Beranda > Gaya Hidup > Mengamankan Rumah Sebelum Ke Luar Kota dengan Melakukan Hal Berikut ini

Mengamankan Rumah Sebelum Ke Luar Kota dengan Melakukan Hal Berikut ini

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Mengamankan Rumah Sebelum Ke Luar Kota dengan Melakukan Hal Berikut iniwatermark

TUNAIKU.COM – Baru saja mengajukan cuti dan di-acc? Wah pastinya kamu sangat senang sampai merencanakan liburan jauh dari rumah selama seminggu. Kamu pun jadi kepikiran untuk segera mengunjungi orang tua di kampung, liburan, dan hal-hal lainnya.

 

Artikel terkait:Kegiatan yang bisa kamu lakukan saat libur

  1. Panduan Itinerary Liburan 3 Hari di Manila yang Bisa Kamu Terapkan
  2. 7 Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Saat Liburan
  3. Serunya Liburan Keluarga Ala Barack Obama, Mainstream Sampai Ekstrim

 

Senang lalu liburan boleh saja. Asalkan sebelum kamu benar-benar pergi terlebih dahulu mengamankan rumah. Pasalnya kamu meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Ada banyak risiko yang kemungkinan terjadi, seperti pencurian, kebakaran, dan lain sebagainya.

 

Biar mudik atau traveling-mu tenang, amankan rumah terlebih dahulu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain:

 

1. Simpan barang berharga di safety box

Kalau kamu memiliki barang berharga seperti sertifikat rumah, uang, emas, kamu bisa menyimpannya di safety box. Tentu cara ini adalah yang paling aman apalagi kalau kamu memiliki barang-barang berharga di rumah.

 

2. Perlindungan berlapis pada jendela dan pintu

Jendela dan pintu memang sudah memiliki kunci. Namun, nggak ada salahnya kalau kamu memberikan perlindungan berlapis. Caranya adalah memberikan penghalang berupa teralis, atau palang kayu di depan pintu dan jendela. Tentu hal ini akan menghambat orang yang berniat jahat.

 

3. Titipkan pada tetangga

Selama pergi, kamu bisa menitipkan rumahmu pada tetangga. Tentu kamu harus benar-benar mengetahui siapa tetanggamu yang bisa dipercaya, ya. Kamu bisa meminta tolong padanya untuk menyalakan dan memadamkan lampu. Lampu yang nyala di malam hari dan padam di siang hari akan memberikan kesan masih ada penghuni di dalamnya. Kamu juga bisa meminta tolong untuk mengecek kondisi sewaktu-waktu sehingga hal-hal yang nggak diinginkan pun dapat dihindari.

 

4. Pastikan listrik dan gas sudah padam

Sebelum meninggalkan rumah, sebisa mungkin kamu mengecek gas dan listrik. Pastikan kedua hal tadi aman sehingga kamu pun tenang selama bepergian. Jangan lupa melepaskan selang dari tabung gas sebelum pergi, ya.

 

5. Meninggalkan rumah dengan keadaan bersih

Untuk menghindari kotornya rumah selama kamu tinggalkan, pastikan kamu membersihkan rumah terlebih dahulu. Buanglah sampah-sampah, sapu, dan pel lantai sampai bersih, hilangkan debu yang menempel di meja, dan cuci bersih semua pakaian kotor. Tinggalkan rumah dalam keadaan bersih untuk memudahkan pekerjaanmu saat pulang nanti.

 

Artikel terkait: Sebelum bepergian, pastikan hal ini

  1. Ini Dia Tips Aman Menjadi Penumpang Taksi Online
  2. 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Business Trip, Perhatikan dan Wajib Hindari
  3. 10 Tips Agar Liburan Bersama Bayi Lebih Aman dan Seru

 

6. Letakan alas kaki di depan

Cara ini juga membuat orang berpikir rumahmu nggak kosong. Pasanglah tempat sepatu di depan sehingga memberikan kesan bahwa di rumah masih berpenghuni. Dengan demikian, orang yang berniat jahat pun akan berpikir tiga kali.

 

Itu dia cara mengamankan rumah sebelum ditinggal pergi dalam kurun waktu yang cukup lama. Nah, kamu nggak perlu khawatir lagi, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett