Beranda > Gaya Hidup > Pola Asuh yang Tepat Agar Anak Bungsu Tidak Menjadi Manja

Pola Asuh yang Tepat Agar Anak Bungsu Tidak Menjadi Manja

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Pola Asuh yang Tepat Agar Anak Bungsu Tidak Menjadi Manjawatermark

TUNAIKU.COM – Manja dan egois. Kurang lebih itulah penilaian yang melekat pada anak bungsu. Apalagi kalau si bungsu adalah satu-satunya perempuan dari saudara laki-laki. Pastilah dia akan malas dan kurang mandiri daripada kakak-kakaknya.

 

Sebenarnya, nggak selalu kok anak bungsu itu manja. Semua kembali pada pola asuh orang tua dan keluarga. Yap, pola asuh dan perlakuan keluarga sangat berpengaruh di sini.

 

Artikel terkait: Panduan dalam mengasuh buah hati

  1. Jurus Kompak Besarkan Anak Bersama dengan Mertua
  2. Moms, Hindari Beberapa Kalimat Negatif Ini yang Bisa Menjatuhkan Mental Anak
  3. Anak Sudah Remaja? Ini Dia Tips untuk Mempererat Hubungan dalam Keluarga

 

Tentu kamu ingin berhasil mendidik anak sulung hingga bungsu. Pastilah kamu menginginkan si bungsu bisa semandiri si sulung. Beberapa pola asuh dan perlakuan yang bisa kamu berikan meliputi:

 

1. Jangan selalu membantu si kecil

Niatnya sih ingin membantu. Namun, kalau terlalu sering jadinya si anak ya manja. Yang seharusnya mandiri bisa melakukan sendiri, sedikit-sedikit jadinya minta bantuan bunda. Lama-lama si bungsu bisa manja beneran.

 

2. Jangan selalu menuruti keinginannya

Selalu menuruti apa yang diinginkan si bungsu membuatnya jadi ketagihan. Akhirnya, di kemudian hari dia jadi suka minta ini-itu dan kalau nggak dituruti jadi menangis. Lama-lama dia pun menjadi cengeng dan manja.

 

3. Jangan turuti semua keinginannya

Sebagai orang tua, kamu harus bisa pilah-pilah mana keinginan anak yang bisa kamu turuti dan tidak. Karena, kalau semua yang dia inginkan dituruti, nantinya dia jadi ketagihan. Dan kalau swaktu-waktu ada permintaan yang nggak terpenuhi dia pun merajuk.

 

4. Selalu jaga komunikasi

Anak yang manja biasanya karena kurang perhatian dari orang tuanya. Kurang perhatian ini bisa disebabkan karena orang tua bekerja dan baru pulang saat malam hari. Ya sebenarnya sah-sah saja orang tua bekerja. Asalkan sampai rumah selalu menyambung komunikasi dengan buah hati. Sebagai contoh, bertanya dan minta si anak bercerita kegiatannya seharian, dari sekolah, pulang, atau cerita lainnya.

 

5. Ajak diskusi

Mungkin selama ini kamu sudah sering mengajak si sulung untuk berdiskusi. Ada saja hal-hal yang biasa kalian diskusikan seperti rencana liburan di akhir pekan, menu masakan, pertimbangan pemilihan pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan melibatkan si bungsu dalam kegiatan diskusi, seperti pemilihan sekolah, dia pun jadi bisa berpikir lebih dewasa. Sifat manja akhirnya jadi bisa dihindari.

 

Artikel terkait: Persiapan dalam pendidikan anak

  1. Anak Pilih Kuliah di Luar Kota?6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan dengan Baik
  2. 3 Tipe Orang Tua dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak, Kamu yang Mana?
  3. 4 Tips Merencanakan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

 

6. Beri amanah

Cara agar si bungsu terhindar dari sifat manja adalah dengan memberinya amanah. Jadi sekarang nggak hanya si sulung saja yang diberikan amanah, si bungsu juga. Amanah di sini bisa dimulai dari hal-hal yang mudah, seperti menyapu lantai depan rumah setiap sore, mencuci piring sendiri, bertanggung jawab pada kebersihan kamar, dan lain sebagainya.

 

Itu dia pola asuh yang sebaiknya diterapkan untuk si bungsu agar mereka terhindar dari sikap manja. Sebenarnya cukup mudah. Intinya perlakuan antara bungsu dengan sulung haruslah sama.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett