Beranda > Gaya Hidup > Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!

Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Kelestarian alam, merupakan satu isu yang nggak akan pernah ada habisnya disosialisasikan. Bayangkan, 7 miliar orang penduduk Bumi adalah kamu, pekerja yang beraktivitas setiap hari di satu kompleks perkantoran, berangkat dan pulang pakai kendaraan pribadi, saat istirahat makan dan merokok, serta di rumah menghidupkan pendingin ruangan.

 

Itu hanya satu rutinitas, bekerja di kantor. Lalu bagaimana jika ditambah dengan kamu yang versi seorang pengusaha perkebunan, membuka lahan baru dengan membabat habis hutan untuk kepentingan bisnis. Belum lagi versi pemilik pabrik. Mau tahan sampai berapa lama Bumi ini?

 

Muncul pertanyaan sederhana, apa yang sudah kamu sumbang untuk kelestarian Bumi?

 

Nggak perlu dari skala besar, kamu bisa, kok, turut andil melestarikan alam sembari mementingkan kenyamanan diri sendiri lewat rumah. Nah, jika kamu sedang akan membangun atau merenovasi rumah, ulasan ini akan memberikan sedikit tip agar rumahmu turut aktif melestarikan alam. Apa saja? Berikut tipsnya.

 

Artikel Terkait: Rumah Ramah Lingkungan, Tips Lainnya!

  1. Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?
  2. 4 Tips Hemat Air yang Bisa Dilakukan di Rumah. Dicoba, Yuk!
  3. 5 Cara Sederhana Kelola Sampah Rumah Tangga. Yuk, Mulai Dicoba!

 

1. Atap langit-langit tinggi

Kamu pernah ke bangunan cagar budaya peninggalan sejarah? Pernah mengunjungi rumah-rumah bergaya arsitektur Eropa di Indonesia? Nah, kalau kamu tinggal di Jakarta nggak usah jauh, di kawasan Kota Tua banyak, kok.

 

Ada yang menarik jika kamu perhatikan betul-betul. Mayoritas rumah akan tetap sejuk meski nggak pakai AC. Kuncinya ada di sirkulasi udara. Wajar saja, bangsa Eropa yang dulu ada di Indonesia cenderung membangun rumah di kawasan tropis dengan langit-langit yang tinggi.

 

Langit-langit rumah tinggi akan membantu sirkulasi udara dalam rumah lebih lancar. Meski hawa di luar panas, tapi di dalam tetap akan selalu sejuk. Hemat energi, bukan?

 

2. Jendela

Selain langit-langit yang tinggi, jendela rumah juga dibangun besar-besar. Tentu saja tujuannya agar angin dan udara dapat lebih bebas keluar dan masuk rumah.

 

Lebih dari itu, di zaman modern seperti sekarang ini, teknologi sudah lebih maju. Begitu pula teknologi yang memungkinkan jendela dapat mengontrol intensitas sinar Matahari yang masuk ke dalam rumah untuk menjaga hawa tetap sejuk. Jadi, nggak perlu bayar listrik lebih untuk pendingin udara.

 

3. Gunakan barang eletronik di rumah secara cerdas

Tren penggunaan TV LED untuk menggantikan TV konvensional terus meningkat. Lalu, penggunaan LED pada lampu neon juga sangat dianjurkan, sebab LED dengan kapasitas 60 watt, mampu bertahan hingga 22 bulan. Kemudian, jika rumahmu selalu dalam keadaan panas, cobalah untuk mengaplikasikan kipas angin di atas ruangan, agar dapat lebih menghemat daya listrik lebih banyak.

 

Artikel Terkait: Yuk, Dekorasi Rumah Lebih Tepat

  1. 8 Tips Mendekorasi Rumah Tipe 21 Agar Terlihat Lebih Luas
  2. Tips Sulap Rumah Jadi Tempat yang Membuat Kamu Relaks Setiap Saat
  3. Ternyata Gipsum Bisa Jadi Pilihan Hemat Biaya Konstruksi Rumah, Lho!

 

4. Tanam lebih banyak pohon di sekitar rumah

Menanam pohon rindang di halaman dan sekitar rumah, akan membuat rumahmu terlihat lebih sejuk. Selain itu, menanam pohon di sekitar rumah, juga akan membantu memproduksi oksigen lebih banyak. Hal ini tentu saja dapat membuat ruang rumah jadi lebih sejuk dan nyaman. Kalau kamu nggak memiliki cukup ruang di sekitar rumah untuk menanam pohon, membuat kebun-kebun di balkon atau teras, juga sudah sangat baik untuk dilakukan.

 

Bagiamana? Sudah siap membangun rumah ramah lingkungan? Mari berkontribusi lebih untuk melestarikan alam.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett