Beranda > Gaya Hidup > Lakukan Hal Ini Kalau Kehilangan Paspor di Luar Negeri

Lakukan Hal Ini Kalau Kehilangan Paspor di Luar Negeri

TUNAIKU
Lakukan Hal Ini Kalau Kehilangan Paspor di Luar Negeriwatermark

TUNAIKU.COM – Kehilangan paspor di luar negeri baik itu sedang traveling maupun dinas memang sangat menjengkelkan. Saya tahu betul rasanya bagaimana kehilangan paspor, ketika dua tahun lalu saya pergi ke Belanda untuk liburan. Ketika saya sadar paspor saya hilang, saya stres nya bukan kepalang. Gambaran serunya liburan di negeri orang mendadak sirna. Untungnya, paspor saya bisa ketemu dengan cara-cara ini.

 

Artikel terkait: Liburan murah ke luar negeri

  1. 10 Kota Tempat Tujuan Wisata Murah di Eropa
  2. Ingin LIburan Luar Negeri Murah? Ini Destinasi dengan Bujet Rp10 Juta
  3. Liburan ke Thailand dengan Bujet Minim Tahun Depan? Simak Tips dari 3 Orang Ini!

 

Mencari KBRI di negara tujuan

KBRI atau Kedutaan Besar Republik Indonesia selalu ada di negara-negara yang menjalin hubungan baik dengan Indonesia. Tidak terkecuali Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, dan lain-lain. Letak KBRI dari kota saya berkunjung cukup jauh, sehingga saya pun membayar ekstra untuk perjalanan menuju KBRI. Sampai di kantornya, saya disambut ramah dan ditanya mengenai apa yang terjadi.

 

Kalau saya bilang paspor hilang begitu saja, pasti mereka tidak akan mudah bereaksi. Jadi saya bikin alasan kalau paspor saya diambil orang. Toh saya memang tidak tahu sebetulnya diambil orang atau hilang dengan sendirinya. Pihak KBRI pun memberikan paspor darurat pada saya. Kebetulan sih, waktu itu saya memang mau pulang ke Tanah Air.

 

Laporkan ke kantor polisi setempat

Waktu saya kehilangan paspor, sempat terpikir mau melapor ke kantor polisi terdekat. Tapi kalau ada orang Indonesia, kenapa harus minta perlindungan dari kepolisian negara luar? Kalau kamu mau, boleh juga kok lapor ke kantor polisi setempat. Asalkan alasanmu tidak terkesan mengada-ada, pihak kepolisian pun akan respek padamu.

 

Terutama kepolisian di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dan sebagainya. Negara-negara tersebut sangat menjunjung hukum tinggi-tinggi. Mereka sangat melindungi setiap turis yang berkunjung ke negaranya. Ibarat tamu maka harus dijamu dan dilayani dengan baik. Itulah keunggulan pelayanan sosial dari negara-negara maju di dunia.

 

2

Biasakan foto paspormu sebelum berangkat

Untuk mempermudah pelaporan, biasakan untuk mem-foto identitas-identitas penting pada paspormu. Lain cerita kalau kamu pakai e-paspor atau paspor elektronik. Kemungkinan hilang maupun dicuri sangat kecil. Setiap data diri kamu sudah terekam oleh sistem pencatatan paspor. Kapan pun kamu mau, bisa unduh ulang asalkan kamu punya perangkatnya yang memadai.

 

Tunggu sampai diperbolehkan membuat paspor baru

Di negara-negara maju seperti Rusia maupun Amerika Serikat, ada aturan resmi bagi  siapa pun yang kehilangan paspor dan mau membuat paspor baru. Apa aturannya? Kamu wajib menunggu paling tidak empat hingga enam pekan setelah laporan untuk mendapatkan paspor baru. Tapi kalau di luar negerinya kurang dari seminggu bagaimana?

 

Sama seperti yang dibahas sebelumnya. Ada paspor darurat yang hanya memiliki masa aktif kurang dari seminggu. Lebih dari itu, status paspor tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, pastikan lebih dulu berapa lama kamu akan tinggal di negara tersebut, kemudian ikuti setiap aturan yang ada di sana dengan baik.

 

Artikel terkait: Yuk kejar pendidikan tinggi di luar negeri

  1. Rusia Bisa Jadi Solusi Kuliah di Luar Negeri yang Terjangkau. Kamu Tertarik?
  2. Selain Kuliah, Coba Beasiswa Short Course di Luar Negeri Ini
  3. Pengin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini

 

Bayar atas nama paspor milikmu

Kalau kamu tidak mau bikin paspor yang baru maupun paspor darurat, boleh kok bayar status paspor dengan sejumlah uang. Di banyak negara mayoritas menerapkan tarif senilai USD140. Tapi saran saya, mending bikin paspor darurat saja.

 

Satu hal yang wajib kamu terapkan saat kehilangan paspor di luar negeri adalah tetap tenang. Jiwa yang panik tidak akan menyelesaikan masalah. Justru akan menambah bebanmu sendiri. Bukannya ketemu, malah kepala pusing gara-gara pikiran disesaki lintasan buruk. Tetaplah optimis maka jalan keluar akan terbuka lebar untukmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett