Beranda > Gaya Hidup > 10 Tips Agar Liburan Bersama Bayi Lebih Aman dan Seru

10 Tips Agar Liburan Bersama Bayi Lebih Aman dan Seru

KENNY CAROLINEKenny Caroline
10 Tips Agar Liburan Bersama Bayi Lebih Aman dan Seruwatermark

TUNAIKU.COM – Baru-baru ini saya pergi ke Nepal untuk trekking di Annapurna Sanctuary. Dalam perjalanan menuju ketinggian 4130 meter itu, saya bertemu dengan pasangan yang membawa bayi. Sempat bercakap-cakap sebentar, saya mengetahui bahwa bayi itu berumur lima bulan! Bayi semuda itu dan sudah naik turun gunung. Saya jadi takjub dibuatnya.

 

Artikel Terkait: Tips dan trik liburan asik.

  1. 10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling
  2. Begini Tips dan Trik Nikmati Liburan Maksimal Layaknya Penduduk Lokal
  3. Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Ini

 

Nah, agar tetap aman saat liburan bersama bayi, sebaiknya orang tua juga harus mempertimbangkan banyak hal.Berikut ini 10 tips yang harus diperhatikan sehingga persiapan menjadi lebih matang dan liburan pun aman dan seru :

1. Umur bayi

Bayi yang berumur tiga bulan biasanya sudah diperbolehkan untuk bepergian. Tetapi, akan lebih baik jika kamu mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter anak langgananmu. Kondisi bayi juga harus diperhatikan karena kesehatan bayi cepat sekali berubah.

 

2. Destinasi liburan

Pilih tujuan traveling yang ramah terhadap bayi. Cari tempat yang membuatmu dan bayi merasa nyaman. Lokasi yang menyiapkan fasilitas nursery room akan jauh lebih baik.  Jangan membawa bayi kamu ke tempat yang penuh dengan polusi. Hindari juga lokasi yang ekstrim dan membahayakan.

 

3. Bawa P3K khusus bayi

Persiapkan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan oleh bayi saat hendak bepergian. Hal ini penting, sebab bisa jadi destinasi tujuan kamu nanti nggak menjual obat yang dibutuhkan. Selain itu, kamu nggak bakal repot. Apalagi mengurus resep obat di negara lain. Urusannya panjang dan ribet!

 

4. Catat nomor emergensi kesehatan

Sebelum pergi, periksa dan kontrol bayi ke dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan terakhirnya. Catat di ponselmu nomor kontak dokter serta pihak kesehatan yang bisa siap siaga kapanpun kamu hubungi. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi sesuatu.

 

5. Bawa layer dan tabir surya khusus bayi

Bila kamu mengajak bayimu liburan ke daerah tropis maka siapkan tabir surya. Sebaliknya, bila kamu berlibur ke daerah dingin, maka sediakan layer yang cukup untuk bayimu. Misalnya, jaket, sweater, kaus kaki, dan topi hangat.

 

6. Persediaan makanan

Sebaiknya kamu membawa makanan khusus untuk bayimu dari rumah. Selain menghemat waktu, kebersihan dan keamanannya terjaga.Jika kamu tidak ingin repot maka carilah jasa catering makanan bayi yang sudah mulai marak dan mudah ditemukan di sosial media. Cari, catering makanan bayi yang direkomendasikan di tempat tujuan liburanmu.

 

7. Sediakan kursi khusus bayi

Bila kamu bepergian dengan mobil pribadi, pastikan kursi khusus bayi sudah terpasang dengan kuat. Bila kamu pergi dengan pesawat, maka sediakan kursi khusus di pesawat buat bayimu. Oh ya, kamu juga harus memperhatikan tentang tekanan udara saat lepas landas dan mendarat. Kamu bisa menyusui atau berikan dia sesuatu untuk diisap.

 

8. Siapkan mainan

Ada beberapa barang yang bisa kamu bawa supaya bayi kamu bisa tetap bermain. Bawalah mainan berukuran kecil dan gampang dibawa. Contohnya, boneka binatang, musical toys, mainan plastik, atau teething rings.

 

9. Travel gear

Supaya nggak lelah menggendong bayi saat jalan-jalan, bawalah baby stroller atau baby carrier yang ringan.Kamu juga tidak perlu membelinya karena kini banyak light baby stroller yang disewakan untuk memudahkan orang tua bepergian.Bawa pula diaper bag yang travel-friendly. Bawa juga peralatan yang sekiranya diperlukan bayimu saat liburan nanti.

 

10. Perhatikan waktu

Jika destinasi liburan kamu adalah luar negeri, maka kamu perlu mempertimbangkan tentang perbedaan waktu (jet lag). Bayi sudah memiliki ritme biologis tersendiri. Kenyamanan mereka bakal terganggu kalau jadwal teratur ini berubah tiba-tiba. Supaya hal ini tidak menjadi kendala maka kamu perlu melatih bayimu agar dapat terbiasa dengan perbedaan waktu.

 

Artikel Terkait: Apa saja yang perlu kamu bawa saat liburan?

  1. Bingung Pakai Baju Apa Saat Liburan? Simak Tips Fashion dari 5 Desainer Terkenal…
  2. 7 Benda Wajib Dibawa Saat Liburan Daripada Beli Mahal di Tempat Tujuan
  3. 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan

 

Membawa bayi saat liburan memang cukup repot tetapi pastinya semua akan terbayar dan jadi menyenangkan ketika bisa menikmati waktu bersama keluarga.Yang diperlukan cuma usaha lebih ekstra. Selamat liburan!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA< pinjaman tunai, tunaiku, pinjaman tanpa agunana, pinjaman mudah, amar bank indonesia

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett