Beranda > Gaya Hidup > Manfaat LDR Setelah Menikah Bagi Kamu dan Pasanganmu

Manfaat LDR Setelah Menikah Bagi Kamu dan Pasanganmu

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Manfaat LDR Setelah Menikah Bagi Kamu dan Pasanganmuwatermark

TUNAIKU.COM – Terbayang nggak sih, kalau suatu saat kamu dan pasangan harus menjalani LDR (Long Distance Relationship)? Teman-teman saya cukup banyak nih, yang menjalani LDR dengan pasangan mereka. Alasan utamanya? Pekerjaan atau kuliah.

 

Saya belum pernah LDR, sih. Hehe. Namun, kalau melihat kondisi dan curhatan mereka, saya bisa membayangkan betapa beratnya harus LDR. Untuk yang masih pacaran saja rasanya berat banget. Apalagi untuk mereka yang sudah menikah, ya? Godaannya banyak! Namun, ternyata LDR menyimpan keuntungan juga, lho.

 

Memangnya ada ya?

 

Yup, setidaknya seperti yang dilaporkan oleh sebuah studi di Journal of Communications, bahwa ketidakhadiran fisik justru membuat rasa cinta dan keintiman pasangan makin kuat dibandingkan mereka yang nggak LDR.

 

Supaya kamu nggak khawatir kalau harus LDR, ini lho lima bukti bahwa LDR ternyata bisa berdampak baik buat kalian berdua.

 

Artikel terkait: Saat akan menikah nanti

  1. Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!
  2. Sebelum Telanjur Menikah, Ini 5 Tanda Hubungan Tidak Akan Bertahan Lama
  3. Resep Pernikahan Bahagia Menurut Ahli, Bisa Dicoba Nih!

 

Memiliki komunikasi yang lebih sehat

Karena kalian nggak ada di sisi masing-masing, otomatis kalian harus berkomunikasi dengan intens, dong? Mulai dari kegiatan sehari-hari, gosip-gosip kecil, atau hal-hal lainnya. Kabar baiknya, dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa kualitas komunikasi pasangan LDR cenderung lebih meaningful ketimbang mereka yang tinggal seatap.

 

Belajar independen dan nggak kehilangan jati diri

Kerap saya melihat seseorang yang lambat laun makin mirip dengan pasangannya, baik itu dari kebiasaan sehari-hari ataupun social circle-nya. Bagaikan dua mata koin, hal ini bisa jadi baik, bisa jadi buruk. Kenapa? Karena, saat seseorang terlalu dependent dengan pasangannya, mereka bisa jadi kehilangan “jati dirinya”. Apapun yang dia lakukan, nggak jauh-jauh dari apa yang dilakukan pasangannya.

 

Nah, kamu yang LDR kecil kemungkinannya mengalami hal ini. Karena tinggal jauh dari pasangan, otomatis kamu akan menjadi pribadi yang mandiri dan mempertahankan ciri khasmu. Kamu punya teman, pekerjaan, dan kehidupan sosialmu sendiri, nggak tergantung dengan apa yang dimiliki oleh pasanganmu saja.

 

Kamu jadi pintar membuat rencana

Seperti yang saya sebutkan di atas, LDR mengharuskan menjalin komunikasi yang baik. Dan, komunikasi yang baik bisa terjadi kalian pintar merancang rencana. Bisa jadi rencana berkunjung, rencana untuk menelepon, rencana untuk membicarakan hal-hal penting, dan lain-lain. Dengan LDR, kalian terbiasa membuat perencanaan yang baik.

 

Hubungan kalian sudah pasti nggak sekadar fisik

Yup, nggak bisa saling berpelukan dan melakukan hubungan suami-istri sesering mereka yang tinggal serumah, membuktikan bahwa cinta kalian memang lebih dari sekadar ketertarikan fisik. Kalian bisa saling memercayai, menghargai, dan tetap saling mencintai meskipun tidak bisa saling bersentuhan.

 

Kalian punya banyak me time

Beberapa pasangan yang saya tahu, sering kali mengeluhkan kualitas me time yang terbatas. Pasalnya, mereka lebih sering harus melakukan segala sesuatunya berdua. Berbeda dengan mereka yang LDR, yang bisa punya me time lebih banyak, tentunya tanpa harus merasa bersalah, ya.

 

Setiap pertemuan terasa lebih berarti dan seru

Ketika sudah saatnya bertemu, pertemuan terasa lebih berarti dan seru! Kalian bisa merancang waktu kencan yang lebih bebas dan seru karena kalian sudah menikah. Sekadar jalan-jalan di tempat wisata lokal saja jadi terasa lebih menyenangkan, seperti mini holiday!

 

Setelah melihat keenam poin di atas, rasanya pepatah yang berbunyi “Absence makes the heart grow fonder” jadi benar adanya ya?

 

Jadi, jangan takut menjalani LDR ya. Buktikan bahwa ikatan cinta kalian tidak akan tergerus hanya gara-gara jarak, tapi justru bikin makin kuat.

 

Artikel terkait: Agar makin nyaman dengan pasangan

  1. Kenali 5 Bahasa Cinta Ini, Kamu Termasuk yang Mana?
  2. Begini Caranya Cari Tahu Pasangan Nyaman Jadi Diri Sendiri saat Didekatmu!
  3. Kamu Mencintai Pasangan Lebih dari Dia Mencintaimu? Ini Kata Ahli!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett