Beranda > Gaya Hidup > 9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tangga

9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tangga

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
9 Tips Belanja Cerdas untuk Keperluan Rumah Tanggawatermark

TUNAIKU.COM – Bagi sebagian orang, belanja bulanan merupakan salah satu ritual yang cukup seru. Namun ada pula yang sering menghindar dan malas apabila diminta berbelanja.Pasalnya, nggak semua orang terampil berbelanja cerdas. Beberapa orang bahkan punya sifat impulsif sehingga banyak membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan utama.

 

Nah, kamu termasuk yang sering mengalami hal seperti ini?Berikut ini ada tips-tips untuk kamu yang selalu haus mata saat sedang belanja keperluan rumah.

 

1. Pilih belanja mingguan

Kalau kamu belanja sebulan sekali, barang belanjaan  yang ingin dibeli pasti membludak. Akhirnya kamu juga jadi kebablasan membeli barang yang sebenarnya nggak perlu. Dengan belanja mingguan, kamu bisa jadi lebih fokus untuk membeli barang yang seharusnya kamu beli. Kalau seminggu sekali dirasa terlalu cepat, dua minggu sekali pun nggak masalah.

 

2. Buat daftar belanja

Sudah jelas. Dengan membuat daftar belanjaan, kamu jadi ingat barang yang harus kamu beli. Kalau perlu, sekalian tulis daftar harga barang yang ingin kamu beli beserta budgetnya dalam tunai, sehingga kalau kamu mau beli yang aneh-aneh, seenggaknya hanya hal-hal remeh yang nggak terlalu mahal.

 

Artikel terkait: Kesalahan dalam mengatur keuangan

  1. 7 Kesalahan Kaum Millennial dalam Mengatur Keuangannya
  2. Kurang Jago Mengatur Keuangan? Simak 7 Cara Anti Boros dalam Menggunakan Kartu Kredit Ini
  3. Memasuki Usia 30 Tahun? Simak 6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan yang Paling Sering Kamu Lakukan!

 

3. Prioritaskan barang sesuai kebutuhan

Kalau memang nggak tahan ingin membeli barang yang sebenarnya nggak penting-penting amat, belilah barang yang berguna. Misal, kamu lapar mata akan pakaian-pakaian yang menarik, belilah sweater atau kaos lengan panjang, yang sekiranya bisa kamu gunakan sebagai penghangat di saat musim hujan nanti.

 

4. Pertimbangkan sebelum membeli

Ketika kamu menemukan barang yang ingin kamu beli, coba kamu evaluasi lagi. Apakah kamu benar-benar butuh? Apakah akan dipakai dalam waktu dekat? Kira-kira kalau nggak sedang diskon, apakah saya akan membelinya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa membuat kamu mengurungkan niat untuk membeli sesuatu yang nggak berguna.

 

5. Manfaatkan voucher atau diskon

Sebelum tertarik membeli suatu barang karena sedang didiskon, coba kamu ingat-ingat atau cek di internet, apakah harga yang diberikan benar-benar harga diskon atau nggak. Karena kadang banyak toko yang menaikkan dulu harga barangnya lalu kemudian didiskon. Voucher pun seperti itu, daripada hanya kamu simpan di dompetmu saja, sesekali pakai nggak ada salahnya, lho.

 

6. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Pikir lagi baik-baik, apakah kamu membutuhkan barang ini, atau hanya menginginkannya saja? Kalau kamu nggak bisa memikirkan ingin dipakai di mana dan untuk apa barang yang ingin kamu beli dalam waktu cepat, kemungkinan besar itu hanyalah keinginan semata.

 

Artikel Terkait: Coba berinvestasi sejak muda

  1. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials
  2. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!
  3. Reksa Dana, Saham, Properti: 3 Jenis Investasi yang Cocok bagi Anak Muda. Simak Untung-Ruginya!7.

 

7. Nggak perlu beli stok makanan

Stok mie instan di rumah masih sisa beberapa bungkus dan kamu ingin membeli satu kardus lagi mumpung sedang belanja bulanan? Jangan! Nggak usah. Memang kamu yakin sisa beberapa bungkus mie itu akan habis dalam waktu dekat?

 

8. Berbelanja sendirian

Berbelanja sendirian, dengan membawa daftar belanjaan tentunya, akan jauh lebih menahan niatmu untuk membeli barang yang nggak kamu perlukan ketimbang berbelanja bersama orang lain.

 

9. Berbelanja dalam keadaan kenyang

Percaya atau nggak, kalau kamu sedang lapar saat berbelanja, tingkat lapar mata kamu juga akan meningkat. Makanlah yang banyak sebelum kamu mulai berbelanja. Toh kalau kamu sudah kenyang, bawaannya ingin cepat-cepat pulang dan beristirahat, kan?

 

Itu tadi tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menekan keinginan berbelanjamu. Semoga berhasil ya!

 

Mau pinjam uang tunai tanpa agunan, tanpa kartu kredit? Yuk, langsung ajukan pinjaman kamu di sini!

cta2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett