Beranda > Gaya Hidup > 10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Smartphone-mu

10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Smartphone-mu

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
10 Aplikasi Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Ada di Smartphone-muwatermark

TUNAIKU.COM – Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Mungkin saja, hal ini jadi urusan remeh bagi kamu yang telaten dan konsisten. Namun, buat saya yang susah banget menabung, mengatur keuangan jadi salah satu masalah yang sulit dipecahkan.

 

Sudah saatnya mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai, saya ”tergerus zaman” lantaran gagap teknologi. Lagi pula, aplikasi keuangan sudah menjamur, masih nggak berminat juga?

 

Sekarang, saya beralih ke aplikasi smartphone untuk mengatur uang. Nggak perlu repot menghitung pakai kalkulator lagisoal pengeluaran dan pemasukan tiap bulannya.

 

Kalau ada aplikasi sebagus ini, kenapa harus repot-repot bikin catatan di buku? Nah, bagi yang tertarik, saya punya, lho, 10 rekomendasi aplikasi terbaik untuk smartphone.  

 

Artikel Terkait: Kiat Merintis Bisnis

  1. 7 Kiat Berbisnis Walt Disney yang Patut Ditiru Semua Wiraswasta
  2. Bagi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Mulai Bisnis Online Shop, Pahami 5 Hal Ini Dulu Ya
  3. Pendiri ‘Di Bawah Pohon’: 4 Tips Merintis Bisnis Barbershop di Indonesia.

 

1. Ebates

Kamu bisa, lho, membelanjakan uang secara cerdas dengan memakai aplikasi Ebates. Setiap kali kamu belanja, bisa dapat cashback yang berasal dari 2,000 retailer. Dengan begini, kamu bisa tetap dapat untung meski membelanjakan uangmu.

 

Syaratnya, kamu harus log in akun terlebih dulu di Ebates. Dari sini, bisa langsung dapat cashback sebesar US$10. Mulailah berbelanja seperti biasanya di retailer yang kamu inginkan. Bakal banyak penawaran dari pertokoan, situs wisata, butik, dan lain sebagainya. Inilah contoh belanja cerdas versi Ebates, bisa dapat cashback atau kupon belanja!  

 

2. Mint

Aplikasi Mint cukup unik, lho. Mengapa? Karena aplikasi ini bisa terhubung ke rekeningmu. Dengan satu aplikasi personal ini, kamu bisa memanfaatkan  banyak sekali fitur.

 

Seperti untuk mengecek tagihan skor kartu kredit, waktu jatuh tempo, membuat laporan pengeluaran, hingga mengetahui berbagai tips keuangan. Kalau kamu ada masalah menabung, Mint akan kasih solusi yang paling relevan.

 

3. Credit Karma

Buat kamu yang ingin memonitor skor kredit dan profil keuangan, nggak ada salahnya mencoba Credit Karma. Sebenarnya, kamu bisa, sih, mendapatkan info ini dari bank penerbit. Namun, sering kali kamu dikenakan biaya tambahan untuk mengaksesnya.

 

Nah, dengan Credit Karma, kamu nggak perlu lagi mengeluarkan biaya. Soalnya, aplikasi ini tersedia secara gratis. Cukup menginstal Credit Karma di smartphone, kamu bisa mengetahui seluruh informasi skor kreditmu, lho.

 

Namanya memang sedikit seram, ya. Namun, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya, soal saran bagaimana memperbaiki kesehatan keuangan dan cara tepat mengelolanya.  

 

Selalu pantau sirkulasi kartu kredit biar keuangan selalu aman tanpa ada yang telat bayar, bahkan overlimit.

 

4. Good Budget

Bagi yang suka belanja, kayaknya wajib punya aplikasi Good Budget. Dari aplikasi ini, bakal ketahuan nominal uang yang sudah kamu belanjakan. Nah, lantaran terhubung dengan kartu kredit dan rekening, semua pengeluaranmu bisa terpantau secara jelas dan lengkap.

 

Ya, meski beda penyimpanannya, bisa dicek dengan satu aplikasi saja. Kamu bisa lebih mudah mengatur bujet kalau selalu tahu pemasukan dan pengeluaranmu secara rinci.

 

5. Wealthfront

Investasi tanpa strategi sama halnya perang tanpa senjata. Percuma saja ngelawan, kalau nggak ada senjata buat membela diri, kan? Nah, sama juga dengan investasi. Kalau kamu nggak jago bikin strategi, bukannya untung, malah rugi yang bakal kamu dapat.

 

Serahkan segala hal kerumitan strategi investasi pada aplikasi keuangan bernama Wealthfront. Aplikasi ini bakal membimbingmu untuk jadi kaya raya dari investasi.

 

Awalnya nih, kamu akan diminta untuk mengisi informasi seputar pemasukan (gaji), usia, sampai target uang pensiun. Nantinya, Wealthfront akan membantu menganalisis kira-kira investasi apa sih yang minim risiko. Secara periodik, bakal ada strategi baru yang ditawarkan padamu sesuai dengan kondisi keuanganmu.

 

Investasi nggak lagi bikin pusing, kamu tinggal duduk cantik nungguin pundi-pundi harta masuk ke rekeningmu.

 

6. Personal Capital

Mengelola semua akun keuangan bakal jauh lebih sulit dari menabung. Bayangin nih, kamu dituntut harus tahu status pembayaran kartu kredit, cicilan rumah, sampai deposito agar terkontrol dengan baik. Jadi, memang butuh tenaga ekstra buat mengelolanya.

 

Aplikasi gratis bernama Personal Capital ini akan menjadi penyelamatmu untuk membantu mengelola semua akun keuanganmu. Nanti, semua akun keuanganmu akan digabung dalam satu dashboard. Kamu jadi lebih mudah untuk mengawasi dan trekking pembayaran ataupun pemasukan penghasilan.

 

Fitur tambahan dari Personal Capital adalah bisa membantu untuk mengatur bujet, memonitor uang investasi, sampai membantu rencanamu untuk pensiun. Aplikasi ini memang dewa banget!

 

7. Level Money

Satu lagi aplikasi spesial untuk kamu yang suka hedon, nih! Kamu wajib hukumnya untuk mengunduh Level Money dan menginstalnya di smartphone. Dengan bantuan Level Money kamu bisa tahu level kehedonanmu. Artinya, semua uang yang kamu hambur-hamburkan akan dicatat oleh aplikasi ini.

 

Sisi baik dari aplikasi ini adalah akan memberi solusi untuk masalah keuanganmu. Setelah menganalisis  kebiasaan belanjamu, bakal dicari solusi yang paling sesuai. Selaini tu, aplikasi ini juga akan memberitahumu, apa saja bujet pengeluaran yang paling menguras keuangan.

 

8. Digit

Alasan utama saya malas menabung adalah karena merasa repot untuk mengurusnya. Seperti harus menyisihkan gaji tiap bulan sampai menghitung bunga tabungan agar sesuai target.

 

Alhasil, meski udah diniatin berkali-kali, suka menyerah di tengah jalan. Duh, ini nabung saja ribet banget, sih? Nah, kalau kamu punya masalah serupa, serahkan saja soal pengelolaan keuangan ini pada aplikasi Digit.

 

Aplikasi tanpa biaya admin ini punya tugas utama sebagai pengawas sekaligus pengelola keuanganmu. Setiap beberapa hari sekali, aplikasi ini akan menyembunyikan gajimu pada akun penyimpanan.

 

Tanpa disadari, kamu pun punya uang tabungan berkat bantuan dari Digit. Digit juga dilengkapi dengan logaritma yang mumpuni, sehingga kamu tinggal leha-leha saja dan Digit lah yang bakal mengatur keuanganmu agar selalu seimbang.

 

9. Acorns

Main saham itu nggak bisa sembarangan. Udah berapa banyak teman saya yang tumbang main saham karena memang betul-betul kesulitan. Kalau memang masih awam tentang saham dan tetap tertarik untuk investasi ini, kamu bisa pakai aplikasi Acorns.

 

Acorns akan membantumu menjadi seorang investor. Ya, meski dengan modal utama senilai beberapa ratus ribu doang. Aplikasi ini punya sistem otomatis yang bisa beroperasi untuk investasi saham. Kamu nggak lagi sibuk untuk memantau tren pasar agar bisa dapat untung.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Investasi

  1. Ingin Berinvesitasi tapi Tidak Tahu Caranya? Pahami 6 Hal Ini
  2. 3 Tipe Orang Tua dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak, Kamu yang Mana?
  3. Ingin Investasi Tas Bermerek dengan Harga Mahal? Pahami Dulu 5 Hal Ini

 

10. BillGuard

Kejahatan digital makin marak. Kamu pun perlu untuk melindungi beberapa instrumen keuanganmu. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi BillGuard. BillGuard bakal memantau semua transaksi yang kamu lakukan.

 

Kalau ada yang nggak wajar, nanti akan ada laporannya. Jadi kamu bisa mengantisipasi kalau ada pencurian identitas, rekening atau kartu kredit. Jika sampai ada nih yang melakukan pembelanjaan illegal dengan rekeningmu, bisa langsung ketahuan.

 

Udah banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur keuanganmu. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett