Beranda > Gaya Hidup > Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?

Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?watermark

TUNAIKU.COM – Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok rumah tangga yang nggak bisa dilupakan. Masyarakat senantiasa bergantung dengan listrik dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Apalagi sejak teknologi berkembang sangat pesat. Penggunaan rutin barang elektronik tentu membutuhkan pasokan listrik yang cukup banyak.

 

Perlu disadari, nggak menutup kemungkinan, ketergantungan listrik bisa menyebabkan habisnya energi tersebut di masa depan. Jelas setelah ini kita akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, salah satu solusi yang bisa diupayakan adalah berhemat menggunakan listrik. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

Artikel Terkait: Trik Mendekorasi Berbagai Ruangan di Dalam Rumah!

  1. 10 Ide Desain Kamar Bayi Modern. Bisa Ditiru Untuk Buah Hatimu!
  2. 8 Tips Mendekorasi Rumah Tipe 21 Agar Terlihat Lebih Luas
  3. Buat Ruang Kerja di Rumah Nggak Perlu Mahal Kok, Ini Triknya!

 

1. Cabut kabel/peralatan listrik dari saklar saat sudah nggak digunakan

Jangan biarkan gadget atau peralatan elektronik lainnya menancap terlalu lama di saklar. Hindari meninggalkan barang elektronik dengan keadaan kabel masih tertancap, walaupun dalam keadaan mati/off. Listrik akan tetap mengalir dan bisa terbuang percuma. Hal ini juga membuat tagihan semakin membengkak.

 

2. Gunakan listrik dengan sistem pulsa

Penggunaan sistem pulsa, secara nggak langsung bisa membantu  mengontrol penggunaan listrik. Saat pulsa habis, otomatis aliran listrik akan terhenti, sehingga untuk mengaktifkannya lagi kamu harus membeli pulsa listrik lagi. Sistem ini dapat mengukur kebutuhan listrikmu.

 

3. Menghemat pemakaian lampu

Supaya penggunaannya nggak berlebihan, siasati dengan menyalakan lampu jika dibutuhkan saja. Apalagi saat pagi atau siang hari, manfaatkan sinar Matahari sebagai penerangan. Usahakan mematikan minimal  2 lampu pada jam 17.00 dan 20.00. Siasat ini dapat membantumu mengendalikan penggunaan listrik.

 

4. Gunakan AC seperlunya

AC merupakan salah satu barang elektronik yang memakan energi listrik cukup besar. Kalau kamu memang butuh banget pasang AC, pakailah yang hemat energi. Misalnya AC yang dilengkapi dengan fitur nonaktif otomatis, ketika di ruangan tersebut sedang nggak banyak orang.

 

Artikel Terkait: Banyak Cara untuk Bikin Keluargamu Bahagia

  1. 7 Ide Hadiah Unik dan Murah Untuk Keluarga
  2. Yuk, Ajak Keluarga Nonton 5 Film Disney yang Akan Tayang di Tahun 2018 Ini
  3. 5 Ide Kado Berkesan untuk Mertua di Ulang Tahun Pernikahan Mereka

 

5. Matikan barang elektronik saat tidur

Meninggalkan beberapa barang elektronik dalam keadaan menyala saat tidur, nampaknya sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Lampu menyala saat tidur, charging hp sampai melebihi daya, tv yang menyala berjam-jam, dan lain sebagainya. Selain tagihan bisa membengkak, risiko lain seperti baterai yang menggembung dan bocor juga mungkin sekali terjadi.

 

Demikian beberapa alternatif mudah yang bisa kamu terapkan, agar penggunaan listrikmu dapat dikendalikan. Cara ini sangat sederhana, tetapi partisipasimu cukup berarti untuk menyelamatkan Bumi kita, lho.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CTABARU1

 

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett