Beranda > Gaya Hidup > Ini Dia 6 Hobi yang Bisa Menambah Kecerdasanmu

Ini Dia 6 Hobi yang Bisa Menambah Kecerdasanmu

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ini Dia 6 Hobi yang Bisa Menambah Kecerdasanmuwatermark

TUNAIKU.COM – Beberapa orang percaya bahwa setiap orang dilahirkan dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, sehingga potensi tersebut dianggap potensi seseorang sejak lahir. Namun, beberapa ilmuwan membuktikan bahwa kecerdasan seseorang bisa dilatih. Artinya kalau seseorang enggak memiliki potensi cerdas sejak lahir, ia tetap punya kesempatan menjadi cerdas.
Kecerdasan bisa dilatih dengan berbagai cara. Uniknya, cara-cara yang dilakukan ini cukup sederhana. Salah satunya dengan menekuni suatu hobi. Berikut beberapa hobi menarik yang bisa menambah kecerdasanmu.

 

Artikel terkait: Hobi menulis? Blogging bisa jadi sumber penghasilanmu lho!

  1. Dengan Menekuni Blogging, Ternyata Bisa Hasilkan Uang yang Lumayan, Lho!
  2. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis
  3. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis (Part 2)

 

1. Banyak membaca

Kamu tentu sudah sadar bahwa membaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Namun, sebenarnya enggak hanya itu manfaatnya. Membaca juga bisa mengurangi stres setelah jenuh bekerja. Sejenak kamu bisa rehat dari realita dan hanyut dalam cerita yang kamu baca. Selain itu, kecerdasan emosionalmu juga semakin terlatih. Dengan kecerdasan emosional, kamu akan terbantu untuk menemukan solusi atas persoalan sehari-hari yang kamu hadapi.

 

2. Melatih otak dengan permainan

Sama dengan anggota tubuh lainnya, otak juga perlu berolahraga supaya berfungsi lebih optimal. Namun, kamu enggak usah khawatir, otak enggak perlu dilatih dengan cara-cara yang berat. Kamu hanya cukup bermain games seperti puzzle, sudoku, catur, teka-teki silang, board game, dan permainan lain yang sejenis. Permainan ini membuat otakmu tetap tajam, bahkan bisa membuatmu menjadi tambah kreatif, serta membangun kemampuan berpikir dengan perspektif dan cara pandang yang tak biasa.

 

3. Rutin berolahraga

Kalau kamu enggak terlalu menyukai olahraga otak, olahraga fisik juga bisa menjadi alternatif melatih kecerdasan. Kesehatan itu mahal harganya. Kondisi fisik yang sehat menunjang cara berpikir yang sehat pula. Kalau semua organ tubuh sehat maka kamu bisa menjalan aktivitasmu sehari-hari dengan produktif. Kamu enggak perlu memilih cabang olahraga yang berat, cukup pilih olahraga yang kamu sukai dan rutin melakukannya.

 

Selain bikin badan sehat, olahraga rutin bisa membuat sel dipenuhi dengan Brainderived neurotrophic factor (BDNF), yakni protein yang berlimpah pada otak yang dapat meningkatkan daya ingat, fokus, konsentrasi, dan pemahaman.

 

4. Bermain alat musik

Enggak kalah dengan hobi lainnya, bermain musik bisa menyeimbangkan otak kanan dan otak kirimu. Sering bermain musik dapat membuatmu lebih kreatif, meningkatkan kemampuan analisis, serta kecerdasan bahasa dan motorik. Hal ini terjadi karena corpus callosum menghubungkan belahan otak dengan cara menciptakan koneksi baru. Ini yang kemudian meningkatkan daya ingat seseorang dan kemampuan menyelesaikan masalah.

 

5. Melakukan meditasi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dalai Lama dengan mengundang ilmuwan Richard Davidson, membuktikan bahwa kita bisa mengontrol gelombang otak kita sendiri dengan cara bermeditasi. Dalai Lama dan bhiksu melakukan meditasi dan fokus pada welas asih, kemudian gelombang otak mereka menunjukkan bahwa mereka berada dalam pikiran yang sangat berwelas asih.
Penelitian ini cukup menarik karena ternyata kita bisa mengontrol gelombang otak kita sendiri dan merasakan apapun yang ingin kita rasakan. Hal ini cukup bermanfaat buat kamu yang bekerja di bidang bisnis. Kamu bisa lebih percaya diri dan berenergi sebelum melakukan negosiasi.

 

6. Belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa asing juga enggak kalah bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasanmu. Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa kamu yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa, akan lebih baik dalam menyelesaikan permainan daripada mereka yang hanya menguasai satu bahasa saja.

 

Belajar bahasa baru memberikanmu kesempatan pada otakmu untuk melakukan berbagai tugas yang menuntut mental dan meningkatkan eksekutif skill. Misalnya menyusun perencanaan dan pemecahan masalah.
Semua orang punya potensi dan kesempatan yang sama kalau kita senantiasa berusaha. Yuk latih kecerdasanmu, demi mencapai kehidupan yang lebih sukses!

 

Artikel terkait: Tiru kebiasaan orang sukses ini demi mencapai impianmu.

  1. Begini Cara Orang Sukses Mengelola Amarahnya yang Bisa Kamu Tiru
  2. Kenali Hobi Unik yang Dilakoni oleh Millennial Sukses Dunia
  3. 5 Kisah Sukses Pengusaha Muda yang Memulai Karir Lewat Hobi

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett