Beranda > Gaya Hidup > Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Motor

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Motor

TUNAIKU
Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Motorwatermark

TUNAIKU.COM – Bagi orang awam, asuransi motor itu enggak ada gunanya. Apakah benar? Memang enggak ada yang menginginkan musibah saat berkendara, tapi layaknya bawa payung, seseorang juga enggak tahu pada hari itu akan hujan atau enggak. Dengan memiliki asuransi motor, jiwa terasa lebih damai dan enak. Namun, sebelum membeli asuransi motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

Artikel terkait: Tips Merawat Motor

  1. Lakukan 5 Tindakan Ini Ketika Motor Mogok Karena Banjir
  2. Rawat Motor Vespamu dengan Beberapa Tips Ini!
  3. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!

1. Asuransi berkaitan erat dengan kredit motor

Setiap pembelian motor dengan kredit pasti melibatkan asuransi. Jenisnya TLO atau Total Loss Only. Tanpa ini maka proses kredit motor jadi kurang berjalan lancar. Apakah memang berkaitan? Secara langsung sih enggak. Dengan membeli asuransi ini, hal-hal buruk yang terjadi akan digantikan dengan biaya waktu kamu bayar kredit motor.

 

Misalnya begini, katakanlah kamu sudah tanda tangan hitam di atas putih terkait beli motor secara kredit. Rupanya sebelum lunas, motor yang kamu beli mendapatkan cobaan dari Tuhan, seperti kemalingan, menabrak tiang dan rusak parah, serta lainnya. Pada saat itu, kamu bisa klaim asuransi. Maka, biaya yang sudah dibayar akan dikembalikan. Tentu dengan dikurangi beban penyusutan per tahunnya sebesar 10%.

 

2. Berapa biaya asuransi motor?

Dibandingkan dengan kerugiannya sih enggak banyak biayanya. Soalnya kalau tanpa asuransi, saat motor kamu kenapa-napa, uang enggak bisa kembali. Sayang, kan? Padahal sudah bayar kredit selama berbelas-belas bulan. Untung menghindari hal itu, dibutuhkan asuransi sebagai perisai. Toh biayanya sangat murah dan terjangkau.

 

Misalnya untuk jenis asuransi motor saat kredit, yakni TLO. Besaran biayanya 2,5% dikalikan dengan harga motor yang kamu beli. Katakanlah motormu seharga Rp11 juta. Maka, biaya asuransinya Rp275.000. Kemudian ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp25.000. Dengan biaya tersebut, kenyamanan berkendara akan kamu rasakan.

 

3. Ketahui berbagai jenis asuransi motor

Sebelum beli asuransi motor, kamu wajib tahu jenis-jenisnya dulu. Jenis yang pertama sudah saya sebutkan tadi, yakni TLO atau Total Loss Only. Biaya dan cara mendapatkan persis seperti tadi. Cara klaimnya tinggal datangi saja leasing atau dealer. Tentu dengan syarat yang sudah disetujui. Besarannya harga motor dikurangi nominal kredit.

 

Kedua, ada All Risk. Untuk jenis asuransi ini hanya bisa diklaim ketika motormu hilang. Ketika rusak karena kecelakaan maupun hanya lecet-lecet saja juga bisa diklaim. Setiap perusahaan pasti menawarkan kedua jenis asuransi ini. Tapi harga motor yang dibeli harus memiliki banderol seharga Rp30 juta.

4. Pertimbangkan harga motor

Sebagaimana yang sudah dibahas tadi, harga motor rupanya turut memengaruhi kelayakan syarat saat pengajuan asuransi. Dalam pertimbangan pembelian motor juga wajib diiringi dengan pertimbangan lainnya. Misalnya pertimbangan gaji, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya. Semua wajib dipikirkan masak-masak.

 

Pada jenis asuransi TLO, terdapat perbedaan nilai asuransi berdasarkan harganya. Pertama, untuk motor seharga Rp0—100 juta maka besaran preminya 3,25%. Kalau antara Rp100—150 juta, besarannya 2,75%. Begitu seterusnya. Semakin mahal, semakin ringan biayanya. Hal tersebut juga berlaku untuk asuransi yang berjenis All Risk.

 

Artikel terkait: Informasi Seputar Sewa Mobil

  1. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menyewa Mobil saat Liburan
  2. Nambah Uang Saat Liburan? Coba Buka Usaha Sewa Mobil!
  3. Tertarik Sewa Mobil untuk Mudik? Ini Perkiraan Budget-nya!

5. Pertimbangkan reputasi perusahaan asuransi

Hal ini wajib kamu pertimbangkan, bahkan pada waktu awal mau beli asuransi. Tentu saja perusahaan ini masih berkaitan dengan tempat kamu beli motor. Jadi sekalian, agar mudah diklaim. Toh demi kebaikanmu sendiri. Reputasi perusahaan penjualan motor yang merangkap sebagai pihak penjual asuransi yang terpercaya biasanya sudah banyak pelanggan.

 

Kalau ditilik dari uraian di atas, asuransi motor penting sekali, kan? Terutama kalau kamu tinggal di kota yang sangat ramai. Setiap hari jalanan akan dipenuhi oleh lalu-lalang kendaraan bermotor. Mau enggak mau, kita musti waspada, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Asuransi ini ibarat perisai tangguh khusus untuk menghadang kemungkinan buruk yang merugikan motor.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett