Beranda > Gaya Hidup > Kenali 7 Jenis Kerusakan Ban Mobil dan Cara Mengatasinya

Kenali 7 Jenis Kerusakan Ban Mobil dan Cara Mengatasinya

TUNAIKU
Kenali 7 Jenis Kerusakan Ban Mobil dan Cara Mengatasinyawatermark

TUNAIKU.COM – Kerusakan pada ban mobil selalu jadi momok yang meresahkan bagi saya. Serupa dengan perjalanan sulit melewati tempat terpencil tanpa SPBU atau warung dan tiba-tiba kehabisan BBM. Untuk antisipasi, saya bertanya pada teman mekanik tentang jenis kerusakan ban mobil apa saja yang mungkin bisa terjadi. Rupanya inilah jawabannya.

 

Artikel terkait: Persiapan saat Beli Mobil Bekas

  1. Alasan Kamu Harus Mempertimbangkan Membeli Mobil Bekas
  2. Perhatikan 5 Dokumen Penting Ini saat Membeli Mobil Bekas
  3. Tertarik Membeli Mobil Murah Bekas Rental? Simak Dulu Pro-Kontranya Berikut Ini!

 

1. Ban sobek akibat benturan

Kerusakan yang ditimbulkan akibat benturan betul-betul parah. Ini jenis kerusakan kelas berat. Faktor penyebabnya ada tiga macam, yaitu akibat tekanan angin berlebihan, mengendarai dengan kecepatan tinggi, dan membentur benda keras maupun tumpul. Dampaknya sobek, bukan hanya berlubang kecil. Mau enggak mau tetap harus diganti dengan yang baru.

 

2. Pecah akibat benda tajam

Selain benda keras dan tumpul, kerusakan pada ban mobil juga bisa diakibatkan oleh benda tajam. Efeknya juga sangat serius. Apabila yang kena ban dalam dan ban luar maka yang harus diganti ban dalam saja. Sedangkan ban luar cukup lapisi dengan ban dalam yang agak bagus. Tak hanya itu, terkadang ban juga bisa pecah karena beban berlebih.

 

Saat ban pecah akibat mengendarai dengan kecepatan tinggi, badan mobil akan sangat sulit dikendalikan. Kecelakaan kelas berat jadi tak terhindarkan. Namun, kalau kecepatannya di bawah 55, masih bisa dikendalikan. Saat ban pecah, untuk mengendalikannya cukup dengan kurangi gas secara perlahan. Imbangi gerakan secara teratur, jangan sampai mendadak.

 

3. Putusnya benang cord

Benang cord selalu jadi bagian terpenting untuk ban mobil. Bagian ini berfungsi saling menguatkan antara bahan dasar ban mobil. Penyebab putusnya benang cord bisa karena kurangnya tekanan angin, ada bagian yang bocor halus, dan berkendara dengan kecepatan tinggi. Solusi yang paling mudah dijangkau adalah dengan ukur tekanan angin tiap kali isi.

 

4. Lepasnya telapak ban akibat kepanasan

Percaya atau enggak, ban juga bisa mengalami apa yang dinamakan pengelupasan. Kejadian ini umum disebabkan oleh kurangnya tekanan angin dan kelebihan muatan. Bila dua hal tersebut digabung, efeknya membuat proses pengelupasan makin gencar. Oleh karena itu, kalau kamu tak mau kerusakan ban mobil terjadi, hindari dua hal itu.

 

3

Mobile Site CTA

5. Ban aus sebelah

Kerusakan berupa aus lebih sering disebabkan oleh cara mengendarai yang kasar. Jalanan yang buruk tetap diterabas dengan ugal-ugalan. Kamu pernah mengalami hal ini? Apabila cara mengemudi ini terus dilanjutkan maka ban akan mudah meletus saat melewati aspal yang panas. Jadi enggak ada jalan lain, kecuali berkendaralah sesuai aturan.

 

6. Terpotongnya dinding samping ban

Kerusakan seperti ini masih bisa diatasi dengan membawa mobil ke bengkel terdekat. Hubungi tukang derek dulu, sebab kalau dipaksakan jalan, kerusakannya bisa lebih parah. Satu-satunya penyebab kerusakan ini karena bagian ban mobilmu terkena benda tajam hingga muncul kesan terpotong.

 

Artikel terkait: Kenali Asuransi Motor dan Garansinya

  1. Berniat Modifikasi Motor? Perhatikan Hal Ini Supaya Garansinya Nggak Hangus!
  2. Yuk, Kenali Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia
  3. Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Motor

 

7. Dinding samping ban lepas

Enggak hanya terpotong, dinding ban juga bisa terlepas. Apabila kerusakannya sudah parah, lebih baik diganti saja. Rasanya sulit mengatasi dinding yang terlepas. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh lemahnya karet dan perekat benang. Bisa pula karena terkontaminasi oleh benda asing. Jalan terbaiknya, lapisi saja dengan ban halus apabila yang kena dinding dalam.

 

Masing-masing jenis kerusakan ban mobil memiliki dampak yang berbeda. Umumnya tetap membahayakan untuk pengendara. Apabila kamu belum begitu menguasai teknik mengemudikan mobil, lebih baik hindari jalan-jalan besar. Jadi saat ban rusak, perasaanmu enggak gugup. Saya beberapa kali sempat mengalami, hasilnya bikin trauma.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett