Beranda > Gaya Hidup > Tips Sulap Rumah Jadi Tempat yang Membuat Kamu Relaks Setiap Saat

Tips Sulap Rumah Jadi Tempat yang Membuat Kamu Relaks Setiap Saat

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Tips Sulap Rumah Jadi Tempat yang Membuat Kamu Relaks Setiap Saatwatermark

TUNAIKU.COMMi casa, pi casa. Rumahku, istanaku. Saya yakin, dalam benak setiap orang pastilah menginginkan hunian yang nyaman, di mana mereka bisa berpulang dan menenangkan diri setelah seharian penuh beraktivitas. Alangkah nggak enaknya sudah capek-capek di luar, sekalinya pulang tetap stres dan nggak bisa istirahat.

 

Solusinya? Ya kamu harus mau mengubah beberapa hal, baik aktivitas yang kamu lakukan selagi di rumah atau penampilan rumahnya sendiri.

 

Caranya gimana, sih?  Coba simak 5 tips di bawah, ya.

 

Artikel Terkait: Mendekorasi Rumah Bikin Hati Senang

  1. 7 Ide Wallpaper Lucu dan Unik Bikin Kamar Anak Makin Asyik
  2. 8 Tips Mendekorasi Rumah Tipe 21 Agar Terlihat Lebih Luas
  3. 5 Tips Cara Percantik Dinding dengan Dekorasi Piring Pajangan

 

1. Menenangkan diri

Seperti halnya selepas SKJ (Senam Kesehatan Jasmani) yang harus diikuti dengan gerakan pendinginan, kamu pun butuh momen ini di penghujung hari. Biasanya, setelah menaruh tas dan mencuci kaki, apa sih yang kamu lakukan?

 

Duduk santai sambil scroll media sosial? Menyalakan TV lantas nonton apa adanya yang sedang tayang?

 

Bagaimana kalau rutinitas ini diubah sedikit. Alih-alih lengket dengan gadget, cobalah untuk menyepi dan meditasi. Duduk dengan posisi lotus, tarik nafas dalam-dalam dan relaks. Oh ya, untuk yang Muslim, bisa juga diisi dengan salat sunah.

 

Daripada mengisi kepala dengan junk information, lebih baik ‘dikosongkan’ dulu. Setuju, nggak?

 

2. House plant sebagai oasis dalam rumah

Siapa coba, yang nggak menyenangi tumbuhan dan bunga-bunga yang bikin mata dan hati adem? Sayangnya, untuk mereka yang tinggal di pusat kota, hal ini jadi semacam kemewahan sendiri.

 

Solusinya, kamu bisa merawat houseplants, tren merawat tanaman semacam kaktus, anggrek, atau bahkan buah-buahan mungil yang bisa dilakukan dalam rumah. Cobalah googling beberapa houseplant yang sekiranya cocok untuk ukuran hunian dan ‘tahan banting’ dengan kesibukanmu. Dua tanaman yang bisa saya rekomendasikan adalah Anturium dan Dracaena yang perawatannya nggak repot, tampilannya cantik, sekaligus jadi pembersih udara dalam rumah.

 

3. Beres-beres rumah

Percaya atau nggak, bagi saya kegiatan beres-beres rumah itu jadi semacam terapi relaksasi. Alih-alih terbebani, saya justru merasa enteng saat beres-beres rumah. Mungkin, ada semacam efek tersendiri saat saya bisa membuat yang berantakan jadi rapi, dan bisa saya lihat buktinya. Kepuasannya itu, lho.

 

4. Bermain di  pemilihan warna

Secara  visual, warna adalah element termudah untuk ‘dimanipulasi’ untuk menghasilkan efek kalem dan tenang. Implementasinya pun nggak terbatas di warna dinding, lho. Bisa pula ke furnitur, pajangan di dinding, lampu-lampu, jendela, dan lain-lain.

 

Misalnya, untuk saya pribadi menyukai kombinasi furnitur kayu berwarna coklat yang warm, dengan warna putih dan hijau daun. Memberikan kesan segar sekaligus menyuntikkan semangat. Untuk kamar tidur, saya cenderung menyukai warna-warna seperti biru tua atau hijau lumut untuk memberikan kesan teduh dan adem.

 

Kalau kamu, bagaimana?

 

Artikel Terkait: Me Time yang Bikin Relaks

  1. 8 Hobi Favorit dan Jadi Pilihan Bagi Perempuan Bekerja, Anti Stres dan Bikin Rileks
  2. Ini Penjelasan Ahli Soal Hubungan Yoga dengan Kulit yang Lebih Sehat dan Cantik!
  3. 10 Lagu Chill yang Wajib Masuk Playlist, Menenangkan dan Cocok Jadi Teman Kerja

 

5. Selain warna, pencahayaan juga bisa diatur sedemikian rupa

Seperti di film-film, kamu bisa lihat kan kalau teknik pencahayaan itu berpengaruh besar ke mood yang ditampilkan? Pun untuk hunian.

 

Ada dua cara untuk mengatur pencahayaan di rumah. Pertama, tentunya mengandalkan cahaya Matahari. Jika hunianmu diberkahi dengan jendela-jendela kaca yang menghadap timur, tentulah asupan cahaya berlimpah. Kedua, dengan mengandalkan lampu atau lilin. Lampu nggak harus selalu berupa neon atau LED batangan, kan. Alternatifnya bisa bohlam berwarna seperti oranye atau kuning layaknya di kafe-kafe.

 

Selain lima tips di atas, saya yakin kamu juga punya cara tersendiri untuk membuat hunian lebih homey. Coba ingat-ingat, karakteristik rumah masa kecilmu dulu. Adakah sesuatu yang bikin kamu kangen, dan bisa kamu bawa kembali ke hunian yang sekarang.

 

Semoga tips ini membantu, ya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1 Mobile Site CTA


 

 

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett