Beranda > Gaya Hidup > Tips Cerdas dan Bijak dalam Berbelanja Online Jelang Raya

Tips Cerdas dan Bijak dalam Berbelanja Online Jelang Raya

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips Cerdas dan Bijak dalam Berbelanja Online Jelang Rayawatermark

TUNAIKU.COM – Menjelang perayaan event-event khusus seperti hari raya, Tahun Baru Cina, hari kemerdekaan, toko-toko akan memberikan sale besar-besaran. Itu nggak hanya terjadi pada toko offline saja, tapi juga toko online. Enggak heran kalau saat buka sosial media, tahu-tahu ada promo khusus buat mereka yang lahir di Bulan Agustus, serba diskon 73% (sesuai usia kemerdekaan), dan lain sebagainya.

 

Dengan bertebaran diskon semacam ini, kalau nggak bisa mengontrol diri alamat jadi kalap. Alhasil barang yang sebenarnya enggak dbutuhkan pun dibeli, akhirnya jadi boros dan defisit. Untuk itu, kamu perlu cerdas dalam berbelanja online, ya.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar diskon yang harus kamu ketahui

  1. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan
  2. Gemar Belanja? Ini Fakta Gelap Barang Diskonan yang Harus Kamu Tahu!
  3. 7 Hal yang Dianggap Sepele dan Bisa Membahayakan Keuangan, Waspada!

 

Enggak bisa dipungkiri kalau berbelanja online jadi salah satu solusi yang menjawab kondisi saat ini. Nah, biar tetap cerdas saat menghadapi diskon menjelang hari-hari raya, kamu perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

 

1. Lihat kebutuhan

Biar enggak kalap, sebelum membuka situs belanja online, pastikan kamu membuat list kebutuhan. Tentu list ini berangkat dari perhitungan keuangan sampai akhirnya kamu mendapatkan jumlah nominal dana yang tersedia. Nah, barulah kamu membuat list apa saja yang harus dibeli di waktu dekat dengan besaran nominal tadi.

 

2. Kuasai diri

Dengan berpatokan pada list kebutuhan dan dana di atas, kamu pun bisa lebih menguasai diri. Kalau kamu mulai tergoda, lihat lagi apakah barang tersebut masuk dalam kebutuhanmu yang urgent atau tidak. Apabila masih enggak mempan, lihat dana yang tersedia. Kalau memang ternyata memang dananya enggak ada, jangan lantas memaksakan diri menggunakan kartu kredit, ya.

 

3. Bandingkan harga

Salah satu keuntungan belanja online adalah kamu enggak perlu capek dan repot keliling toko membandingkan harga. Dengan bermodalkan kuota internet dan smartphone, kamu bisa melihat beragam situs yang menjual barang dengan spesifikasi sama. Kamu bisa melakukannya di rumah sambil tiduran tanpa perlu berkeliling toko. Kesempatanmu untuk mendapatkan harga yang lebih murah dengan spesifikasi sama pun jadi lebih besar. Namun, pastikan harga miring tadi tanpa ketentuan yang bisa menambah biaya, ya.

 

Artikel terkait: Manfaat media sosial

  1. Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!
  2. Ternyata, Begini Media Sosial Memberi Pengaruh Terhadap Kariermu!
  3. 8 Langkah Mudah Sukses Menjadi Social Media Influencer

 

4. Baca ketentuan

Apabila kebetulan toko online yang kamu temui memberikan penawaran promo, pastikan kamu membaca detail ketentuan dari promo tadi. Sebagai contoh, masa berlaku promo dan sarat khusus minimal pembayaran. Jangan sampai promo tadi menjadikanmu mengeluarkan uang lebih karena harus membeli barang lainnya, ya.

 

5. Spesifikasi barang

Bedanya membeli online dengan offline adalah kamu enggak benar-benar melihat dan menyentuh barang yang ingin kamu beli. Kalau kamu mau membeli sepatu melalui online, kamu nggak bisa mencobanya apakah pas di kakimu atau tidak. Sedangkan setiap ukuran di toko online berbeda-beda. Ukuran 37 di toko A belum tentu sama dengan 37 di Toko B. So, kamu harus memastikan benar-benar, ya. Enggak papa kok kalau kamu aktif bertanya pada penjualnya.

 

6. Keamanan

Tentu kamu enggak ingin kan terkena kejahatan siber? Untuk itu kamu bisa berbelanja pada platform besar yang terpercaya karena memiliki tingkat keamanan yang baik. Biasanya sih, situs yang aman adalah situs yang menggunakan alamat https atau terdapat icon gembok pada bar alamat.

 

7. Toko terpercaya

Bahkan sampai sekarang saya masih sering dengar cerita dari teman yang tertipu saat berbelanja online. Pastikan kamu membeli di toko terpercaya, ya. Caranya adalah dengan mengecek testimoni pembeli.

 

Itu dia yang harus kamu perhatikan saat berbelanja online. Pastikan mulai sekarang kamu nggak kalap saat berselancar di dunia maya, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett