Beranda > Gaya Hidup > 7 Masalah Keuangan Ini Mengancam Hubungan dengan Pasangan, Waspada!

7 Masalah Keuangan Ini Mengancam Hubungan dengan Pasangan, Waspada!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Masalah Keuangan Ini Mengancam Hubungan dengan Pasangan, Waspada!watermark

TUNAIKU.COM – Dari sekian problematika yang muncul antara saya dan pasangan, yang paling sering bikin perkara adalah isu keuangan. Bukan karena kami layaknya Romeo dan Juliet dengan gap kekayaan ya, tapi lebih gara-gara money habit yang  berbeda. Ada yang remeh dan selesai dengan cara ditegur.

Ada juga yang sudah terlanjur dan menjadi kebiasaan buruk sehingga butuh usaha ekstra untuk memperbaiki. Untungnya, sejauh ini kami bisa mengatasinya dengan baik.

 

Artikel terkait: Isu keuangan bisa mengancam keharmonisan dengan pasangan

  1. 10 Tanda Kebiasaan Mengatur Keuangan Pasangan Mulai Mengkhawatirkan
  2. Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan
  3. 7 Cara Atasi Masalah Keuangan dalam Hubungan, Salah Satunya Gunakan Aplikasi Kredit Online

 

Untukmu yang pernah mengalami hal serupa, berikut Swara Tunaiku berikan 7 isu keuangan yang bisa mengancam hubunganmu dengan pacar jika tak segera diperbaiki!

 

1. Iri dengan kesuksesan pacar

Saat mendengar pacar bercerita tentang kenaikan karirnya, atau besaran gaji yang ia terima, apa yang kamu rasakan? Bangga atau malah terselip rasa iri? Kalau kamu termasuk orang yang ambisius dengan karir, bisa saja rasa iri terlintas di benakmu. Ya nggak?

Hal ini memang nggak kamu kehendaki, tapi alamiah saja terjadi. Jika sudah begini, yang sebaiknya kamu lakukan adalah segera mengingatkan diri sendiri supaya nggak terus-terusan merasa begitu karena akan berpengaruh buruk dengan hatimu sendiri dan hubungan kalian. Jadikan cerita dia sebagai motivasimu untuk berkarir yang lebih baik juga.

 

2. Menyimpan rahasia

Saling terbuka, terutama tentang aktivitas keuangan kalian adalah kunci mulusnya hubungan. Jadi, jangan sekali-kali ‘berbohong’ ya. Sekecil apapun itu. Misalnya, bohong tentang perkara beli baju, sepatu, action figure sekalipun. Karena saat kalian harus merahasiakannya dari mereka, pasti deh ada sesuatu yang kalian ‘langgar’ dari perjanjian kalian. Ya nggak?

 

3. Kompetitif dan membuktikan keuangan satu sama lain lebih baik

Kalian adalah partner alias tim. Sebagai tim, masak kalian malah berusaha menyaingi satu sama lain sih? Stop kebiasaan ingin menjadi yang lebih unggul dalam menghasilkan uang, karena pasti akan ada yang merasa tidak dihargai. Kalau memang salah satu menghasilkan lebih banyak daripada yang lain, kalian seharusnya saling mendukung dan membantu ya.

 

4. Menjadikan uang sebagai prioritas

Uang memang penting. Dengan uang, kehidupan kalian akan lebih nyaman dan aman. Tapi, apakah kalian harus rela LDR jika gaji yang diterima lebih besar? Atau, harus mengorbankan quality time gara-gara mengejar pekerjaan freelance. Nggak juga kan? Jadi, harus benar-benar bisa menjaga keseimbangannya ya.

CTABARU3

Mobile Site CTA

5. Hemat dan pelit itu beda tipis

Demi menabung untuk persiapan pernikahan, tentunya kalian berdua harus mengencangkan ikat pinggang mengingat ketiadaan sumbangan dari Bank Orangtua. Hehe. Tapi, mengencangkan ikat pinggang juga ada batasannya, lah. Jangan sampai gara-gara mau hemat, kalian jadi meniadakan sama sekali agenda nonton film dan makan enak. Kalau begini sih, bisa-bisa dia jadi nggak nyaman dan memutuskan hubungan kalian. Nggak mau kan?

 

6. Gaya hidup terlalu tinggi

Pada dasarnya, menentukan gaya hidup yang ingin dijalani adalah hak masing-masing. Namun, karena sekarang kalian sudah berdua dan berkomitmen untuk menjalani hidup berdua, tentunya ada yang harus disesuaikan, dong.  

Salah satunya ya, gaya hidup. Kalau memang pendapatan kalian nggak sebanyak selebgram, jangan memaksakan untuk mengikuti gaya mereka dong ya. Kalau ketinggian dan pasanganmu nggak bisa mengimbangi, akan mengganggu hubungan kalian, lho.

 

Artikel terkait: Supaya hubungan berjalan mulus

  1. 7 Kiat Jitu Terapkan Prinsip ‘Take it Slow’ Agar Hubungan Bertahan Lama
  2. Gebetan Suka Menonton Film? Ini Langkah PDKT yang Tepat!
  3. 6 Aktivitas Bareng Pasangan yang Dukung Hubungan Sehat dan Bahagia

 

7. Nggak bertanggung jawab mengelola keuangan

Saat masih pacaran, pemasukan masih menjadi tanggung jawab masing-masing, meskipun mungkin ada sebagian yang disalurkan ke joint account. Meskipun uang pribadi, bukan berarti kamu merasa boleh semaunya. Kalau masih sering nggak bisa mengatur bujet bulanan, atau terlalu sering gesek credit card untuk tersier, pasanganmu sah-sah saja lho menegur. Kan untuk kebaikanmu juga, demi mengarahkanmu menjadi lebih bertanggung jawab. Jadi, sebisa mungkin perbaiki money habit-mu yang jelek itu ya.

Pacaran itu bukan hanya enak-enak dan seru-serunya lho. Akan ada masalah ini-itu yang harus siap kalian hadapi. Kalau kalian kompak dan sama-sama bertindak dewasa, apapun perkaranya pasti akan teratasi. Semoga sampai ke tahap menikah, ya!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett