SWARA – Biasanya kalau sudah menikah, pasangan akan memilih untuk tinggal di rumah sendiri. Namun, beberapa ada yang memilih untuk tinggal bersama orang tua. Bagaimanapun keputusan pasangan, semua sama-sama baik, ya. Kalau masih tinggal dengan orang tua juga merupakan bakti untuk merawat orang tua di kala senja.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membahagiakan Orang Tua

  1. Buat Kamu Pekerja Muda, Ini 5 Cara Tunjukkan Baktimu Pada Orang Tua
  2. Menikah Tanpa Bantuan Biaya dari Orang Tua? Bisa, Perhatikan Hal ini
  3. Pasangan Masih Membiayai Orang Tua? Begini Cara Atur Keuangan Rumah Tanggamu!

 

Well, nggak bisa dimungkiri kalau semakin bertambah umur kesehatam orang tua semakin menurun. Hal ini karena daya tahan tubuh semakin menurun. Fungsi tubuh juga menurun seiring dengan proses penuaan.

 

Buat kamu yang masih tinggal dengan orang tua, ada baiknya memperhatikan penyakit yang rentan menyerang. Ini dia beberapa risiko penyakit yang harus kamu ketahui!

 

1. Gangguan penglihatan

Nggak bisa dimungkiri kalau gangguan penglihatan menjadi penyakit yang selalu dialami oleh lansia. Yap, gangguan pada mata biasanya mulai dialami pada lansia yang usianya 50 tahun ke atas. Penglihatan kurang jelas sampai glaukoma merupakan gangguan yang biasanya dialami.

 

2. Gangguan metabolisme

Kebanyakan orang semakin bertambah usia akan mengalami penambahan berat badan. Lama-lama, ini bisa menjadi obesitas. Nah, obesitas ini merupakan efek dari gangguan yang terjadi pada metabolisme tubuh. Sayangnya, penyakit ini lama-lama akan menimbulkan penyakit lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

 

3. Osteoporosis

Semakin tua, kepadatan tulang juga akan berkurang. Inilah yang akhirnya menjadikan tulang lansia rapuh. Kalau nggak memberikan asupan vitamin D dan kalsium dengan baik, lansia akan terserang penyakit tulang seperti osteoporosis.

 

4. Diabetes

Tentu kamu sudah tahu kalau lansia dianjurkan rutin mengecek kadar gula dalam darah. Hal ini karena lansia sangat rentan terkena diabetes karena meningkatnya kadar gula darah. 

 

5. Hipertensi

Secara alami, semakin tua tekanan darah akan semakin naik. Nah, hal inilah yang bisa memicu hipertensi atau darah tinggi. Tentunya kamu nggak ingin orang tua mengalaminya, kan? Untuk itu, ajaklah orang tua untuk rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, menjauhi rokok, dan lain sebagainya. 

 

Artikel Terkait: Pengin Sehat? Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini

  1. Harus Tahu! 5 Alasan Mengapa Tidur Siang Itu Baik untuk Kesehatan
  2. 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Ketahui
  3. Mudah dan Sehat, Berjalan Cepat Bisa Hindari Penyakit Berbahaya!

 

6. Artrisis

Atrisis merupakan penyakit nyeri sendi. Nyeri sendi yang terjadi biasanya dialami pada lutut, tulang belakang, jari, pinggul, dan pergelangan tangan. Untuk itu, mau nggak mau orang tua harus mengurangi aktivitas yang berkaitan dengan fisik.

 

7. Stroke  

Stroke juga menjadi penyakit yang rentan dialami lansia. Stroke bisa terjadi karena suplai darah ke otak nggak terpenuhi. Jaringan pada otak pun nggak mendapatkan oksigen dan nutrisi cukup.

 

Itu dia 7 penyakit yang biasanya dialami orang tua. Buat kamu yang tinggal bersama orang tua, yuk ajak mereka hidup dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari 7 penyakit di atas.