SWARA – Apakah pernah merasa lelah karena disuruh resign terus sama pasangan pas waktu-waktu lembur? Atau lelah dikomplain terus oleh pasangan karena kamu memperluas koneksimu? Yah, mirip-mirip jalan cerita di video klip Yovie, Tulus, dan Glenn yang terbaru itu, tuh, yang judulnya Adu Rayu. Ceritanya sang perempuan sedang seru-serunya bekerja dan di sisi lain, yang laki-laki menuntut minta waktu untuk bersama.

 

Padahal, paling asyik kalau punya pasangan yang punya visi yang sama mengenai hubungan dan juga karier dengan kita. Jadi, berantem dengan pasangan karena isu sibuk meniti karier paling tidak bisa diminimalisir.

 

Lalu, mau sampai kapan kita memberi kesempatan kepada orang yang salah, yang tidak punya visi atau goal yang sama dengan kita? Yaaa, terserah sih, tapi kayaknya akan lebih baik jika kita bersama dengan orang yang juga mendukung karier kita, kan?

 

Terus, cari pasangan yang seperti itu di mana, dong? Sebenarnya ada beberapa sifat dalam pasangan, yang bisa jadi indikator kalau dia pendukung nomor satu dalam karier kita. Mau tahu apa saja? Simak 5 sifat pasangan yang bisa mendukung karier, bahkan bisa bikin kariermu semakin naik!

 

 

1.  Jujur

 

 

Image result for honest couple

 

 

Tidak hanya dalam hubungan asmara, namun kejujuran adalah poin penting dalam berelasi dengan orang lain. Kejujuran yang dimaksud di sini adalah tidak menutupi kejelekan pasangan. Berikan pendapat yang jujur tentang kinerja pasanganmu. Pasangan yang baik sebisa mungkin mengoreksi hal yang dilakukan oleh pasangan.

 

Jangan menghindari konflik dengan cara tidak memberikan koreksi kepada kesalahan pasangan. Malah, kejujuran pasangan semacam ini akan memberikan dampak yang baik bagi masa depanmu.

 

Namun, sampaikan kritik dengan baik ya. Jangan memakai kata-kata yang menyakiti hati pasanganmu.

 

 

Artikel terkait:

Punya Pasangan yang Gila Kerja? Ini 6 Kiat yang Bisa Kamu Lakukan!

7 Masalah Keuangan Ini Mengancam Hubungan dengan Pasangan, Waspada!

5 Keuntungan Memiliki Pasangan yang Berbeda Profesi

 

 

2. Selalu mendukung

 

 

Image result for supportive couple

 

 

Pasangan yang baik adalah pasangan yang selalu mendukung pasangannya. Tidak harus secara materi, namun juga secara moril. Saat kita ingin melakukan sesuatu, pasangan yang selalu mendukung kesibukanmu. Misalnya kalian bisa berdiskusi tentang materi yang akan kamu presentasikan, ataupun memberikan ide tentang proyekmu.

 

 

3. Memberi kepercayaan dan kebebasan

 

 

Image result for believe in couple

 

 

Kebebasan bukan berarti tanpa batas. Jangan lupakan komitmen yang kamu pernah buat. Berikan keleluasaan pada pasangan untuk memperkaya kemampuannya. Kalau memang dia minta kebebasan untuk memperbaiki dirinya, jangan dikekang. Berikan dukunganmu.

 

Kalau seandainya kamu memperoleh promosi jabatan, pasangan yang baik akan memberikan kebebasan kepadamu untuk mengambil keputusan. Dia percaya bahwa pilihanmu adalah yang terbaik.

 

Pasangan yang baik juga tidak akan ngambek tidak jelas karena kamu pergi dinas ke luar kota atau lembur sampai malam. Mereka akan menunjukkan kepercayaan.

 

4. Tidak banyak menuntut

 

Image result for not demanding couple

 

 

Kesal rasanya ketika dia selalu minta diprioritaskan setiap saat, seakan-akan ia ingin kamu menjadikannya centre of universe-mu. Rasanya sangat memberatkan ketika sedang banyak load pekerjaan namun pasangan ngambek dan uring-uringan. Bikin keki!

 

Kalau pasangan sedikit-sedikit minta perhatian, bisa-bisa kamu terhambat dalam karir. Untuk itu kamu membutuhkan pasangan yang mengerti kesibukanmu.

 

5. Berwawasan luas dan open minded

 

 

Image result for open minded partner

 

 

Pasangan yang pintar akan memacu semangatmu dalam belajar apapun. Iya kan? Mereka akan mengajakmu diskusi, dan mau tidak mau kamu akan mencari cara agar obrolan kalian nyambung.

 

Punya pemikiran yang open-minded juga sangat penting, karena dengan pemikiran yang terbuka maka pasangan akan melihat peristiwa secara objektif. Apalagi, perempuan dianggap lebih sensitif dibandingkan laki-laki, bisa ribet banget kalau dua-duanya sensitif.

 

Memiliki lima kriteria pasangan di dalam diri pasanganmu terdengar sangat sempurna. Tapi kenyataan tidak seindah khayalan, kalau sampai keberadaan pasangan malah menghambat kemajuanmu sebagai manusia, kamu harus mengevaluasi lagi hubungan yang ada.

 

Komunikasikan hal yang ingin kalian capai dalam hubungan kalian ya!


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas