Beranda > Gaya Hidup > Menghitung Paket Pernikahan Murah di Jakarta untuk 300 Orang

Menghitung Paket Pernikahan Murah di Jakarta untuk 300 Orang

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Menghitung Paket Pernikahan Murah di Jakarta untuk 300 Orangwatermark

TUNAIKU.COM – Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan seorang teman yang belum lama ini melangsungkan pesta pernikahan. Penasaran, saya lantas bertanya soal bujet pernikahannya. Mendengar jawabannya, tentu saja saya kaget. Bukan karena bujet yang dihabiskan sangat besar. Sebaliknya, ia bisa menekan bujet pernikahan gedung untuk 300 undangan di Jakarta. Sekilas info, ia menghabiskan bujet Rp70 juta untuk resepsi pernikahan. Dari apa yang ia ceritakan, saya menyoroti beberapa poin penting untuk pernikahan murah dan efisien. Penasaran seperti apa rincian paket pernikahan? Simak ulasan berikut, ya.

Artikel Terkait: Baca Juga Referensi Lainnya Agar Persiapa Menikahmu Lancar

1. Menikah di KUA

Sudah tahukah kamu kalau menikah di KUA itu gratis? Tidak ada pungutan biaya yang harus kamu bayarkan saat menikah di KUA. Jangan khawatir, toh, ini sudah diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2014 tentang biaya pelaksanaan nikah dan rujuk yang dilaksanakan di luar KUA kecamatan.

Kendati demikian, memang dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, misalnya seperti menikah hanya bisa dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat). Jika di luar hari itu, pasangan akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp600 ribu. Selain persayaratan administrasi, tentu juga ada persyaratan kelengkapan dokumen lain.

Biaya: Rp0 hingga Rp600 ribu.

2. Tempat nikah ekonomis

Gedung pernikahan memang menjadi lokasi menikah paling aman. Selain ada AC, gangguan cuaca juga bisa lebih diminimalkan. Namun, menikah di gedung biasanya akan bikin bujet membengkak. Pasalnya, pada gedung tertentu–biaya sudah termasuk katering, jasa dekorasi, foto, dan lain-lain. Solusi paling mudah, kamu sewa gedungnya saja. Dengan cara ini, kamu bisa menekan bujet hingga separuh harga paket yang ditawarkan. Sementara itu, katering dan dekorasi, kamu bisa mengambil vendor dari luar.

Oh ya, tempat ibadah seperti gereja atau masjid biasanya juga menawarkan paket pernikahan murah serta sewa gedung untuk resepsi. Namun, kalau ingin di gedung biasa, kamu bisa mencoba BKKBN di Jakarta Timur yang terjangkau. Cara lain, bisa dengan pilihan outdoor. Misalnya, di Pawon Jawa, Kemang dengan kisaran bujet Rp10 juta hingga Rp20 juta. Nah, untuk pilihan ini, kamu juga harus mempertimbangkan cuaca, ya. Menggelar pesta outdoor saat musim hujan tentu bukan pilihan yang bijak.

Kalau pas musim hujan, bisa juga pilih semi-outdoor. Soal harga memang nggak semurah full outdoor. Namun, sudah pasti lebih murah dibandingkan full outdoor. Pilihan lain, bisa cari rumah sewa model vila. Jangan salah, banyak, kok, rumah sewa yang biasa dijadikan lokasi nikah. Misalnya rumah atau vila di sekitaran Pejaten dan Cipayung yang memang sering dijadikan venue resepsi. Biaya sewa bisa ada di kisaran Rp4 juta hingga Rp8 juta.

Biaya: Rp5 juta hingga Rp20 juta.

3. Undangan digital

Untungnya sekarang udah zaman digital. Semua sudah tersimplifikasi lewat internet. Bahkan utang pun bisa lewat internet, lho. Misalnya, dengan sistem fintech Tunaiku yang menyediakan fasilitas pinjam uang mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta. Tenor cicilannya juga bervariasi, mulai dari 6 hingga 20 bulan.

Kembali soal undangan, kamu bisa meminimalkan bujet dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Path, Twitter, hingga aplikasi chatting seperti Whatsapp atau Line. Cukup desain undangan sesuai selera. Namun, kalau nggak bisa desain, kamu bisa menyewa jasa desainer.

Nggak harus mencetak undangan sesuai jumlah tamu. Katakanlah kamu memiliki kisaran 300 undangan. Cukup cetak 200 undangan, sementara sisanya dibuat dengan format digital.

Nah, kalau satu undangan dihargai Rp5 ribu, kamu hanya perlu keluar uang Rp1 juta untuk mencetak 200 undangan.

4. Katering murah

Katering iniLAH yang biasanya menghabiskan bujet paling besar untuk resepsi pernikahan. Biasanya bisa menghabiskan setengah bujet atau bahkan 70% bujet menikah. Agar lebih murah, sih, memang masak sendiri. Namun, kalau harus dilakukan sendirian–nggak mungkin, kan, kamu masak untuk 600 porsi?

Minta bantuan keluarga, atau menyewa tenaga dari luar, sih, lebih masuk akal. Kamu hanya menghabiskan bujet belanja dan membayar tenaga yang kamu sewa untuk membantu. Namun, kalau kamu ingin cari yang lebih praktis, bisa mencari jasa katering. Saran teman saya, cari jasa katering yang murah tapi nggak murahan. Kamu bisa mulai browsing di Internet untuk cari referensi.

Kamu juga bisa minta referensi dari teman lain yang sudah menikah. Misalnya, temann saya yang lantas menawarkan jasa katering yang ia pakai sebelumnya.  Adapun biaya katering yang enak dan murah di Jakarta dipatok minimal Rp50 ribu per porsi. Kalau jumlah undangan 300, berarti ongkos katering Rp30 juta. Itu belum termasuk makanan pondokan, ya.

Biaya: Rp30 juta.

5. Paket foto-rias-dekorasi

Karena sudah terpakai Rp51.600.000, berarti sisa Rp23.400.000. Jadi, foto, rias,adan dekorasi sebaiknya cari yang paketan saja. Namun, pastikan paket tersebut bukan sembarang paket. Nggak usah pakai jasa yang terlalu profesional. Toh di luar sana, kamu bisa menemukan makeup artist, fotografer atau videografer, dan vendor dekorasi yang belum terkenal; tetapi hasilnya bagus. Soal foto, kamu bisa fotografer wedding yang baru merintis karier. Bisa juga meminta bantuan teman sendiri yang sudah berkecimpung di dunia fotografi.

Untuk urusan dekor, kerahkan keluarga besar saja. Kamu hanya perlu belanja material bahan dan konsumsi. Biaya jasa, gratis. Soal riasan, memang agak rawan. Pasalnya, riasan nggak bagus, di foto juga akan ikutan jadi nggak bagus juga. Apalagi kalau pakai rias adat. Bisa cari jasa rias pengantin yang menyediakan paket sewa baju pengantin. Agak mahal sedikit nggak apa-apa, asal hasil aman.

Biaya foto: Rp2 juta

Biaya dekorasi: Rp1 juta

Biaya rias: Rp5 juta

Total: Rp8 juta.

6. Seragam

Seragam juga harus banget kamu bujetin dalam rangka menyusun paket pernikahan murah. Terutama untuk keluargamu dan pasangan. Oh ya, jangan sampai lupa kalau seragam keluarga harus dibedakan dengan penerima tamu. Agar lebih irit, nggak perlu sampai sewa jasa Ivan Gunawan untuk mendesain seragam. Solusinya, sewa saja. Bujet Rp5 juta-an sepertinya sudah cukup untuk menyewa seragam buat 30 orang.

Biaya: Rp5 juta

7. Suvenir

Suvenir ini kecil-kecil cabe rawit. Biar kecil tapi menguras bujet lumayan banyak. Nah, jadi penting, ini, untuk cari yang biasa-biasa saja asal berguna. Contohnya kipas, kalau venue nikahmu gak pakai AC. Di pesta pernikahan a la garden party, kipas akan sangat fungsional. Harga suvenir kipas anggap saja Rp5.000, jadi total biaya untuk 300 undangan kira-kira Rp3 juta.

Biaya: Rp3 juta.

Artikel Terkait: Info Lainnya Terkait Persiapan Menikah

Nah, coba ditotal semua biaya paket pernikahan murah di atas. Nggak sampai Rp75 juta, kan? Kamu bahkan hanya mengeluarkan biaya Rp60 juta-an. Kalau bujetmu Rp75 juta rupiah, sisa Rp15 juta bisa kamu jadikan biaya-biaya nggak terduga. Misalnya, kalau sampai ada hitungan yang meleset, kamu masih punya dana cadangan sebesar Rp15 juta. Kalau nggak ada, ya, kamu tabung saja atau alokasikan untuk biaya bulan madumu!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, lokasi prewedding di jakarta, lokasi prewedding instagramable, lokasi prewedding gratis di jakarta

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett