Beranda > Gaya Hidup > Jalur Sepeda XC (Cross Country) di Sekitaran Jakarta yang Harus Dicoba Pecinta Gowes!

Jalur Sepeda XC (Cross Country) di Sekitaran Jakarta yang Harus Dicoba Pecinta Gowes!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Jalur Sepeda XC (Cross Country) di Sekitaran Jakarta yang Harus Dicoba Pecinta Gowes!watermark

TUNAIKU.COM – Bagi para pecinta gowes, bersepeda di akhir pekan adalah kegiatan rekreasional yang menyenangkan setelah sibuk bekerja. Kalau kamu setiap hari menghirup udara yang sarat polusi di Jakarta, menikmati trek yang masih asri adalah kepuasan tersendiri, apalagi kalau dilakukan bersama komunitas. Sebelum beralih hobi, saya sendiri dulu suka gowes bareng teman-teman penggemar sepeda.

 

Nah, kalau kamu tertarik untuk melakukan hobi ini, ada sejumlah trek XC atau cross country di sekitaran Jakarta yang seru untuk ditelusuri bareng kawan komunitas maupun keluarga. Tentunya, udaranya lebih segar dibandingkan menyusuri jalan aspal. Ini dia jalur-jalurnya!

 

1. Trek Hutan UI Bike Park

Selain dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di seantero Indonesia, Universitas Indonesia juga terkenal ramah bagi para pesepeda. Maka, nggak heran kalau UI menjadi salah satu destinasi favorit para pengguna sepeda dari berbagai jenis. Kamu yang menggemari XC, bisa menikmati trek hutan di UI Bike Park.

 

Ada dua trek yang seru untuk ditelusuri. Yang pertama adalah trek ‘obat nyamuk’ sepanjang 4 km yang membawa kamu menyusuri danau lalu masuk ke hutan akasia yang cocok buat pemula. Sementara, ada pula trek panjang yang terdiri dari trek pendek ditambah menyusuri tiga danau dengan total jarak 8 km. Di sini, kamu bakal menemukan tiga turunan dengan kemiringan mencapai 45 derajat yang pasti mampu memacu adrenalinmu.

 

Artikel terkait: Menikmati hobi.

  1. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!
  2. Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!
  3. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!

 

2. Jalur Pipa Gas (JPG) Serpong

JPG Serpong merupakan salah satu lintasan favorit pecinta sepeda. Jadi, jangan heran kalau kawasan ini dipenuhi oleh komunitas sepeda setiap akhir pekan. JPG BSD memiliki dua tipe lintasan sepanjang kurang lebih 6,5 km.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit online, souvenir pernikahan, ide souvenir pernikahan, souvenir pernikahan murah meriah

 

 

Yang pertama adalah Lintasan Wisata yang dirancang bagi pemula dan rekreasi keluarga. Kalau kamu mengajak serta anak kecil melewati lintasan ini pun aman, kok. Sementara, lintasan lainnya adalah Lintasan Teknikal yang lebih menantang. Kamu bakal membutuhkan kecakapan lebih untuk melewati rintangan-rintangan yang ada di trek ini.

 

3. Trek Cihuni

Masih di sekitaran BSD, kamu juga bisa menemukan trek XC lain yang dikenal dengan sebutan trek Cihuni atau Gunung Batu. Sepanjang empat kilometer, kamu akan disambut dengan kombinasi tanjakan dan turunan yang nyaris tanpa jeda berupa trek landai.

 

Dulu, kawasan ini punya tiga jalur sepeda, yaitu Hill Park 1, 2, dan 3. Akibat pembangunan hunian, yang tersisa tinggal Hill Park 1. Tapi, lintasan ini sudah dikembangkan dengan adanya trek roller coaster yang mampu menantang nyali. Nggak rugi, deh kalau coba gowes di sini!

 

4. Jalur Pipa Gas Bekasi

Nggak cuma Tangerang, Bekasi juga memiliki trek Jalur Pipa Gas yang layak jadi alternatif untuk cross-country. Trek ini membentang sejauh 18 km dari Setu hingga Kota Wisata dengan kondisi jalur tunggal sempit yang dibatasi oleh rerumputan. Dari titik start berupa patok kuning di Desa Cijengkol, kamu akan diajak menyusuri jalur yang relatif santai dengan beberapa titik kelokan. Tapi, waspada dengan sejumlah lubang di lintasan, terutama ketika musim penghujan.

 

Artikel terkait: Kebiasaan yang membuatmu lebih sehat.

  1. Biar Makin Semangat, Yuk Lakukan 7 Olahraga Ini Bareng Keluarga
  2. Yuk, Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini Setiap Hari agar Lebih Sehat!
  3. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres

 

5. Jalur Jatiasih (JJ) Bekasi-Bogor

Trek JJ juga nggak kalah populer di komunitas pesepeda. Soalnya, Jalur Jatiasih punya sejumlah trek yang bervariasi untuk mengasah kemampuan kamu. Paling nggak ada 9 rute yang bisa kamu telusuri dengan panjang antara 5-52 km. Dijamin nggak bosen, deh, kalau sepedaan di sini!

 

Kalau nggak ada acara di akhir pekan, mendingan angkut sepedamu untuk diajak menyusuri trek-trek di atas. Lumayan buat cari keringat!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett