Beranda > Gaya Hidup > Nggak Cuma Mengatur Lampu, Lakukan Tips Ini Supaya Pencahayaan di Rumah Makin Sempurna

Nggak Cuma Mengatur Lampu, Lakukan Tips Ini Supaya Pencahayaan di Rumah Makin Sempurna

TimotiusTimotius
Nggak Cuma Mengatur Lampu, Lakukan Tips Ini Supaya Pencahayaan di Rumah Makin Sempurnawatermark

TUNAIKU.COM – Sejak kecil, saya menyukai rumah dengan tingkat pencahayaan sangat terang. Alasannya, karena kondisi demikian memberikan kesan aman dan nyaman, sekaligus menjaga kesehatan mata supaya nggak cepat lelah. Bagi saya yang bekerja dari rumah, pencahayaan yang terang membuat mood dan semangat kerja juga tetap tinggi.

 

Bagaimana dengan pencahayaan di rumahmu? Apakah kamu merasa rumahmu terkesan suram dan gelap pada siang hari? Atau apakah rumahmu masih terasa kurang terang walaupun menggunakan lampu berdaya tinggi? Tips-tips di bawah ini dapat membantumu supaya pencahayaan rumahmu semakin sempurna. Apa sajakah itu? Mari simak penuturannya!

 

Artikel Terkait: Percantik Interior Rumahmu dengan Tips-tips Berikut Ini!

  1. Ingin Rumah Cantik Hemat Biaya? Ini 5 Dekorasi Bikinan Sendiri!
  2. 5 Tips Cara Percantik Dinding dengan Dekorasi Piring Pajangan
  3. 15 Ide DIY Dekorasi Rumah Praktis untuk Mengisi Waktu Luang

 

1. Pelajari interior dan arsitektur rumahmu

Jika kamu merasa rumahmu terkesan gelap dan suram, janganlah terburu-buru membeli lampu baru untuk penerangan tambahan. Alangkah baiknya jika kamu memperhatikan interior dan arsitektur rumahmu sendiri terlebih dahulu. Perhatikan arah mata angin dan menghadap ke mana rumahmu tersebut? Apabila rumahmu menghadap barat atau selatan biasanya akan lebih sedikit mendapatkan sinar Matahari. Solusinya adalah memasang jendela clerestory pada bagian-bagian rumah yang banyak disinari Matahari.

 

2. Periksa bagian luar rumahmu

Setelah kamu memeriksa bagian dalam, mari periksa pencahayaan tempat kediamanmu dari luar rumah. Biasanya faktor di luar rumah yang menghalangi sinar Matahari dapat masuk dengan baik adalah pohon-pohon tinggi yang terlalu rimbun. Apabila kamu mempunyai pohon besar dengan batang dan daun yang tumbuh sangat rimbun di pekaranganmu, segera pangkas batang-batangnya beserta daunnya. Setelah dipangkas, dijamin rumahmu akan terlihat lebih terang.

 

Kebanyakan orang juga memasang kanopi pada bagian teras dan garasi untuk melindungi bagian depan rumah dari tempias air hujan. Supaya nggak menghalangi cahaya masuk, gunakan kanopi dengan bahan polycarbonate. Kanopi dari bahan tersebut dapat menangkal sinar UV dari Matahari, tetapi tetap bisa menghantarkan cahaya ke dalam rumah.

 

3. Beri lampu tambahan pada bagian rumah yang terkesan gelap

Setelah memperhatikan bagian interior dan landscape rumah dari bagian luar, kamu dapat menambahkan lampu jika pada terdapat ruang yang kurang mendapatkan cahaya. Ini berlaku, terlebih jika kamu sering beraktivitas pada tempat tersebut. Untuk ruang makan dan ruang tamu, kamu dapat menambahkan lampu gantung sebagai penerangan tambahan. Pilihlah lampu gantung yang cocok dan senada dengan desain interior ruangan, untuk menambah nilai estetika dari rumahmu.

 

Selain bagian dalam rumah, jangan lupa untuk menambahkan lampu pada bagian luar rumah apabila pencahayaan pada malam hari masih dirasa sangat minim. Rumah yang terkesan gelap dari luar akan mengundang pencuri untuk bertandang ke rumahmu. Apalagi, jika letak lampu jalan jauh dari kediamanmu.

 

4. Berikan lampu redup pada ruang tidur

Keberadaan lampu terang secara langsung dapat mempertegas dan menonjolkan interior rumahmu. Namun, bukan berarti pencahayaan terang dapat diaplikasikan di setiap ruangan. Dibutuhkan lampu redup untuk memunculkan kesan kalem dan nyaman pada ruang tempatmu beristirahat, agar kualitas tidurmu dapat lebih baik.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Ruangan Kamar atau Rumah Agar Terasa Lebih Lapang

  1. 5 Langkah Menata Rumah Tipe 21 Agar Terasa Lebih Lapang
  2. 7 Rekomendasi Ide Penataan Apartemen Studio Agar Terlihat Lapang
  3. 10 Langkah Mengatur Kamar Kos Agar Lebih Rapi dan Luas

 

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang memiliki anak kecil yang takut tidur dalam keadaan gelap, tetapi sulit tidur jika kondisi kamar terlalu terang. Solusinya adalah memasang lampu meja dengan pencahayaan redup di kamar anak. Niscaya, anakmu akan merasa nyaman tidur di kamar tersebut.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett