Sastra menguasai tata cara (gramatika) bahasa dengan baik. Mau bukti kalau lulusan sastra bisa jadi editor yang sukses! Sebut saja Judy Mcgrath atau Becky Schultz yang sukses menekuni karirnya.

 

2. Penulis

Dengan menjadi seorang penulis, ilmu kesusasteraan dan bahasa ketika kamu kuliah akan menjadi bekal yang sangat berguna. Dalam bidang kepenulisan, tentu kesuksesan Soe Hok Gie atau Aan Masyur bisa dijadikan patokan. Kamu bisa mengikat kontrak dengan beberapa penerbit atau memilih menjadi penulis lepas yang bisa menulis di manapun kamu mau.

Tidak hanya sebatas menulis buku, novel atau cerpen, kamu pun bisa menjadi seorang penulis skenario. Satu lagi profesi dalam bidang menulis yang cukup diminati di era digital ini yaitu content writer dan copywriter.

 

3. Jurnalis

Kamu yang memiliki ijazah bahasa dan sastra juga bisa memilih jenis karir lain, yaitu sebagai jurnalis. Kamu dapat memilih profesi sebagai peliput, wartawan, dan pembaca berita di media cetak maupun elektronik karena penguasaan kemampuan bahasa yang baik.

Meski harus mengikuti seleksi dan bersaing dengan mahasiswa lulusan Fakultas Ilmu Sosial khususnya Komunikasi, kamu tidak perlu khawatir. Mahasiswa lulusan bahasa dan sastra juga bisa bersaing kok. Salah satu yang sukses menjalani profesi jurnalis adalah Barbara Walters meski dia adalah mahasiswa lulusan sastra.

 

4. Tenaga Pendidik

Banyak lulusan sastra yang berkecimpung di dunia kreatif pembuatan film, produksi program tayangan televisi, radio, channel online maupun Production House. Program studi Sastra yang banyak mempelajari seni, kreativitas, dan budaya populer membuat kamu bisa bekerja sebagai tim Kreatif, Asisten Produksi, hingga Produser. Siapa sih yang tidak mengenal Steven Spielberg dan Emma Watson? Mereka itu lulusan jurusan Sastra lho!

 

5. Media Pertelevisian

Banyak lulusan sastra yang berkecimpung di dunia kreatif pembuatan film, produksi program tayangan televisi, radio, channel online maupun Production House.

Program studi Sastra yang banyak mempelajari seni, kreativitas, dan budaya populer membuat kamu bisa bekerja sebagai tim Kreatif, Asisten Produksi, hingga Produser. 

 

6. Penerjemah

Dengan ilmu yang kamu miliki, menjadi penerjemah tentu bisa kamu wujudkan. Kamu bisa menjadi penerjemah tulisan (translator) atau penerjemah lisan (Interpreter).

Profesi penerjemah bahkan bisa membuatmu jalan-jalan keluar negri secara gratis. Interpreter biasanya dicari di acara-acara sekelas internasional. Konferensi internasional di dunia pasti membutuhkan interpreter.

 

7. Lembaga Pemerintah

Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra juga dapat bekerja di Lembaga pemerintah diantaranya Kementrian Dalam Negeri ataupun Kementrian Luar Negeri, Pusat Bahasa, Balai Bahasa, atau kantor-kantor pemerintahan yang membutuhkan konten sosialisasi atau di bagian sekretariatan.

Siapa sangka Mitt Romney yang sempat maju mencalonkan diri sebagai presiden Amerika adalah mahasiswa lulusan sastra?

 

8. Blogger

Meskipun hanya sering dianggap sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, menjadi seorang blogger ternyata mampu menghasilkan uang yang lumayan. Dengan sering menulis di blog dan banyak yang membaca membuat traffic blog menjadi tinggi, dengan begitu kamu bisa memasang iklan (adsense) yang mampu mendatangkan uang.

Diawali dengan menulis blog, mungkin kelak kamu akan menjadi penulis buku ataupun penulis skenario yang sukses. Beberapa penulis populer Indonesia juga mengawali karirnya dari menulis Blog, sebut saja Raditya Dika, Trinity, Agnes Davonar, ataupun Muhammad Assad.

 

Nah, ternyata cukup banyak kan profesi menjanjikan untuk kamu yang lulusan Bahasa dan Sastra? Jadi, nggak perlu takut lagi untuk terjun ke dunia kerja walaupu banyak orang yang meremehkan lulusan jurusan ini. Semangat, Kawan Tunaiku!

 

Yuk, langsung ajukan pinjaman tunaimu di Tunaiku. Klik di sini untuk pengajuan pinjaman yang nggak pakai repot!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett