Beranda > Karier Sukses > 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Business Trip, Perhatikan dan Wajib Hindari

8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Business Trip, Perhatikan dan Wajib Hindari

Artikel ini ditulis oleh:
8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Business Trip, Perhatikan dan Wajib Hindariwatermark

TUNAIKU.COM – Perjalanan dinas ke luar kota menjadi momen yang sangat penting untuk perusahaan maupun instansi mana pun. Ketika kamu ditugaskan, sama hal dengan kamu tengah dipercaya perusahaan. Oleh karena itu, hindari berbagai kesalahan saat business trip. Kalau kamu belum punya gambaran, saya kasih tahu beberapa. Harap disimak baik-baik.

 

Artikel terkait: Langsung Bekerja Setelah Lulus Kuliah? Bisa Banget Kok!

  1. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  2. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman
  3. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

 

1. Kurang persiapan

Persiapan yang matang selalu jadi kunci utama untuk sukses selama dinas ke luar kota. Serius. Bawalah apa-apa yang penting. Baik untukmu maupun untuk perusahaan. Benda-benda penting seperti adaptor, buku catatan, sepatu cadangan, dan gadget harus dibawa. Kelihatannya sederhana, tapi itu penting sekali.

 

2. Tidur terlalu larut

Hei, perjalanan dinas ke luar kota itu enggak semenegangkan seperti yang ada dalam bayanganmu. Tanamkan dalam-dalam afirmasi dari saya, “Apa yang belum terjadi di masa depan adalah misteri. Biarkan tetap jadi misteri. Urusan kita hanya saat ini, waktu ini, dan detik ini.” Jadi tenangkan dirimu dan tidurlah dengan nyenyak. Jangan lupa set alarm.

 

3. Menghabiskan waktu hanya untuk mencari lokasi

Percayalah, kesalahan kecil ini bisa jadi besar kalau kamu enggak waspada. Durasi dalam business trip itu sangat singkat. Kalau waktu kamu habiskan untuk mencari denah lokasi via Google Map, jelas akan menguras banyak waktu. Oleh karena itu, langsung saja sewa mobil yang ada Map-nya. Ketika mencari lokasi, kamu bisa sambil menyetir kendaraan.

 

4. Belum booking hotel sebelum penerbangan

Jangan sampai kesalahan saat business trip ini terjadi padamu. Kecuali kalau perusahaan sudah memesankan hotel. Tapi kalau perusahaan enggak seperti itu, maka kamu wajib pesan sendiri. Tentu saja dengan uang yang diberikan oleh perusahaan. Lebih baik pesannya sebelum terbang. Jadi begitu turun, kamu tahu tempat yang akan dituju selanjutnya

 

5. Kurang menguasai bahasa yang komunikatif

Apa pun bahasa yang kamu gunakan, wajib komunikatif. Kalau dinasnya di dalam negeri, maka pakai Bahasa Indonesia. Kalau ke luar negeri, pakai Bahasa Inggris. Dasar komunikasi efektif ini bisa mempengaruhi hasil pertemuanmu dengan relasi. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menyimak dialog para pembesar, pidato, maupun baca berita nasional. Pasti oke.

 

6. Lupa cek kembali tiket pesawat terbang

Salah jadwal penerbangan atau salah tujuan penerbangan bisa jadi masalah serius dalam urusan dinas luar kotamu. Kalau mau, cek enggak cuma sekali atau dua kali. Bahkan lima kali juga bagus untuk memastikan kamu berada dalam jalur penerbangan yang tepat. Jangan sampai kecewakan perusahaan yang sudah mengandalkanmu.

 

7. Membuat jadwal untuk waktu senggang

“Jadilah utusan yang profesional,” saran beberapa senior ketika saya ditugaskan ke luar kota. Kalau patokannya sudah begitu, maka segala urusan di luar itu enggak saya prioritaskan. Termasuk keinginan membuat jadwal untuk waktu senggang. Misalnya hanya untuk jalan-jalan atau selfie di lokasi tujuan. Percayalah, memikirkan itu enggak produktif banget”.

 

Artikel terkait: Apply for a Job? Begini Caranya Biar Langsung Diterima!

  1. 5 Hal di CV yang Kita Anggap Penting tapi Sebenarnya Nggak Dipedulikan Perusahaan
  2. 5 Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca!
  3. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!

 

8. Membawa paspor saat pergi dari hotel

Kedengarannya sepele. Padahal membawa paspor saat keluar dari hotel itu sangat berisiko. Kalau toh mau bawah, maka bawalah salinannya. Itu lebih bagus. Jadi, sebelum terbang, salin paspor banyak-banyak dulu. Kemudian percayakan paspor asli milikmu ke ruang keamanan dalam hotel. Pihak hotel pasti akan menjaganya untukmu. Mereka sangat profesional.

Daftar kesalahan saat business trip bisa lebih panjang dari apa yang saya tulis di atas. Rinciannya bisa kamu sebutkan sendiri nanti. Saran saya, usahakan lakukan yang terbaik untuk perusahaanmu. Durasi business trip itu sangat singkat. Gunakan waktu seefisien mungkin. Satu hal penting pun jangan sampai terlewatkan.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett