Beranda > Gaya Hidup > 10 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Ala Garden Party

10 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Ala Garden Party

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
10 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Ala Garden Partywatermark

TUNAIKU.COM – Mencari konsep pernikahan yang unik dan nggak biasa? Mungkin pilihan konsep ‘garden party’ bisa jadi alterntif yang cocok untukmu. Pasalnya, konsep pernikahan outdoor dengan tema garden party yang paling diminati hingga resepsi dengan konsep indoor yang terkesan biasa. Tema garden party akan membuat konsep pernikahan lebih akrab dan penuh keceriaan.

Selain itu, konsep garden party bisa dibilang lebih simpel dan bisa dijadikan alternatif buat kamu yang ingin membuat pesta pernikahan tanpa memakan biaya besar. Tertarik? Berikut tips merencanakan pesta pernikahan dengan konsep garden party.

 

Artikel terkait: Berbagai tips lokasi dan persiapan untuk pernikahanmu

  1. Unik dan Anti Ribet, Ini 10 Konsep Foto Pre-Wedding yang Direkomendasikan
  2. 7 Restoran untuk Pesta Pernikahan yang Simpel Tapi Berkesan di Jakarta
  3. 4 Tips Menghemat Biaya Katering untuk Pernikahan yang Lebih Murah

 

1. Tentukan venue

Menentukan lokasi yang tepat sebagai garden party hal pertama yang wajib kamu lakukan. Kamu harus tahu persis keunggulan lokasi tersebut. Misalnya dengan menyewa camping ground seperti yang dilakukan oleh pasangan artis Andien dan Ippe beberapa tahun lalu di Pine Forest Exclusive Camping Ground, Bandung. Atau jika acara ingin lebih personal kamu bisa saja memanfaatkan taman atau halaman belakang rumahmu.

 

Oiya, karena tema nya pernikahan outdoor, kamu juga harus siap dengan antisipasi jika cuaca tidak mendukung. Cuaca adalah faktor yang paling nggak bisa ditebak, kamu nggak mau kan pesta bubar karena tiba-tiba hujan turun. Kamu bisa mengakalinya dengan memasang tenda transparan untuk ruang makan sehingga akan tetap aman sekalipun hujan turun.

2. Cari tema yang berbeda dan personal

Sekalipun mengadakan pesta pernikahan outdoor bukan berarti kamu bisa mengeliminir tema. Tema tetap harus kamu persiapkan, kamu bisa pilih berbagai dekorasi pesta bernuansa kayu a la rustic atau konsep menyesuaikan dengan hobimu.

 

3. Dekorasi

Dekorasi berperan penting untuk menyampaikan keunikan pesta pernikahanmu. Kelebihan garden party adalah dengan dekorasi dan tema unik, pesta pernikahan akan memberi kesan keintiman nggak hanya kamu dan pasangan, melainkan juga semua undangan yang hadir.
Nah, tentu kalau dekorasimu juga didukung oleh sesuatu yang unik, pesta pernikahanmu bisa dipastikan akan jadi buah bibir dan bikin semua orang iri sama kamu.

 

4. Hiasan bunga untuk pengantin wanita

Tema bernuansa vintage, retro, dan shabby chic sering menjadi ide dasar untuk pernikahan bertema garden party. Bunga biasanya dijadikan sebagai unsur utama penghias dekorasi ruangan.
Kenapa nggak dipakai juga oleh pengantin wanita? Hiasan rambut ini bisa jadi inspirasi untuk nggak melulu memakai sanggul saat pesta berlangsung.  Kepang sederhana ini menarik juga, kok, apalagi kalau ditambah hiasan cantik bebungaan yang diselipkan di rambut pengantin wanita.

 

5. Bermain dengan warna

Untuk konsep pernikahan garden party biasanya akan menggunakan warna-warna cantik seperti warna pastel untuk dipakai oleh pengantin dan bridesmaid. Warna-warna seperti pink pucat, hijau lembut Mimosa, kuning dan peach menjadi favorit. Warna-warna ini mewakili konsep kehangatan dari pernikahanmu. Supaya serasi dengan bridesmaid, bestman bisa diminta untuk memakai warna-warna lembut seperti abu muda sebagai penyeimbang.

Warna-warni ini nggak harus untuk pakaian saja, bisa juga digunakan sebagai dekorasi pesta pernikahan. Warna-warna lembut ini mewakili kehangatan dari kebersamaan antara tamu dan pengantin.

 

6. Permanis pelaminan dengan lampu dan bunga

Jika selama ini karpet merah selalu setia menjadi penghias jalan menuju pelaminan pengantin, kenapa nggak coba diganti dengan yang lebih unik tapi tetap manis seperti taburan bunga, dan lampu-lampu vintage yang dipasang sebagai pembatas jalan sekaligus mempercantik lokasi resepsimu.

 

7. Menu makanan

Nah, sebelum memilih menu makanan, kamu pastikan dulu, apakah sajian akan berupa buffet atau set makanan lainnya. Selain menu makanan utama, kamu bisa sediakan side dish yang lucu dan unik seperti BBQ, donat, cupcakes, atau menu unik sweet corner lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan tema.

 

Sedangkan untuk minumannya, pilih minuman yang menyegarkan karena tema pernikahan garden party di ruang terbuka akan bikin tamu mu lebih cepat haus.

 

8. Sediakan tempat duduk

Asiknya pernikahan garden party adalah kamu memiliki referensi tambahan untuk tempat duduk tamu undangan. Nggak melulu didudukkan di kursi atau sofa, kamu juga bisa menambahkan area tempat duduk lesehan a la piknik dengan menggunakan karpet dan bantal cushion lucu dan unik.

 

9. Spot permainan untuk undangan

Menjamu tamu nggak harus selalu dengan makanan bufet  saja. Menyediakan spot games kecil untuk bersenang-senang bagi tamu yang membawa anak kecil bisa jadi pembeda, sekaligus hal yang nggak terlupakan oleh tamu undangan.

 

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan booth foto bagi para tamu yang ingin mengabadikan momen bersama di pesta pernikahanmu.

 

10. Wedding entertainment

Terakhir adalah area hiburan. Nggak lengkap kalau pesta tanpa hiburan. Kamu bisa sediakan spot khusus untuk band yang kamu undang untuk memainkan lagu-lagu andalannya, bisa membawakan lagu-lagu yang disesuaikan dengan nuansa garden party, atau bisa kamu tambahkan semacam area bioskop kecil untuk memutar video atau kumpulan foto-foto pre-wedding dan moment unik lainnya.

 

Artikel terkait: Persiapkan keuangan dengan matang saat merencanakan pernikahan

  1. Ini Biaya yang Dibutuhkan Untuk Menggelar Pesta Pernikahan di Bali!
  2. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan
  3. Tambah Bujet Nikah 20 Juta, Pilih Pinjaman Online Tunaiku!

 

Nah, demikianlah tips mengadakan pesta pernikahan bertema garden party. Menarik, kan ya,  konsep outdoor yang telah diulas. Sukses dengan rencana pernikahanmu…

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

1

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett