Beranda > Finansial > Buka Rekening Lebih Dari Satu, Penting Nggak Sih?

Buka Rekening Lebih Dari Satu, Penting Nggak Sih?

dhandyDhandy
Buka Rekening Lebih Dari Satu, Penting Nggak Sih?watermark

TUNAIKU.COM – Saat ini, membuka akun rekening di sebuah bank menjadi semakin mudah. Di era serba digital ini, setiap bank sudah memberikan banyak fasilitas dan juga fitur yang memudahkan para masyarakat. Oleh karena itu, sebagian dari kalangan memutuskan untuk memiliki rekening bank dengan jumlah lebih dari satu.

 

Sebenarnya, apa sih yang membuat sebagian kalangan memiliki banyak rekening? Alasan utama yang mendasar adalah sebagai pemisah rekening pribadi dengan rekening penerimaan gaji atau rekening dari hasil wirausaha.

 

Selain itu, pemisahan rekening juga dilakukan untuk menyediakan tempat khusus untuk tabungan, keperluan dana investasi, deposito, dan juga untuk keperluan membuka kartu kredit di bank lain.

 

Khusus untuk keperluan kartu kredit, dengan memiliki rekening pada suatu bank tertentu, hal tersebut dapat membantu untuk membayar cicilan kredit. Pihak perbankan akan lebih mudah dalam menyisir sejarah transaksi dan pembayaran yang telah dilakukan. Hal tersebut yang akan menjadi pertimbangan saat memberikan skema pembiayaan sesuai yang diajukan.

 

Artikel Terkait: Fakta menarik tentang rekening tabungan

  1. Ini Jumlah Rekening di Bank yang Harus Kamu Punya dan Kegunaannya
  2. Berapa Sebaiknya Rekening yang Kita Miliki? Lihat Jawabannya di Sini
  3. 6 Tahapan Membuka Rekening Saham, Begini Langkahnya

 

Hasil riset menunjukkan…

 

Dilansir dari Kontan, terdapat riset yang meneliti kategori usia dengan jumlah rekening yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan oleh Inside ID pada semester pertama 2016, dan dilakukan terhadap 693 responden.

 

Hasil riset menunjukkan bahwa setidaknya 7 dari 10 responden memiliki lebih dari satu rekening bank. Riset ini berhasil menunjukkan bahwa sebanyak 68% responden memiliki lebih dari satu rekening tabungan di bank.

 

Berdasarkan kategori usia, didominasi oleh orang-orang yang berusia 45-54 tahun, sebanyak 36%. Sedangkan, berdasarkan jumlah kepemilikan rekening tabungan, didominasi oleh responden yang memiliki tiga rekening tabungan sebanyak 21%.

 

Memiliki lebih dari satu rekening tabungan dapat berimbas pada penempatan keuangan yang lebih terarah dan terorganisir. Hal inilah yang membuat sebagian orang mengambil alternatif ini sebagai solusi pengaturan keuangan mereka.

 

Oleh karena itu, berikut adalah 3 poin penting yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk memiliki rekening tabungan lebih dari satu.

 

1. Pentingnya mengelola rekening dengan baik

 

Sebelum kamu memutuskan untuk menambah akun rekening tabungan, kamu harus berkomitmen untuk bisa mengelolanya dengan baik. Karena ada kemungkinan terjadi masalah jika kamu tidak bisa mengaturnya.

 

Kamu harus paham betul apa yang benar-benar kamu butuhkan, jadi kamu bisa menentukan jenis rekening apa yang harus kamu buat. Setelah itu, jangan tergiur dengan promo menarik saat membuka rekening baru, karena kamu harus benar-benar tahu apa saja fitur dalam rekening tersebut yang bisa memberikan keuntungan bagimu.

 

2. Jenis-jenis rekening yang bisa kamu miliki

 

Terdapat beberapa jenis rekening yang bisa kamu miliki, antara lain :

 

a. Rekening Utama

 

Rekening utama adalah rekening yang wajib kamu miliki. Rekening ini berguna untuk kamu dalam bertransaksi untuk kehidupan sehari-hari, seperti biaya makan, biaya tempat tinggal, transportasi atau biaya belanja bulanan. Kamu harus selalu menyisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk rekening utama ini.

