SWARA – Sibuknya mengurus pekerjaan membuat kamu merasa penat sehingga traveling menjadi jawaban permasalahan kamu. Apalagi bagi millennial masa kini, traveling juga sudah menjadi sebuah gaya hidup untuk rutin dilakukan. Saya sendiri berencana traveling ke Bali tahun ini. Nggak hanya menikmati indahnya pantai-pantai di pulau Dewata, tetapi juga ingin menikmati mewahnya hotel-hotel yang ada di sana.

 

Bagi kamu yang lagi bokek nggak harus mengurungkan niat untuk traveling, kok. Soalnya, saya akan membagikan tips-tips agar traveling kamu bisa lebih hemat. Yuk, simak apa saja tipsnya!

 

1. Traveling beramai-ramai dengan teman

Selain kurang seru, traveling sendirian juga akan membebani kantongmu. Bayangkan kalau kamu harus menanggung biaya akomodasi seorang diri, tentunya kamu akan semakin bokek. Dengan mengajak teman-teman, kamu bisa patungan untuk menanggung biaya akomodasi. Kalian bisa patungan menyewa kendaraan sehingga lebih nyaman dalam menyusuri tempat wisata. Selain itu, biasanya ada berbagai macam potongan harga jika kamu mengunjungi wahana objek wisata beramai-ramai. Jadi, tunggu apalagi untuk mengumpulkan teman-temanmu dalam agenda traveling kali ini.

 

Artikel Terkait: Tips Traveling Hemat

  1. Travelling Hemat? Sharing Cost atau Open Trip Bisa Jadi PIlihan!
  2. 10 Tempat Wisata Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Sedang Ke Negeri Ginseng, Korea Selatan!
  3. Tidak Perlu Jauh-Jauh, Ini 3 Tempat Bersalju di Indonesia

 

2. Pilih tanggal yang tepat

Beberapa objek wisata dan akomodasi seperti pesawat atau hotel akan naik harganya saat musim liburan tiba. Namun, jangan mengurungkan niat traveling karena hal ini ya, karena kamu masih bisa mengakalinya. Tentukan tanggal traveling di musim-musim non-weekend dan non-holiday. Jangan ragu untuk memanfaatkan cuti dari tempat kerja, sehingga kamu bisa traveling di hari yang nggak padat orang berlibur.

 

3. Manfaatkan promo e-commerce

Saat ini sudah banyak perusahaan e-commerce yang menawarkan jasa pemesanan tiket online. Mereka terkadang memberikan promo tertentu seperti potongan harga, cashback atau program flash sale dengan harga yang lebih murah. Jelilah untuk memantau kapan promo-promo itu berlangsung. Selain itu, saat ini juga sudah banyak penyedia tiket online yang menawarkan fitur pay later yang memungkinkan kamu untuk mencicil pembayaran tiket. Tetap hitung pengeluaranmu agar nggak kesulitan membayarkan cicilannya!

 

4. Kunjungi tempat wisata yang nggak populer

Tujuan utama traveling adalah untuk melepas kepenatan bekerja, sehingga nggak masalah jika kamu mengunjungi tempat-tempat wisata baru yang belum terlalu populer. Di tempat wisata yang belum populer biasanya nggak akan mematok tarif mahal dan di hanya ada sedikit pengunjung sehingga kamu bisa lebih maksimal menikmati liburan. Kamu bisa cari-cari info tempat wisata baru melalui akun-akun traveling di Instagram.

 

5. Pilih penginapan yang masih baru

Lagi-lagi kamu harus jeli untuk berhemat, salah satunya jeli dalam memilih penginapan. Di penginapan yang masih tergolong baru, kamu bisa mendapatkan harga promo untuk menginap. Selain itu, kamu juga bisa merasakan lebih nyaman karena kamar dan perlengkapan yang disediakan masih baru.

 

6. Bergabung dengan komunitas traveler

Bergabung dengan komunitas traveler yang ada di kotamu adalah ide bagus untuk memudahkanmu dalam berlibur. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai tarif objek wisata atau akomodasi di kota yang kamu akan kunjungi dari anggota komunitas. Kamu juga bisa mendapatkan promo-promo menarik yang diberikan oleh pihak-pihak lain kepada komunitasmu jika sudah besar. Selain itu kamu juga bisa mendapat kenalan baru untuk diajak traveling bersama.

 

Artikel Terkait: Liburan dengan Kredit Tanpa Agunan

  1. Butuh Dana Liburan? Nih, Cara Ampuh Menjaga Kondisi Keuangamu Tetap Aman!
  2. Mau Liburan Tapi Nggak Ada Uang? Kredit Tanpa Agunan Online Solusinya!
  3. Pakai Uang Pinjaman untuk Liburan Boleh atau Nggak?

 

7. Jeli dalam memilih makanan

Salah satu yang cukup membebani kantong saat traveling adalah makanan. Dari makanan untuk memenuhi kebutuhan perut, hingga makanan berupa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sebagai solusinya, kamu bisa membawa bekal dari rumah beberapa makanan untuk kamu makan sepanjang perjalanan liburan. Bawa makanan yang mudah dan nggak cepat basi daripada harus membeli makanan yang ada di kereta atau objek wisata yang tentunya lebih mahal harganya. Sedangkan untuk oleh-oleh, kamu bisa membelikan sesuatu yang benar-benar bermanfaat dan nggak ada di kotamu, selain lebih berkesan juga bisa mengurangi budget.

 

Itulah 7 tips agar kamu bisa traveling dengan budget minim. Yuk, agendakan liburanmu dengan memanfaatkan tips-tips ini. Selamat berlibur!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

    PAULUS RISANG