Beranda > Finansial > 7 Alasan Harus Menabung Sejak Remaja agar Masa Depan Lebih Tenang

7 Alasan Harus Menabung Sejak Remaja agar Masa Depan Lebih Tenang

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
7 Alasan Harus Menabung Sejak Remaja agar Masa Depan Lebih Tenangwatermark

TUNAIKU.COM – Kegiatan menabung sudah selayaknya kita lakukan sedini mungkin. Sebagian oraang tua pastinya sudah mengajarkan menabung pada kita dengan cara sederhana saat kecil. Sampai akhirnya kita mulai dikenalkan dengan berbagai jenis tabungan praktis yang memudahkanmu untuk menabung.

 
Meskipun di antara kamu mungkin sudah memiliki rekening bank untuk menabung, belum tentu kamu paham bagaimana caranya menabung dengan benar. Apalagi zaman sekarang, anak muda mulai tergiur dengan budaya konsumtif setelah perkembangan teknologi yang cukup pesat. Ini tentunya menjadi godaan kuat bagi anak muda sehingga sulit membiasakan diri untuk menabung.

 
Buat kamu yang masih merasa berat menyisihkan uang untuk ditabung, barangkali motivasimu menabungmu bisa bertambah dengan alasan-alasan berikut.

 

Artikel terkait: Tips membuat rencana keuangan untuk beberapa tujuan tertentu.

  1. Ikuti 5 Langkah Ini Agar Bisa Beli Gadget Baru Tetapi Pengeluaran Aman
  2. 5 Perihal Keuangan yang Wajib Dipahami Sebelum Punya Hewan Peliharaan
  3. 7 Cara Mudah Siapkan Dana Menikah dalam Jangka Waktu Satu Tahun

 

1. Mengatasi kondisi darurat

Kondisi yang enggak diinginkan seringkali datang tak terduga. Tentu akan sangat sulit kalau kamu ternyata jatuh sakit dan harus rawat inap, sementara kamu enggak punya tabungan. Nah, di sini pentingnya menabung, hasil kamu menyisihkan uan bisa kamu gunakan untuk dana darurat ini.

 

2. Untuk pergi berlibur

Ada masanya kamu jenuh dengan rutinitas seriusmu dan butuh refreshing. Ini menjadi jalan satu-satunya supaya pikiranmu segar kembali. Selain itu, refreshing saat ini menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi semua orang. Liburan yang nyaman dan menyenangkan biasanya butuh biaya yang enggak sedikit. Dengan menabung, kamu enggak akan terlalu berat mengeluarkan uang untuk liburan yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari.

 

3. Demi masa depan cerah

Sebagian dari kita barangkali sudah memiliki peta rencana hidup. Namun, kita pun enggak bisa mengetahui secara pasti kejutan apa yang akan datang di masa depan. Buat kamu yang sudah memasuki usia 20an dan sudah berpenghasilan, belum terlambat bagi kamu untuk menabung. Uang yang kamu sisihkan ini bisa jadi tabungan hari tua atau biaya-biaya kebutuhan besar lainnya.

 

4. Bisa menambah penghasilan

Dengan menabung, secara enggak langsung kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Kemudian kalau jumlah uang tabungan sudah mencapai angka tertentu, maka kamu bisa lakukan investasi. Bentuk investasi ada bermacam-macam di antaranya deposito, reksa dana, emas, properti dan lain-lain. Jangan lupa untuk mempelajari lebih dalam dulu tentang instrumen investasi yang kamu pilih.

 

5. Menghilangkan stres

Persoalan finansial acapkali menjadi faktor utama penyebab stres pada diri seseorang. Beberapa contoh kasus, stres karena keuangan bisa mengakibatkan perceraian, gangguan jiwa, bahkan kematian. Salah satu fungsi menabung adalah untuk menghindari stres akibat persoalan keuangan.

 

6. Mengatasi kehilangan pekerjaan

Kamu masih muda dan perjalanan kariermu masih panjang. Dalam masa pencarian jati diri, nggak mudah bagi kamu untuk menemukan pekerjaan atau lingkungan pekerjaan yang sesuai. Sampai akhirnya, kamu memutuskan untu mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Beruntung bagi mereka yang langsung mendapatkan pekerjaan baru. Namun, apa jadinya kalau setelah mengundurkan diri kamu masih belum juga menemukan pekerjaan dan terpaksa menganggur? Ini salah satu yang harus kamu pikirkan saat sudah bekerja nanti.

 

7. Menghindari gaya hidup berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan sudah pasti enggak baik, termasuk mengikuti gaya hidup tanpa memikirkan skala prioritas. Kini kebutuhan semakin meningkat diiringi dengan biaya hidup yang semakin naik. Menabung sejak dini bisa membantumu menerapkan pola hidup hemat. Bukan menjadi orang pelit, tetapi kamu bisa hidup sederhana dengan cara yang tepat. Selain itu, kamu bisa lebih menghargai uang.

 

Menabung sejak remaja memang menjadi penting, sebelum biaya hidup kita semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Bagi yang sudah memiliki anak, ajarkan mereka untuk membudayakan menabung berapapun jumlah uang yang dimiliki.

 

Artikel terkait: Tertarik dengan deposito? Ikuti dulu informasi pentingnya.

  1. Jangan Tunda Berinvestasi! Ini 5 Langkah Membuka Tabungan Depositomu Sendiri
  2. Sebagai Instrumen Investasi, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Deposito?
  3. Serba-serbi Tabungan Deposito yang Perlu Kamu Ketahui

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett