SWARA– Pernahkah terpikir kalau kamu hanya memiliki teman yang itu-itu saja? Saat pengin nonton, yang diajak ke bioskop hanya dia-dia saja. Kalau mau makan, yang diajak dari hari ke hari juga nggak berubah. Hanya dengan itu-itu saja kamu menghabiskan waktu entah itu weekend atau hari biasa. Sebenarnya pertanyaannya adalah, apakah kamu nggak punya teman lainnya?

 

Kadang kalau direnungkan, teman yang kamu miliki itu apakah sudah membawa efek baik untukmu? Atau sebenarnya selama ini kamu memendam perasaan jengkel tapi ya bertahan karena kamu hanya memiliki mereka saja. Jika ya, berarti kamu terjebak dengan keadaan bernama toxic relationship

 

Bicara soal toxic relationship ini kamu perlu mengetahui apa yang menjadi ciri-cirinya. Jika kamu memiliki teman yang suka membicarakan aibmu di belakang, sudah pasti mereka toxic. Selanjutnya, jika mereka suka menindasmu dengan alasan guyonan semata, itu juga nggak bisa dipertahankan. Ya, bayangkan saja apa kamu terima bila direndahkan seperti itu terus? Saat itulah kamu harus keluar dari comfort zone atau zona nyaman.

 

Dengan keluar dari zona nyaman sebenarnya membuatmu jadi tahu siapa teman yang bisa membuatmu maju. Dirimu juga jadi tertantang karena otakmu terus berpikir mencari cara agar bisa survive. Ini dia beberapa cara untuk keluar dari zona nyaman!

 

1. Bangun lebih awal

Kalau biasanya kamu bangun jam 6 pagi, coba, deh, sekarang bangun lebih awal. Misalnya saja jam 5 pagi. Nah, ada banyak hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan dengan bangun satu jam lebih awal. Tentunya kamu jadi nggak begitu tergesa-gesa saat persiapan masuk kerja.

 

2. Berangkat kerja melalui rute berbeda

Jika kamu berangkat kerja melalui jalan yang itu-itu saja, ada baiknya kamu mencoba lewat rute yang berbeda. Siapa tahu di jalan baru kamu menemukan inspirasi, informasi, atau wawasan baru.

 

3. Melakukan kegiatan berbeda setiap hari

Keluar dari zona nyaman juga bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan berbeda setiap hari. Ternyata saat mencoba melakukan hal berbeda, kamu jadi tahu bakat terpendammu. Siapa tahu dengan bakat terpendam itu kamu bisa lebih berkembang. 

 

Artikel Terkait: Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan

  1. Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!
  2. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Kamu Tetap Produktif Saat Musim Penghujan!
  3. Harus Dicoba, Tips Menikmati Weekend dengan Hal yang Positif dan Produktif

 

4. Mencoba hobi berbeda

Ya namanya juga hobi, pastilah merupakan aktivitas yang kamu sukai. Namun, apa hanya aktivitas itu saja yang menarik dan bermanfaat buatmu? Sebenarnya, kalau kamu mau mencoba hobi yang berbeda, kamu jadi menemukan bahwa ternyata di luar sana ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu coba. 

 

Artikel Terkait: Aneka Hobi yang Bisa Kamu Pilih

  1. Selain Dapat Menghilangkan Stres, Berikut 10 Manfaat dari Hobi Traveling!
  2. 5 Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobi Berolahraga
  3. Unik, 9 Hobi Ini Bisa Mendatangkan Kebahagiaan Tersendiri Bagi yang Melakukannya!

 

5. Masuki komunitas baru

Ini dia yang penting bila kamu memiliki toxic relathionship. Cobalah masuk ke komunitas baru. Dengan demikian kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Ternyata setelah mencoba masuk ke komunitas baru, kamu jadi menemukan teman baru, kan? Jadi, sebenarnya bukan kamu yang nggak bisa cari teman. Namun, kamu saja yang nggak mau mencoba mencari teman baru.

 

6. Sharing dengan orang baru 

Jika sudah punya teman baru, cobalah sharing dengan mereka. Jika selama ini kamu sharing dan hanya mendapatkan saran yang itu-itu saja, coba dengan teman barumu ini. Pastinya kamu akan mendapatkan masukan yang berbeda. 

 

Itu dia kenapa kamu harus keluar dari zona nyaman. Setelah dipraktikkan akan mendapatkan banyak manfaat untukmu. Untuk itu, jangan ragu untuk menyegerakan keluar dari zona nyaman, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.