SWARA – Penggunaan media sosial yang kini semakin meningkat, membuat setiap orang menjadi sibuk dengan ponselnya masing-masing. Serasa memiliki kehidupannya sendiri, mereka justru cenderung acuh dengan lingkungan sekitarnya.

 

Hal tersebut merupakan salah satu dampak buruk dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Seperti nasihat orang tua, sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak buruk pada penggunanya.

 

Komunikasi tanpa batas

 

Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube, memang menyajikan fitur-fitur menarik yang membebaskan penggunanya untuk bersosialisasi via internet. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk bisa berinteraksi dengan siapa pun, kapan pun dan di mana pun tanpa terhalang jarak, ruang, dan waktu.

 

Oleh karena itu, sosialisasi dan komunikasi yang terjalin di media sosial tidak bisa dibendung sedikit pun. Hal ini memungkinkan kita untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang bahkan belum kita kenal sebelumnya.

 

Artikel Terkait: Media sosial berdampak buruk pada hubungan asmara?

  1. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur
  2. Ini Dia Alasan Mengapa Media Sosial Bisa Picu Keretakan Rumah Tangga
  3. 6 Kesalahan Ini Tanpa Disadari Bisa Menghancurkan Hubungan

 

Alih alih mengikuti tren…

 

Dengan berbagai fitur menarik yang disajikan, tidak sedikit dari penggunanya yang menjadikan media sosial sebagai ajang dalam mencari karir, jodoh, dan peluang-peluang lainnya. Itu semua mereka lakukan karena bebasnya informasi yang tersebar di media sosial.

 

Hal-hal tersebut tentunya bisa menjadi dampak positif bagi penggunanya, asalkan mereka bisa bijak dalam memanfaatkan media sosial ini. Nah begitu pun sebaliknya, media sosial juga ternyata bisa membawa dampak negatif pada penggunanya, jika dan hanya jika, media sosial tidak digunakan dengan bijak.

 

Dampak negatif ini bisa dilihat dari beberapa kasus yang mencuat di beberapa portal online, seperti kasus kesalahpahaman hingga kasus-kasus pidana. Kasus tersebut nyatanya hanya disebabkan oleh kesalahpahaman atas “status” yang diunggah seseorang di media sosial.

 

Untuk itu, media sosial juga bisa menjadi hal yang sangat sensitif bagi para penggunanya.

 

Riset membuktikan

 

Dari beberapa kasus yang telah mencuat, sebagian adalah berhubungan dengan hubungan asmara atau percintaan. Dilansir dari bridestory.com, terdapat sebuah riset yang membuktikan bahwa media sosial dapat berdampak buruk pada hubungan asmara.

 

Riset yang digelar oleh tiga peneliti dari St. Mary’s University di San Antonio membeberkan fakta yang membuktikan bahwa media sosial bisa berdampak pada hubungan percintaan.

 

Penelitian yang melibatkan pengguna Facebook yang berusia 18 – 82 tahun menyimpulkan bahwa keseringan menggunakan Facebook mampu memicu konflik yang berhubungan dengan media sosial, bahkan bisa berujung pada perselingkuhan, perpisahan, hingga perceraian.

 

Nah, untuk itu, berikut adalah beberapa hal negatif dari media sosial yang dapat berdampak buruk pada hubungan asmara. Harapannya, setelah kamu baca artikel ini, kamu bisa mengurangi risiko-risiko yang dapat timbul di hubungan asmaramu.

 

1. Memicu kesalahpahaman

 

Dari sebuah “status” yang diunggah, ternyata bisa memicu kesalahpahaman antara sepasang kekasih. Terlebih, jika di antara mereka memang sedang terjadi perselisihan. Hal tersebut (status) nyatanya bisa membuat keadaan menjadi semakin keruh.

 

2. Hilangnya momen kebersamaan

 

Media sosial terkadang membuat penggunanya menjadi kecanduan. Akibatnya, mereka akan fokus dengan ponselnya masing-masing dan akan mengacuhkan orang di sekitarnya. Jika hal ini tetap terus berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan, kamu akan semakin tidak peduli dengan orang di sekitar, terutama pada pasanganmu.

 

3. Cenderung terlalu “kepo” pada pasangan

 

Jika ada suatu masalah yang sedang terjadi di hubungan kalian, sebaiknya harus segera diselesaikan. Bukannya malah kamu menjadi detektif dan mencari tahu segala informasi dari akun media sosial pasanganmu. Hal ini tidak akan menyelesaikan masalah, justru bisa menimbulkan kesalahpahaman di antara pasangan.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang media sosial

  1. Ternyata, Begini Media Sosial Memberi Pengaruh Terhadap Kariermu!
  2. Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!
  3. Hindari 4 Kesalahan Saat Mempromosikan Bisnis Lewat Media Sosial Ini

4. Selingkuh?

 

Stalking everywhere!

 

Secara tidak sadar, kamu pasti pernah melakukan stalking saat menggunakan media sosial. Hal ini tentu akan berdampak buruk jika kamu sudah memiliki pasangan namun tetap stalking pada orang dengan lawan jenis.

 

Walaupun kamu tidak berniat atau bermaksud apapun, bisa saja pasanganmu akan salah mengartikannya. Jadi, tetap hati-hati ya!

 

Beberapa hal di atas merupakan risiko yang bisa dihadapi jika tidak bijak saat menggunakan media sosial. Perlu diingat, sebuah hubungan asmara perlu tetap dijaga di “kehidupan nyata”, bukan hanya sekadar memamerkan di dunia maya. Selain itu, kamu juga bisa mencegah dampak negatif tadi dengan lebih sering berinteraksi dengan pasanganmu.


dhandyDhandy Dwi Yustica