 

Untuk jenis rekening ini, pilihlah bank yang memiliki mesin ATM yang terjangkau dan tersebar di banyak tempat. Hal ini tentunya memudahkan kamu dalam transaksi pembayaran. Berkaca pada pengalaman bulan-bulan sebelumnya, kamu harus hitung berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan untuk disimpan dalam rekening utama ini.

 

b. Rekening Tabungan

 

Rekening tabungan pribadi berfungsi sebagai wadah simpanan untuk masa depan. Penghasilan yang diperoleh setiap bulannya, harus segera disisihkan untuk disimpan dalam rekening tabungan ini. Kamu bisa berkomitmen untuk tidak akan mengusik sedikitpun uang yang ada di dalam rekening ini, karena ini menjadi modal untuk masa tuamu.

 

c. Rekening Darurat

 

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Rekening ini diperuntukkan untuk setiap kejadian yang sifatnya darurat. Kamu bisa menyisihkan uang dari penghasilanmu tiap bulan dengan persentase yang cukup besar ke rekening ini. Hal itu dilakukan sebagai pengawas pribadi supaya tidak berbelanja berlebihan.

 

Kamu bisa memilih jenis rekening dari bank yang sulit ditemui mesin ATM nya. Dengan demikian, kamu tidak akan menggunakan uang di rekening tersebut secara sembarang atau asal. Rekening ini pastinya akan membantumu saat terjadi keadaan darurat, jadi kamu tidak perlu kelabakan mencari dana saat terjadi keadaan darurat.

 

d. Rekening Dana Investasi

 

Buat kamu yang ingin lebih mengembangkan potensi keuangan pribadi, kamu bisa mencoba untuk berinvestasi. Beragam cara tersedia untuk kamu dalam berinvestasi. Nah, untuk itu kamu harus membuat rekening khusus sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

 

Salah satu cara paling mudah adalah membuka tabungan deposito di suatu bank. Untuk membuka tabungan deposito, tentunya kamu harus membuka akun rekening pada bank tersebut. Tabungan deposito ini tentunya sangat menguntungkan bagimu, karena keuntungannya lebih terasa dibanding menabung di rekening biasa.

 

Keuntungan dari tabungan deposito ini bisa kamu gunakan untuk merealisasikan impianmu, seperti membeli rumah, kendaraan bermotor, atau liburan bersama dengan keluarga.

 

e. Rekening Lifestyle

 

Rekening ini dibuat khusus untuk melampiaskan hasrat kesenanganmu. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu ke rekening ini untuk berbelanja baju, nongkrong bersama teman-teman, pergi ke salon, dan hal-hal “hedon” lainnya.

 

Disarankan untuk tidak menyisihkan penghasilanmu dalam persentase yang besar ke rekening ini. Harus selalu diingat, masih banyak kebutuhan yang menjadi prioritas, selain untuk berbelanja dan bersenang-senang.

 

Artikel Terkait: Tips khusus lifestyle, bisa kamu coba!

  1. Masih Muda Tapi Banyak Cicilan, Wajar Nggak, Sih?
  2. 10 Cara Ubah Lifestyle dan Bikin Pengeluaran Bulanan Lebih Hemat
  3. Kamu Hobi Foto-foto atau Selfie? Ini Dia 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Sepanjang 2018

 

3. Manfaat memiliki rekening lebih dari satu

 

Beberapa rekening yang telah kamu buat akan berguna di masa depan. Dengan strategi pemisahan tabungan, kamu akan bisa mengelola keuangan tersebut dengan lebih mudah dan terorganisir.

 

Semakin pintar seseorang dalam mengelola uang di setiap rekeningnya, semakin terjamin pula kehidupan di masa yang akan datang. Selain itu, pemisahan rekening berguna sebagai tameng untuk menahan diri dari membelanjakan uang untuk keperluan-keperluan yang tidak terlalu penting.

 

Jadi, sangat penting memisahkan penghasilan di beberapa rekening yang memiliki tujuan masing-masing. Hal ini tentunya akan memudahkan hidupmu untuk saat ini, esok hari, dan juga masa yang akan datang.

CTABARU1

Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett