Beranda > Gaya Hidup > 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet

5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macetwatermark

TUNAIKU.COM – Terjebak macet berjam-jam memang bisa membuat bad mood. Namun, ada yang jauh lebih buruk dari sekedar bad mood, lho. Kamu bisa terserang berbagai penyakit karena terlalu lama duduk, mulai dari pegal hingga penyakit batu ginjal!

Nggak perlu parno, kamu bisa mengantisipasi segala efek buruk dari duduk terlalu lama ini, kok. Seperti dengan mencoba gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam mobil.

Gerakannya cukup sederhana dan mudah untuk diingat, tetapi punya banyak manfaat! Yuk, coba praktikan 5 gerakan olahraga ringan ini sembari menunggu macet.

 

Artikel terkait: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

  1. 8 Gadget yang Bisa Membantumu Lebih Bersemangat Saat Olahraga
  2. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!
  3. Hasil Penelitian Bilang, Kamu Harus Melakukan 5 Olahraga Terbaik Berikut!

 

1. Tahan nafas dan keluarkan


Ini dia gerakan olahraga paling sederhana yang bisa kamu lakukan di dalam mobil. Dimulai dengan menarik nafas panjang, tahan selama 5 detik, dan keluarkan. Lakukan secara berulang-ulang.

Selintas memang nggak terlihat seperti olahraga yang efektif, ya? Namun, gerakan olahraga ini terbukti efektif untuk menambah energi serta meningkatkan kewaspadaan mental. Kamu akan selalu terjaga saat berkendara.

 

2. Miringkan kepala ke salah satu sisi


Leher adalah bagian tubuh yang akan terkena dampak paling besar saat terlalu lama duduk. Biasanya, leher akan terasa kaku-kaku sampai susah untuk digerakkan. Padahal, arteri di leher punya fungsi penting dalam memasok darah dari jantung ke otak.

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan yakni miringkan kepala pada sisi kanan, lalu tahan selama detik. Lalu, miringkan kepala pada sisi kiri dan tahan selama 5 detik lagi. Lakukan gerakan ini selama 10 menit.

 

pinjaman tunaiku

 

3. Pindahkan berat tubuh


Selain leher, pinggang juga sering terasa sakit kalau terlalu lama duduk. Bisa dikarenakan posisi duduk yang nggak tepat. Atau bisa juga karena memang sudah duduk berjam-jam.

Kamu bisa melakukan dua olahraga ringan. Pertama, ambil posisi duduk yang tegak. Cobalah merunduk ke depan kemudi dalam posisi punggung membentuk lengkungan (posisi meringkuk) selama 10 detik dan kembali pada posisi netral.

Gerakan kedua bisa mengurangi tekanan pada punggung. Kamu bisa melakukan gerakan pemindahan berat badan. Caranya adalah angkat sebelah pantat selama 10 detik.

Kembali ke posisi netral dan angkat pantat di bagian satunya, tahan lagi selama 10 detik. Lakukan berulang-ulang selama 5-10 menit.

 

4. Putar badan

Olahraga ringan ini cocok untuk menghilangkan ketegangan pada tubuh karena terlalu lama duduk. Pertama, tarik nafas dalam-dalam dan raih bagian kanan tubuh dengan tangan kiri.

Pegang jok mobil dan putar tubuhmu ke bagian kanan dan tahan selama 5 detik. Pastikan kepala mengikuti gerakan ini, ya. Lakukan hal yang sama pada sisi tubuh yang lain. Tangan kanan meraih bagian kiri tubuh dan lakukan gerakan memutar.

 

5. Luruskan lutut


Bagi kamu yang mengendarai mobil gede ala SUV, pasti lutut dan paha sering pegal-pegal kalau terlalu lama berkendara. Ada satu gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan sambil nunggu macet.

Luruskan salah satu kaki sampai lutut ke arah depan dan tahan selama 10 hitungan. Ulangi juga pada satu kakinya. Dengan cara sederhana ini, dijamin kakimu nggak akan pegal lagi, deh.

Jangan sampai karena macet dan terlalu lama duduk, kesehatanmu jadi terganggu. Coba beberapa gerakan olahraga di atas dan kamu bakal mendapatkan manfaatnya.

 

Gimana, gerakannya mudah kan? Dijamin deh bisa meredakan pegal dan penat saat terjebak macet di dalam mobil. Jadi, dicoba ya!

 

Oh ya, buat kamu yang sedang penat juga karena ada kebutuhan keuangan mendesak dan masih bingung cari solusinya, ada baiknya kamu coba ajukan pinjaman online di Tunaiku.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett