SWARA – Setiap orang pasti memiliki tujuan hidupnya masing-masing, terutama untuk kehidupan masa depannya. Biasanya, mereka sudah memiliki rencana walau hanya sekadar bayangan atau angan-angan dalam menentukan masa depannya kelak.

 

Merencanakan masa depan memang hal yang mudah, namun untuk merealisasikannya, butuh usaha yang ekstra dalam mencapai rencana atau impian tersebut. Oleh karena itu, butuh beberapa cara dan tips untuk memudahkanmu dalam mencapai sebuah rencana dan juga impianmu.

 

Salah satu impian yang sering dimiliki banyak orang adalah memiliki sebuah rumah pribadi.

 

Setiap orang pasti ingin memiliki tempat bernaung untuk dirinya dan keluarga kecilnya kelak. Karena, rumah juga bisa menjadi tempat di mana mimpi-mimpi bisa terwujud di kemudian hari.

 

Oleh karena itu, memiliki rumah menjadi salah satu hal yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Nah, untuk membeli sebuah rumah, kamu juga tidak perlu menunggu waktu yang lama. Karena, sebuah rumah sudah bisa dibeli oleh seseorang yang berusia 21 tahun.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang strategi memiliki rumah

  1. Memiliki Rumah Pribadi Setelah Menikah Bukanlah Hal yang Mustahil, Ini Tipsnya!
  2. Tips dan Strategi saat Ingin Beli Rumah dari Lelang Bank
  3. Ingin Miliki Rumah dengan DP 0%? Begini Caranya!

 

Buat kamu yang masih berusia muda, tentunya kamu juga sudah bisa memiliki sebuah rumah impian!

 

Nah, berikut adalah beberapa tips sederhana dalam mengelola uang dan juga manajemen diri untuk memiliki sebuah rumah pribadi di usia muda. Boleh dicoba ya, guys!

 

Buat target dari awal

 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat target hidup sejak jauh-jauh hari. Kamu bisa buat target mengenai berbagai aspek dalam kehidupanmu, salah satunya adalah target keuangan.

 

Kamu bisa mulai merancang, bagaimana cara mengelola dan mengalokasikan keuanganmu, serta tentunya cara untuk menabung bagi kehidupan masa depanmu. Dalam hal ini, kamu juga harus sesuaikan targetmu dengan pemasukan yang bisa kamu peroleh setiap bulannya.

 

Jadi, kamu bisa menghitung dan memperkirakan apa saja kebutuhan yang bisa kamu beli dengan uang penghasilanmu. Selain itu, kamu juga bisa menghitung berapa jumlah uang yang bisa kamu tabung untuk masa depanmu.

 

Dalam konteks membeli sebuah rumah, kamu juga bisa membuat impian tersebut sebagai salah satu targetmu. Target ini bisa kamu jadikan sebagai acuan dan motivasi untuk kerja lebih keras lagi demi segera merealisasikannya.

 

Tentukan step-by-step nya

 

Setelah menentukan target, kamu bisa lanjutkan dengan membuat langkah-langkah lanjutan untuk mencapai target tersebut. Langkah-langkah tersebut tentunya harus sesuai dengan potensi dan juga kemampuanmu.

 

Sehingga, kamu bisa menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target dalam membeli rumah impian. Kamu bisa mulai dari menabung, mencari penghasilan tambahan, mencari informasi rumah, mencari informasi KPR, dan langkah-langkah lainnya hingga kamu memiliki sebuah rumah pribadi.

 

Hitung pemasukan dan kemampuanmu

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu harus hitung terlebih dahulu pemasukan dan penghasilanmu dalam setiap bulan. Selain itu, kamu juga harus sesuaikan dengan kemampuanmu dalam memenuhi segala kebutuhanmu.

 

Sebelum kamu memiliki sebuah rumah, pastikan terlebih dahulu bahwa seluruh kebutuhan dasarmu telah terpenuhi. Jadi, jangan sampai impianmu dalam memiliki sebuah rumah justru membuatmu kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarmu.

 

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar kebutuhan dasar yang harus kamu penuhi dalam setiap bulannya. Kemudian, kamu bisa hitung jumlah uang yang dibutuhkan lalu hitung dengan jumlah pemasukanmu dalam satu bulan.

 

Setelahnya, kamu bisa tentukan sejumlah uang yang harus kamu sisihkan untuk ditabung khusus membeli rumah impian. Pastikan sekali lagi, uang tersebut tidak akan mengganggu kebutuhan dasarmu, ya!

 

Buat tabungan khusus untuk membeli rumah

 

Rasanya, kamu perlu membuat sebuah rekening tabungan khusus untuk membeli rumah impian. Hal ini bertujuan supaya uang yang ada di rekening tersebut tidak akan diganggu gugat dalam kondisi apapun.

 

Cari rekening tabungan yang tidak memiliki banyak ATM di sekitar tempat tinggalmu. Tentunya ini menghindarkan kamu untuk menarik uang dari rekening tersebut. Topik tentang memiliki rekening tabungan khusus juga pernah dibahas di artikel Swara sebelumnya, yaitu (https://swara.tunaiku.com/finansial/buka-rekening-lebih-dari-satu-penting-nggak-sih)

 

Dalam membeli sebuah rumah, seseorang pasti akan membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka dari itu, kamu harus mengeluarkan effort yang lebih besar dalam menyisihkan uang ke tabungan khusus ini. Supaya, impianmu lebih cepat tercapai dan juga segera direalisasikan.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang tabungan

  1. Deposito atau Tabungan, Pilih Mana? Apa Bedanya?
  2. 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digital
  3. Sasar Anak Muda, OJK dan Industri Jasa Keuangan Gencar Kampanyekan Program Tabungan dan Investasi

 

Hilangkan kebiasaan buruk mengenai keuangan

 

Nah, selain dari kondisi keuangan, kondisi pribadi juga ternyata bisa memengaruhi keberhasilan seseorang untuk mencapai targetnya, salah satunya untuk membeli rumah impian. Kamu harus bisa bersikap lebih bijak lagi dalam mengalokasikan semua pemasukanmu.

 

Coba mulai hilangkan segala kebiasaan burukmu yang mewajibkanmu untuk menggelontorkan sejumlah uang yang cukup banyak, seperti berbelanja atau ngopi-ngopi cantik di kedai kopi kekinian.

 

Untuk itu, saatnya kamu mulai berubah, dan berusaha untuk lebih berhemat dari sebelumnya!


dhandyDhandy Dwi Yustica