Beranda > Finansial > Deposito atau Tabungan, Pilih Mana? Apa Bedanya?

Deposito atau Tabungan, Pilih Mana? Apa Bedanya?

dhandyDhandy
Deposito atau Tabungan, Pilih Mana? Apa Bedanya?watermark

TUNAIKU.COM – Sebagian orang masih ada yang menganggap bahwa fungsi tabungan sama dengan fungsi dari deposito. Karena, keduanya selalu berada berdampingan di brosur-brosur yang ada di beberapa bank.

 

Selain itu, ada juga yang menganggap deposito adalah salah satu istilah yang digunakan di tabungan secara umum. Hal ini wajar adanya, karena kurangnya sosialisasi mengenai produk-produk yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat.

 

Namun, akhir-akhir ini sudah banyak yang mulai menyadari bahwa terdapat perbedaan dari dua hal tersebut. Perbedaan pertama yang mencolok adalah dari tingkat suku bunga. Mereka sudah mulai tahu bahwa tingkat suku bunga deposito lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Nah, selain itu masih ada beberapa perbedaan dari deposito dan tabungan. Berikut adalah beberapa perbedaannya:

 

1. Waktu penarikan

 

Perbedaan yang cukup mencolok dari deposito dan tabungan adalah sistem penyimpanannya. Deposito memiliki jangka waktu yang telah disepakati, sedangkan tabungan tidak memiliki jangka waktu.

 

Oleh karena itu, deposito tidak dapat diambil sebelum mencapai jangka waktu yang telah ditentukan. Berbeda dengan tabungan, kamu bisa mengambil uang dari tabungan kapanpun dan dimanapun. Bisa juga mengambil uang melalui ATM yang tersebar di beberapa wilayah.

 

Hal ini juga berbeda dengan deposito, kamu harus mengambil uang yang ada di deposito dari kantor bank terdekat, dan harus menggunakan buku rekening tabungan.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang tabungan

  1. Sasar Anak Muda, OJK dan Industri Jasa Keuangan Gencar Kampanyekan Program Tabungan dan Investasi
  2. 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digital
  3. Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Pentingnya Punya Tabungan Darurat Bencana

 

2. Tingkat suku bunga

 

Karena deposito adalah jenis simpanan berjangka, maka tingkat suku bunganya sudah pasti lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Sebagai ilustrasi, jika bunga dalam tabungan biasa hanya berkisar 1%, maka tingkat suku bunga dalam deposito bisa berkisar hingga 7,5%.

 

Selain itu perbedaannya adalah nilai bunga yang dihasilkan dari tabungan, biasanya akan diserap langsung untuk mengganti biaya administrasi. Karena nilainya yang kecil, jumlah uang yang dihasilkan dari nilai bunga bisa langsung habis. Berbeda dengan deposito, walaupun sama-sama terserap untuk biaya administrasi, tetap ada keuntungan yang bisa dirasakan walaupun sudah dikurangi biaya administrasi.

 

3. Jenis produk

 

Karena timbal balik dalam bentuk bunga dari deposito jumlahnya cukup besar, maka deposito masuk kategori investasi, sedangkan tabungan hanyalah simpanan biasa. Deposito bisa disandingkan dengan saham, reksadana, obligasi, properti, dan emas sebagai salah satu bentuk investasi.

 

Artikel Terkait: Fakta menarik tentang jenis-jenis tabungan

  1. Ingin Membuka Tabungan Giro? Ini Manfaat yang Harus Kamu Ketahui
  2. Serba-serbi Tabungan Deposito yang Perlu Kamu Ketahui
  3. Syarat dan Manfaat dari Tabungan Emas, Wajib Tahu!

 

Deposito Menjadi Alternatif Terbaik untuk Investor Pemula

 

Deposito menjadi pilihan yang aman dan minim risiko bagi investor pemula ataupun investor yang sudah pernah berinvestasi. Hal itu menjadi pertimbangan utama bagi para investor, khususnya para investor pemula. Semua orang berhak menjadi investor dengan menyimpan simpanan uangnya ke dalam produk deposito.

 

Deposito sudah tentu memberikan keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tergantung tenor waktu yang sudah disepakati. Selain itu, deposito juga bisa menjadi batu loncatan untuk menjadi media pembelajaran dalam bidang investasi.

 

Memulai dari hal kecil seperti deposito, kamu bisa mengembangkan investasi ke dalam instrumen yang lebih besar. Tapi, yang harus tetap diingat adalah selalu melihat aspek keamanan dalam memilih cara menyimpan uang ataupun berinvestasi.

 

Jadi, menabung dalam tabungan biasa ataupun menyimpan dalam deposito adalah pilihan bagi setiap orang. Sekarang, waktunya kamu yang memilih!

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett