Beranda > Gaya Hidup > Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!

Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Pasangan Punya Hobi Mahal? Yuk, Lakukan 5 Hal ini Supaya Nggak Berantem!watermark

TUNAIKU.COM Apa yang jadi pertimbanganmu saat memilih hobi?

 

Ada beragam jenis hobi. Mulai dari yang berbujet rendah, hingga sangat tinggi. Ketika masih lajang, kamu mungkin bebas-bebas saja menjalani hobi. Sekalipun harus menghabiskan dana besar, seperti bermain golf, diving tiap weekend, liburan mahal, hingga koleksi barang antik.

 

Kondisi berubah ketika kamu memutuskan untuk menikah. Kamu dan pasangan tentu memiliki tujuan jangka panjang yang harus dicapai dengan menabung. Apa pun itu, jangan sampai urusan hobi mahal membuatmu harus ribut dengan pasangan, ya. Yuk, simak 5 cara pencegahannya.

 

Artikel Terkait: Hobi Baru yang Bisa Kamu Coba dengan Pasangan

  1. Maksimalkan Hobi Bercocok Tanammu dengan ‘Bertani’ di Rumah
  2. Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?
  3. Ini Dia 5 Kelebihan Seru Punya Hobi Mengendarai Motor Trail

 

1. Terima hobi pasanganmu

Di film Supernova, Dee Lestari mengatakan, ketika menikah–kamu nggak hanya dipersatukan dengan pasangan, melainkan juga keluarganya. Di sisi lain, kamu juga menikah dengan kelebihan maupun kekurangannya, lengkap dengan seluruh hobi dan kesibukan pekerjaan pasangan. Kamu nggak perlu mengubahnya, karena dengan hobi itu, pasanganmu bisa bahagia.

 

Barulah, ketika sudah dimengerti, usahakan untuk tetap tahu diri, ya. Coba, deh, pertimbangkan lagi. Misalnya, untuk satu hobi kamu harus merogoh Rp500 ribu. Sekarang, perhitungkan, untuk mendapatkan uang sebesar itu, berapa jam kamu harus bekerja keras?

 

Ketika semua biaya dibandingkan dengan usaha mendapatkannya, kamu akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Sekalipun itu untuk hobi.

 

2. Saling berkomunikasi

Menerima hobi pasangan memang sah-sah saja. Namun, jangan lantas melupakan pertimbangan dalam kehidupan rumah tangga, ya.

 

Kamu dan pasangan harus saling berdiskusi terkait hobi masing-masing. Bahas secara detail mulai dari kapan boleh melakukan hobi (agar quality time dengan pasangan nggak terganggu), kisaran maksimal dana yang bisa ditoleransi (rumah tanggamu harus punya tabungan), dan dengan siapa saja boleh melakukan hobi (jangan sampai ada kecemburuan karena pasangan melakukan hobi dengan lawan jenis). Intinya, semua harus didiskusikan dan disepakati sedetail mungkin. Barulah hobi itu bisa dilaksanakan tanpa merugikan dan menyakiti salah satu pihak.

 

3. Temukan minat dan hobi bersama

Hal yang membahagiakan adalah ketika kamu dan pasangan memiliki hobi yang sama. Sayangnya, nggak semua pasangan bernasib seperti ini.

 

Lalu apa yang harus dilakukan? Tentu saja menemukan hobi bersama. Caranya? Mulai melakukan hal-hal baru dengan pasangan setiap weekend. Dari situlah kamu dan pasangan akan mendapatkan hobi baru yang sama.

 

4. Tekan bujetmu

Lepas dari hobi yang sudah digeluti sejak awal memang tidak mudah. Namun, bukan berarti kamu bisa terus bertahan dengan hobi yang menggerogoti isi dompetmu, ya.

 

Kamu tetap bisa, kok, melakukan hobi tanpa harus mengeluarkan bujet besar. Misalnya, kamu punya hobi main golf tapi alat golfmu rusak. Kamu bisa membeli alat bekas atau justru memperbaikinya.

 

Artikel Terkait: Hobi Mengoleksi Barang Bisa Jadi Investasi

  1. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!
  2. Hobi Filateli, Tidak Cuma Investasi Tapi Bawa Hoki
  3. Ingin Investasi Tas Bermerek dengan Harga Mahal? Pahami Dulu 5 Hal Ini

 

5. Asah hobimu jadi peluang

Terlalu banyak menghamburkan uang untuk hobi memang bisa bikin kamu berantem dengan pasangan. Satu cara menyiasatinya, ya, dengan mengubah mindset.

 

Alih-alih menghamburkan uang, kamu bisa, kok, mengubah hobi jadi peluang penghasilan tambahan. Misalnya, dengan menjual kembali koleksi barang antik atau koleksi lainnya. Nah, kalau kamu sudah mahir olahraga tertentu, bisa, lho, menjual skill-mu.

 

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan agar hobi mahal nggak bikin keributan dalam rumah tangga. Selamat mencoba, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

3

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett