Beranda > Gaya Hidup > Kenali Lebih Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak beserta Kisaran Biayanya

Kenali Lebih Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak beserta Kisaran Biayanya

TUNAIKU
Kenali Lebih Dalam Prosesi Pernikahan Adat Batak beserta Kisaran Biayanyawatermark

TUNAIKU.COM – Di antara beberapa pernikahan adat Indonesia, pernikahan dari adat Batak sangat khas menurut saya. Demi persiapan yang maksimal, teman saya menggunakan dana pinjaman untuk pernikahan adat Batak lewat aplikasi Tunaiku. Soalnya dekat dengan kantor. Setelah mengajukan dana pinjaman online, barulah dia siapkan hal ini.

 

Artikel Terkait: Persiapan dan Tips Buat Kamu yang Ingin Menjalani Momen Bulan Madu

  1. Ingin Bulan Madu Hemat Tapi Tetap Mengesankan? Ini yang Perlu Kamu Persiapkan
  2. Perhatikan 9 Hal Ini Sebelum Berangkat Bulan Madu
  3. Rekomendasi Bulan Madu di Atas Kapal Pesiar Agar Beda dan Lebih Romantis

Persiapan wajib sebelum hari-h

Hal yang dipersiapkan mula-mula adalah kebaya dan jas pengantin. Kemudian, dia juga siapkan sadum dan tumtuman. Katanya habis biaya sampai Rp3 juta. Belum lagi tentang biaya untuk salon pengantin, fotografer pernikahan, sepatu, kartu undangan, cincin, dekorasi, katering, musik, dan masih banyak lagi.

 

Kebetulan dia nggak pakai acara prewedding. Katanya mau ke inti pernikahan saja. Ada-ada saja. Tapi sebagai gantinya, dia nggak hanya mengundang tetangga, melainkan teman-teman lewat sosial media juga. Pantas, acara pernikahannya begitu meriah. Suatu hari saya pun ingin menggelar acara pernikahan seperti itu.

 

Bagaimana tahap atau prosesi pernikahannya?

Sebetulnya tahap atau prosesi pernikahan adat Batak itu bisa macam-macam. Namun, saya uraikan versi ringkasnya saja. Pertama, ada mangaririt. Tahap ini biasa dilakukan oleh keluarga yang anaknya merantau terus. Alhasil, tahap pemilihan calon istri ini dilakukan oleh keluarga. Sama seperti yang dialami oleh teman saya.

 

Kedua, ada prosesi mangalehon tanda. Tahap ini ditandai dengan pemberian tanda kepada calon istri dalam bentuk sejumlah uang. Sebagai gantinya, pihak gadis memberikan kain sarung untuk tanda sudah dipilih. Ketiga, ada marhusip. Dalam adat Batak, prosesi ini bermakna pembicaraan yang serba rahasia tentang mas kawin.

 

Keempat, ada martumpol. Acara ini wajib dihadiri oleh kedua orang tua dari calon yang mau menikah. Kemudian dihadiri pula oleh kerabat. Pada tahap ini, sebaiknya dana pinjaman online dari Tunaiku sudah cair. Soalnya biar dana pinjaman untuk pernikahan adat nanti bisa langsung digunakan dalam prosesi berikutnya.

 

Kelima, marhata sinamot. Bisa dibilang, acara ini sebagai acara perkenalan secara resmi antara kedua keluarga. Lalu ada martonggo raja yang ditandai dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga demi sebuah upacara. Kemudian ada marunjuk yang ditandai dengan berlangsungnya upacara pernikahan di pihak mempelai perempuan.

 

Dilanjutkan dengan paulak une. Tahap ini diisi dengan acara saling berkunjung di antara kedua keluarga. Tentu saja dilakukan setelah pernikahan digelar beberapa hari sebelumnya. Terakhir, ada maningkir tangga. Tahap pamungkas atau kesembilan ini ditandai dengan kunjungan pengantin perempuan ke rumah pengantin laki-laki untuk berumah tangga.

 

Total biaya pernikahan adat Batak

Pada tahap persiapannya mungkin bisa di-handle dengan bantuan dana dari Tunaiku. Akan tetapi, untuk menjalankan prosesi yang begitu lengkapnya, biaya pernikahan adat ini bisa sampai Rp82 juta. Soalnya rata-rata mengundang tamu yang cukup banyak. Jadinya biaya untuk katering lebih mahal dari yang direncanakan sebelumnya.

 

Sedangkan biaya terbesar kedua jatuh pada seragam keluarga, biaya adat seperti tingkir tangga atau olop-olop. Lalu soal sewa gedung pernikahan (kalau kamu pakai gedung). Jangan lupa juga soal gaun pengantin serta musik & entertainment yang memakan biaya masing-masing sampai Rp4 juta.

 

Artikel Terkait: Inilah Paket Pernikahan Murah untuk Kamu yang Mau Menikah di Jakarta

  1. Paket Pernikahan Murah di Jakarta Untuk 150 Undangan Plus Rincian Biaya
  2. Paket Pernikahan Murah 2018 di Jakarta, Lengkap Tanpa Bikin Kecewa
  3. Menghitung Paket Pernikahan Murah di Jakarta untuk 300 Orang

 

Niatkan Pinjam Dana Tunaiku demi lancarnya resepsi

Kalau dihitung-hitung, modal dari Tunaiku saja nggak cukup. Soalnya bisa sampai lebih dari Rp30 juta. Sedangkan dana dari Tunaiku paling tinggi adalah Rp20 juta dengan tenor maksimal 20 bulan. Akan tetapi, daripada pinjam ke tetangga, kan lebih baik memanfaatkan dana dari Tunaiku. Asalkan pernikahanmu lancar 100%.

 

Selain itu, selama kamu berhasil mencairkan dana pinjaman online, selalu terbuka kesempatan untuk jadi agen referral. Caranya dengan membagikan kode referral-mu pada siapa pun yang mau pinjam uang ke Tunaiku. Tambahan dana pinjaman untuk pernikahan adat Batak lewat program ini bisa kamu cairkan per tanggal 5 tiap bulan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett