SWARA – Hidup memang seperti roda, kadang di atas, kadang di bawah. Begitu juga dengan keadaan finansial kamu. Ya, kamu nggak tahu kapan nasib akan berubah dan kamu membutuhkan dana lebih untuk kebutuhan yang mendesak.

Menggadaikan aset mungkin bisa jadi salah satu cadangan dana darurat kamu. Selain properti, mungkin menggadaikan mobil adalah cara paling aman yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan dana yang kamu butuhkan. Gadai BPKB Mobil akan memberi kamu kemudahan kalau kamu lagi butuh dana tunai tapi nggak punya aset lain yang bisa dijadikan jaminan.

Syaratnya juga nggak seribet gadai sertifikat tanah. Tinggal siapkan saja persyaratan yang dibutuhkan, biasanya kamu harus menyediakan fotokopi KTP, BPKB mobil, dan dokumen pendukung lainnya. Pihak pemberi pinjaman biasanya akan melihat kondisi fisik mobil kamu sebelum mencairkan dananya.


Walaupun begitu, gadai BPKB mobil nggak berarti kamu bisa menyepelekan prosesnya. Kalau kamu nggak teliti atau teledor dalam perencanaan, bisa saja mobil kesayangan kamu malah disita pihak pemberi pinjaman.Nah, buat kamu yang punya rencana untuk gadai BPKB mobil kamu, tunaiku akan membagi tips-tips biar kamu nggak rugi atau tertipu. Berikut 5 tips gadai BPKB mobil yang tepat dan aman.

 

1. Pilih perusahaan yang kredibel

Kesalahan sering dilakukan orang yang panik, apalagi panik karena butuh dana. Dan yang paling sering terjadi adalah lalainya mereka memilih perusahaan penyedia dana.

Walau banyak perusahaan yang mau memberi pinjaman dana dengan BPKB mobil sebagai jaminan, kamu harus pilih perusahaan yang tepercaya, memiliki rekam jejak yang bagus dan yang paling penting, terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Pastikan kamu menyerahkan surat berharga kamu di tempat yang aman.

2. Pilih bunga yang paling kecil

Penyedia dana menawarkan bunga dengan besaran yang bervariasi, tergantung perusahaan dan fasilitas yang kamu dapat. Nggak lucu jika kamu harus membayar bunga yang besar untuk jumlah pinjaman tidak seberapa. Pastikan kamu mengambil besaran bunga yang paling kecil. Selalu baca dengan teliti setiap penawaran dana di perusahaan penyedia dana yang ingin kamu pakai, lewat online juga bisa.

 

Artikel terkait: Mempersiapkan masa depan

  1. 7 Alasan Harus Menabung Sejak Remaja agar Masa Depan Lebih Tenang
  2. Berapa Besar Idealnya Menabung Per Bulan?Cek, Ini Perhitungannya!
  3. Apa Keuntungan Berinvestasi Jika Dimulai Sejak Dini?

3. Pelajari setiap syarat dan ketentuan peminjaman

Walaupun gadai BPKB mobil memang salah satu cara paling cepat mendapatkan pinjaman uang. Tapi lembaga pembiayaan nggak gampang memberi pinjaman begitu saja. Ada kriteria dan ketentuan yang harus kamu perhatikan untuk bisa lolos dapat pinjaman.


Ketentuan lembaga pembiayaan biasanya mensyaratkan usia mobil. Selain itu, perhatikan juga syarat-syarat dokumen yang akan digadaikan. Kalau kamu nggak punya kelengkapan identitas sebagai persyaratan, sepertinya niatan kamu gadai bpkb mobil harus tertunda.

4. Memanfaatkan Gadai Online

Teknologi memberikan banyak kemudahan untuk kamu, sayang dong kalau nggak kamu manfaatkan. Termasuk perusahaan-perusahaan financial technology alias fintech yang semakin banyak bermunculan harus kamu berdayakan.

Karena sebagian besar perusahaan tersebut mengeluarkan produk berupa situs-situs gadai BPKB mobil online, sebut saja pegadaian dan KPR online. Tapi, walau namanya online, kamu tetap harus bertatap muka dengan petugas untuk melengkapi persyaratan yang tidak mungkin bisa dilakukan online.

 

Artikel terkait: Tips saat butuh dana mendesak

  1. 4 Pihak yang Bisa Jadi Andalan saat Kamu Butuh Pinjaman Uang
  2. 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman di Tunaiku
  3. Cara Mudah Dapatkan Dana Darurat, Solusi Lewat Pinjaman Tunaiku

 

5. Rencanakan pembayaran cicilan

Yang terakhir, kamu harus merencanakan secara matang mengenai rencana pembayaran cicilan. Pastikan kamu bisa membayar cicilan tepat waktu jika kamu ingin kredit tidak terus menumpuk. Jangan meremehkan hal yang satu ini. Jika kamu disiplin dalam pembayaran, kredibilitas kamu sebagai peminjam juga akan baik dan dipercaya oleh pihak pemberi jaminan, makin lancar deh.

Sudah mantapkah niatmu gadai BPKB mobil?

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


PAULUS RISANG