Beranda > Karier Sukses > Anak Pilih Kuliah di Luar Kota?6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan dengan Baik

Anak Pilih Kuliah di Luar Kota?6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan dengan Baik

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Anak Pilih Kuliah di Luar Kota?6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan dengan Baikwatermark

TUNAIKU.COM – Mengizinkan anak untuk kuliah di luar kota, merupakan keputusan yang nggak mudah. Dibandingkan dengan kuliah di daerah sendiri, anak kuliah di luar kota bakal menemui pengalaman dan tantangan baru. Selain adaptasi terhadap lingkungan baru, kemandirian dan inisiatif untuk dapat menyelesaikan masalahnya sendiri juga diuji.

Sebagai orang tua yang baik mendukung keinginan anak untuk kuliah di luar kota dan mengejar cita-citanya menjadi kewajiban. Semua segi baik dari keuangan dan dukungan moril harus maksimal diberikan sehingga anak pun yakin dan tidak setengah berusaha. Untuk mempersiapkan keperluan kuliah seperti ini maka ada banyak yang harus diperhatikan.

Agar anak semakin semangat menimba ilmu di luar kota maka perhatikan beberapa hal penting sebagai persiapan. Simak ya!

 

Artikel terkait: Persiapkan jenjang karirmu setelah kuliah dengan berbagai informasi ini yuk!

  1. Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa? Ini Dia 5 Tipsnya!
  2. Pilih Kuliah D3, Ini 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Banyak Dicari
  3. Lulus D3, Lebih Baik Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja?

1. Tidak memaksa dan sesuai dengan kemampuan anak

Ini merupakan poin penting yang wajib dipertimbangkan oleh orang tua. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses dan membawa gelar sarjana dengan tepat waktu. Pastikan anak memang memilih kampus pilihannya dan biarkan ia bertanggung jawab untuk mengikuti proses perkuliahan tanpa paksaan. Masa ini menjadi pembuktian anak bertangung jawab dengan pilihannya. Kesempatan ini biasanya digunakan sebaik-baiknya asal orang tua memberikan kepercayaan dan dukungan penuh.

2. Memilih jurusan yang diminati anak

Komunikasikan lebih lanjut tentang jurusan yang diminati oleh anak. Pastikan bahwa jurusan yang dipilih sesuai dengan kemampuan dan benera-benar diinginkan anakmu. Cari tahu juga gambaran tentang dunia perkuliahan di jurusan tersebut. Toh, walaupun dipisahkan oleh jarak, orang tua masih bisa mengawasinya dengan berbagai cara.

3. Biaya kuliah yang tidak membebani

Memilih kuliah di luar kota bakal memakan biaya yang lebih tinggi. Bijaknya sebagai orang tua ikut berkontribusi mencari informasi dan survei tentang biaya kuliah tiap universitas dan jurusannya. Selain biaya kuliah, persiapkan hitungan untuk membiayai kebutuhan pokok anak seperti uang saku, makan, asrama yang akan di sewa atau indekos.Hal ini perlu juga secara transparan diungkapkan kepada anak agar anak tahu kondisi finansial sehingga tahu batasan penggunaan uang.

4. Hitung semua kebutuhan anak saat kuliah

Bantu anakmu mencari berbagai kebutuhan kuliah. Mulai dari kebutuhan akademik sampai kebutuhan pokok anak seperti kuota internet, kost,asrama dan transportasi. Biaya hidup cukup bervariasi. Semua informasinya bisa kamu akses di internet. Berikan uang pegangan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan anak.

5. Siapkan anak untuk mandiri

Keluar dari zona nyaman, hidup di luar kota kota tanpa orang tua, mungkin akan berat dijalani oleh anak. Sebelum memutuskan, yakinkan lagi apakah anak mu sudah siap dan mampu untuk menyelesaikan urusannya sendiri. Sebab, kedepannya waktu bertemu kalian cukup singkat dan kamu nggak bisa mengawasi anak sepanjang hari.

6. Mengajari pola hidup hemat

Meskipun jauh dari orang tua, anak perlu dikenalkan dengan kebiasaan berhemat. Karena, nantinya anak dituntut untuk bisa menelola keuangannya sendiri. Sebagai orang tua, kamu perlu tahu bahwa biaya hidup tergantung gaya hidup lho. Latih lah anak untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan dan mengontrol setiap keinginannya.

Alangkah baiknya jika segala sesuatunya disiapkan sejak awal, sehingga kamu juga punya waktu untuk membantu anak untuk mengatur dan menyediakan segala kebutuhan anakmu. Semoga bisa terencana dengan baik dan lancar ya!

 

Artikel terkait: Kiat-kiat sederhana mengatur keuangan dalam keluarga

  1. Ajarkan Anak Cara Mengelola Uang dengan Baik Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini!
  2. 8 Keterampilan Wirausaha Yang Bisa Kamu Ajarkan Pada Anak Sejak Dini
  3. 10 Cara Menghindari Masalah Keuangan Dalam Keluarga Muda

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett