Beranda > Gaya Hidup > 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Streswatermark

TUNAIKU.COM – Semua orang berlomba-lomba untuk lebih mendapatkan tubuh yang ideal. Berlomba untuk lebih sixpack dan berotot. Bagus, memang. Mensana Incorpore Sano kalau kata orang dulu. Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Tapi, kalau boleh saya berpendapat, bukannya kebanyakan orang yang stres, depresi, hingga bunuh diri itu enggak terlihat seperti orang yang sedang sakit-sakitan? Ambil contoh yang dikenal banyak orang deh, Chester Bennington, misalnya. Bahkan sehari sebelum dia bunuh diri, dia sedang berkumpul bersama keluarganya. Dari video yang ditunjukkan istrinya, Chester memang terlihat seperti orang normal pada umumnya saat sedang berkumpul bersama keluarga.

Itu masih Chester lho yang dijadikan contoh. Baru-baru ini penyanyi top di Korea Selatan, Jonghyun, juga dikabarkan bunuh diri. Padahal, ia terlihat baik-baik saja, fisiknya pun disebut tidak bermasalah. Tetapi ternyata dibalik senyum dan kesan tidak masalah justru ia mengalami depresi berat yang tidak terdeteksi. Terus, bagaimana? Mensana Incorpore Sano nggak berlaku dong?

 

Artikel terkait: Kesehatan mental itu perlu!

  1. Agar Gangguan Mental Nggak Berdampak pada Kehidupanmu, Ini Cara Murah untuk Menanganinya!
  2. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  3. Tahukah Kamu Kalau Depresi Bisa Menunda Produktivitasmu?

 

Kalau menurut saya, selain fisik, mental juga harus dijaga kesehatannya. Kalau fisiknya kuat tapi mentalnya lemah, ya buat apa?

1. Hargai dirimu

Rawat dirimu sebaik mungkin. Baiklah terhadap dirimu sendiri. Respek.  Kurang-kurangi menyalahkan diri sendiri, apalagi sampai merendahkan diri sendiri. Selain itu enggak ampuh untuk memotivasi diri, yang ada malah kamu benar-benar menjadi seperti yang kamu ejek kepada dirimu sendiri.

2. Jaga kesehatan fisikmu

Makanya saya bilang Mensana Incorpore Sano itu perlu diitambahi sedikit saja, karena memang enggak sepenuhnya salah. Dengan menjaga fisikmu tetap bugar, kesehatan mentalmu juga akan terjaga, bahkan meningkat. Makan makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup, berolahraga, dan tidur yang cukup adalah hal yang harus kamu perhatikan.

3. Kelilingi dirimu dengan orang baik

Pernah dengar kalimat yang intinya, kamu adalah gambaran dari orang-orang terdekatmu? Itu benar adanya lho. Seseorang yang memiliki lingkungan sosial yang positif, yang mendukungnya, biasanya lebih sehat dari mereka yang kurang didukung lingkaran sosialnya.

4. Berbuat baik

Luangkan waktumu untuk menolong seseorang. Volunteer, misalnya. Selain kamu akan merasakan perasaan bahagia dan tenang karena telah menolong orang, hal ini juga cara yang bagus untuk bertemu dengan orang baru.

5. Belajar menghadapi stres

Suka atau enggak, kamu harus sadar kalau stres adalah bagian dari hidup, yang hampir enggak bisa dielakkan. Coba cari metode yang ampuh untuk berdamai dengan stresmu saat “dia” menyerang. Jalan kaki, bermain dengan hewan peliharaan, menulis, atau apapun itu yang pas untukmu. Jangan lupa untuk menemukan humor dalam hidupmu. Penellitian membuktikan bahwa tertawa meningkatkan sistem imunmu, membuat badan lebih rileks, dan mengurangi stres.

6. Tenangkan pikiranmu

Cobalah kegiatan yang merelaksasikan pikiranmu. Seperti meditasi atau berdoa.  Aktivitas relaksasi dan berdoa bisa meningkatkan cara berpikirmu dan caramu memandang hidup. Beberapa penelitian mengatakan bahwa efek meditasi sama dengan efek terapi.

7. Pasang target realistis

Targetkan apa yang mau kamu capai. Entah itu dalam dunia akademis, dunia kerja, atau bahkan urusan pribadimu. Tulis targetmu dan langkah-langkah yang diperlukan untuk kamu mencapainya. Pasang targetmu tinggi tapi harus ingat untuk realistis. Kamu akan merasakan kepuasan yang luar biasa setiap kali kamu berhasil melaksanakan langkah-langkahmu.

8. Ubah rutinitas

Memang, melakukan rutinitas selain lebih efisien, perasaan aman pun akan kamu dapat. Tapi, kalau kamu mau sedikit saja merubah rutinitasmu, itu akan menghilangkan perasaan bosan yang sering melanda. Mencoba restoran baru, menggantung foto baru, atau apapun itu yang baru, akan membuat kamu semangat lagi seperti di awal.

 

Artikel terkait: Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat!

  1. Benarkah Yoga Mengatasi Mata Minus? Cek Infonya Disini
  2. Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turun
  3. Ingin Punya Perut Rata, 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

9. Hindari alkohol dan narkoba

Batasi semaksimal mungkin meminum alkohol dan, sudah jelas, hindari narkoba. Terkadang orang merasa alkohol dan narkoba adalah alat mereka untuk bermeditasi. Padahal kenyataannya, alkohol dan narkoba hanya akan memperburuk masalahmu nanti.

10. Cari pertolongan kalau sudah enggak kuat

Meminta tolong adalah tanda kamu kuat, bukan sebaliknya. Dan penting untuk diketahui kalau mendapatkan pengobatan dari ahlinya sangat efektif.  Seseorang yang mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya akan sembuh dari mental illness dan kecanduan yang berbahaya dalam hidupnya.

 

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Ingat, di dalam tubuh yang kuat memang terdapat jiwa yang sehat. Tapi kalau jiwanya sendiri sudah enggak sehat, tubuh yang kuat buat apa?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett