Beranda > Gaya Hidup > Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari

Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hariwatermark

TUNAIKU.COM – Olahraga di pagi hari tentu jadi aktivitas yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Sayangnya, sering kali saya nggak punya cukup waktu untuk melakukannya. Padahal, olahraga di pagi hari bisa menjaga saya tetap semangat sepanjang hari.

 

Akhirnya, saya mulai berinisiatif untuk melakukan gerakan ringan di pagi hari. Selain nggak butuh banyak waktu, gerakannya pun cukup simpel. Jadi dengan waktu terbatas, saya pun bisa menyempatkan untuk berolahraga dahulu di pagi hari.

 

Penasaran dengan gerakan ringan ini? Berikut 10 gerakan yang bisa kamu coba agar harimu tetap semangat.

 

Artikel Terkait: Agar Kamu Bisa Berolahraga Walau Saat Sibuk

  1. 8 Gadget yang Bisa Membantumu Lebih Bersemangat Saat Olahraga
  2. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet
  3. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!

 

1. Bicycle crunch

Bicycle crunch merupakan gerakan mengangkat paha dalam posisi lurus menghadap atas. Selanjutnya, angkat kepala hingga terasa tarikan di otot perut dan letakkan tangan di bawah kepala. Gerakkan kepala dan badan ke arah lutut. Gerakan ini bisa kamu lakukan saat bangun tidur. Otot perutmu pun menjadi lebih kencang dan tampak six-pack.

 

2. Naik turun tangga

Jika memiliki tangga di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan berupa naik turun tangga setiap pagi. Gerakan ini akan mengencangkan otot kakimu dan kamu pun lebih sehat karena sudah mengeluarkan racun dalam tubuh.

 

3. Bersepeda

Di pagi hari, kamu bisa melakukan olahraga berupa bersepeda. Selain baik untuk pernapasan karena udara pagi hari bebas dari polusi, juga mempertahankan daya tahan tubuh dan menyehatkan organ jantung. Kegiatan ini pun bisa kamu lakukan sembari pergi ke warung membeli sayuran.

 

4. Angkat beban

Pergerakan ringan di pagi hari lainnya yang bisa kamu lakukan adalah angkat beban. Kamu bisa melakukannya sembari bekerja. Sebagai contoh, mengangkat jemuran ke lantai dua atau memindah dan merapikan barang-barang di rumah. Manfaat dari pergerakan ini adalah meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kepadatan tulang, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan mental.

 

5. Duduk berdiri

Manfaat dari gerakan ini adalah melatih pernapasan dan otot-otot kaki. Gerakannya cukup mudah saja. Kamu hanya perlu duduk di kursi tanpa bersandar selama tiga detik, lalu berdiri lagi. Begitu dilakukan berulang-ulang.

 

6. Abs Planks

Gerakan ini hampir menyerupai push up. Hanya saja, kamu hanya perlu tengkurap dan angkat sampai badan dan pantat sejajar. Selanjutnya, kamu hanya perlu menahan posisi ini selama 60 detik. Pergerakan ini membuat perutmu lebih indah, alias six-pack.

 

Artikel Terkait: Hal yang Harus Dilakukan Agar Sehat

  1. 6 Alasan Olahraga Bareng Pasangan Itu Lebih Seru & Menyehatkan
  2. Ini Penjelasan Ahli Soal Hubungan Yoga dengan Kulit yang Lebih Sehat dan Cantik!
  3. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

 

7. Burpees

Pertama-tama, dalam posisi terungkap tarik lengan hingga badan terangkat maksimal. Lalu, turunkan lengan hingga badan mencapai posisi sit-up. Bawa kedua kaki ke depan hingga posisi lutut sejajar dengan lengan. Nah, kamu bisa loncat dalam kemiringan 180 derajat dengan membawa lengan ke sisi kanan dan kiri telinga. Gerakan ini membuat jantungmu lebih sehat, memperbaiki fungsi paru-paru, dan baik untuk kesehatan tulang belakang.

 

8. Donkey Kickback

Dalam olahraga ini, sebenarnya kamu nggak perlu melakukan pergerakan khusus. Kamu hanya tinggal menahan berat badan menggunakan kedua tangan seperti sedang merangkak. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengangkat kaki satu per satu persis seperti keledai menendang ke belakang. Gerakan ini ampuh untuk menurunkan lemakmu. Oh ya, gerakan ini dapat membuat otot pantatmu lebih kuat, kencang, dan besar.

 

9. Side Plank  

Side plank ini bisa kamu praktikkan dengan posisi tidur miring. Selanjutnya, topang badan dengan siku dan setengah lengan. Lalu, letakkan kaki dalam kondisi lurus lalu posisikan tangan yang nggak menopang di pinggang. Selanjutnya, angkat badan. Manfaat dari gerakan ini adalah mengurangi nyeri punggung dan memperbaiki postur tubuh.

 

10. Abdominal V-Ups

Terlentangkan badan dan letakkan lengan sejajar di samping telinga. Selanjutnya, angkat kaki dan badan secara bersamaan sampai lengan menyentuh kaki. Gerakan ini juga membuat ototmu semakin kuat dan kencang.

 

Bagaimana dengan 10 gerakan ringan di atas? Mana yang paling mudah untuk kamu lakukan di pagi hari? Kalau saya sih, pergerakan di nomor 5, ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett